Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Remote Televisi (TV)

Sebenarnya saya ingin nulis tentang cara menjadikan hp android menjadi remot tv sudah lama, tapi baru kesampaian hari ini karena kemarin mengalami kejadian yang menggelikan hehehe… ceritanya saya kemarin beli Es Cream. Pada waktu saya menunggu kebetulan ditempat itu ada siaran Televisi pada waktu itu kalau gak salah acaranya Hitam Putih Trans 7. Karena saya tidak terlalu suka dengan acara tersebut, saya mengeluarkan smartphone saya kemudian saya pindah chanel tersebut ke chanel TV One. Karena sibuk, pelayannya tidak sadar kalau acara tv nya telah saya ganti, dengan wajah keheranan kemudian pelayan tersebut mengambil remotnya kemudian memindah acaranya kembali ke Trans 7. Selang beberapa lama saya iseng pindah lagi acara ke TV One, karena baru iklan kemudian saya pindah lagi acaranya ke Metro TV. Pelayannya agak keheranan lagi, mungkin dia berpikir kalau TV hanya bisa diremot dengan remot TV hehehe. Setelah iklan, saya kemudian ganti lagi ke stasiun Trans 7 Lagi dan saya juga sempat minta maaf sama pelayannya karena saya sudah mengganti acara TV nya hehehe.
Tampilan Remote di Galaxy Mega 6.3 Saya
Malah kebanyakan ceritanya hehehe, langsung saja berikut adalah tutorial agar smartphone android sahabat bisa menjadi Remote Control TV. 
1. Syarat: Tentu saja untuk menjadi remote control, smartphone sahabat harus memiliki Infra Red. Kebetulan smartphone yang saya pake yaitu Galaxy Mega 6.3 udah ada Infra Red nya, sehingga dapat difungsikan menjadi Remote TV. Untuk mengetahui sensor yang berada pada smartphone sahabat, sahabat bisa menggunakan aplikasi android yang bernama Android Sensor Box yang bisa sahabat download di Playstore.
2. Merk TV yang bisa di remot adalah: LG, SAMSUNG, SONY, TOSHIBA, PANASONIC, MITSUBISHI, RCA TV, JVC, PHILIPS, SHARP, DAEWOO, SANYO, HISENSE, DYNEX, DAN FUNAI TV.
3. Aplikasi yang digunakan:  Sebenarnya banyak aplikasi yang tersedia di playstore atau market android lainnya, tapi yang saya pakai ini sudah teruji dan bekerja 100% di smartphone android saya. Nama aplikasinya adalah Samsung IR - Universal Remote yang bisa sahabat unduh di  playstore.
4. Cara Penggunaannya sangat mudah yaitu: 
  • Buka aplikasi Samsung IR – Universal Remote 
  • Langkah selanjutnya pilih Quick Remote Control. 
  • Kemudian pilih merk TV yang akan di remote. 
Selamat, smartphone sahabat sudah menjadi remote TV. Untuk tampilan atau interface remote ada beberapa pilihan yang bisa sahabat pilih. Cukup mudah kan? Semoga membantu dan bermanfaat…

Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Remote Televisi (TV) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar