Beranda
Catatan Saya
Jenius BTPN
Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian Di AliExpress
Sebelumnya saya pernah belanja di AliExpress, dan barangnya juga saya terima dengan baik. Karena kesan pertama saya belanja di AliExpress cukup mengesankan karena selain murah, barang yang saya terima sesuai dengan gambar dan deskripsi yang diberikan oleh penjual.

Selain itu, ongkos kirimnya sangat murah dan bahkan gratis meskipun pengirimannya dilakukan dari luar negeri. Karena dasar itulah kemudian saya kembali melakukan pembelian yang kedua kalinya di anak perusahaan Alibaba tersebut.

Pada pembelian kedua ini saya langsung beli 2 produk dari dua toko yang berbeda. Barang yang pertama adalah Lampu penerangan dengan tenaga surya seharga $11.45 dan juga grip raket dengan harga $2.72
Lampu tenaga surya Aliexpress
Seperti biasa bahwa ketika saya akan membeli barang, saya selalu memperhatikan review dan reputasi berdasarkan  jumlah bintang dari penjualnya tersebut. Setelah saya yakin bahwa penjual tersebut bisa dipercaya, akhirnya saya membelinya dengan metode pembayaran menggunakan Debit Visa Jenius.
Grip raket Aliexpress
Seperti transaksi pembelian online lainnya, saya mendapatkan Resi pengiriman yang bisa dilacak proses pengiriman dari barang yang saya pesan tersebut. Informasi mengenai pengiriman barang akan ditampilkan di halaman Pesanan di akun AliExpress.

Ada estimasi atau perkiraan waktu pengiriman barang yang saya pesan tersebut. Biasanya estimasinya adalah sekitar 1 bulan, kalau sudah melewati masa tersebut biasanya penjual akan melakukan klaim bahwa barang sudah dikirim dan juga meminta perpanjangan waktu untuk memastikan bahwa barang yang dikirimkan sudah sampai.
Penjual AliExpress meminta perpanjangan waktu pengiriman barang
Untuk barang Grip Raket, mereka meminta perpanjangan waktu pengiriman karena barang belum terkirim sesuai dengan estimasi yang sudah diperkirakan. Sedangkan penjual lampu penerangan dengan tenaga surya memberikan respon bahwa barang sudah terkirim, sehingga saya mendapatkan pesan notifikasi di akun AliExpress bahwa barang sudah terkirim dan apabila dalam 5 hari saya tidak merespon, saya dianggap sudah menerimanya.

Saya merasa belum menerima dan ketika saya lacak proses pengiriman barang sesuai dengan nomor resi, ternyata barang belum sampai dan barangnya malah berada di Negara Chile. Oleh karena itu, saya langsung mengajukan Refund dengan alasan bahwa saya belum menerima barang tersebut, dan saya juga upload bukti tracking pengiriman barang yang menyatakan bahwa belum sampai.
Refund dana biaya pembelian di AliExpress berhasil
Selang beberapa Jam, penjual dari Lampu tersebut mengirim pesan kepada saya untuk segera membatalkan refund yang sudah saya ajukan dengan alasan bahwa barang sudah dikirim dan akan segera sampai di tempat saya. Saya tidak menanggapi dan seharusnya menurut saya penjual tersebut harusnya melakukan permohonan penambahan waktu untuk proses pengiriman barang.
Pengembalian dana (refund) dari AliExpress ke Debit Visa
Beberapa hari setelah melakukan Refund biaya di AliExpress akhirnya saya menemukan dana pengembalian dari AliExpress sebesar Rp 164.053 di kartu Debit Visa saya. Saat ini saya masih menunggu pengiriman barang pegangan raket [Update: Barang sudah saya terima]. Apabila penjual merasa barang sudah terkirim, dan saya merasa belum menerima berdasarkan bukti pelacakan resi, maka saya akan refund lagi. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

24 komentar

  1. Batam Cyber City
    Batam Cyber City
    14 Agustus, 2023
    saya refund, refund berhasil, tinggal nunggu masuk ke ewalet doku, alasan refund krn barang terlambat datang, nah,, sekarang barang sudah datang.. rencana saya krn uang refund belum masuk ke ewalet, dibatalkan saja refund nya, jadi uang langsung diteruskan ke penjual, gmn caranya ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Agustus, 2023
      Saya belum pernah melakukannya Kak. Meski demikian coba cek di status refund (apakah berhasil/ masih proses). Kalau masih proses, sepertinya bisa dibatalkan Kak.
  2. hakim
    hakim
    09 Maret, 2022
    Informasi yang sangat bermanfaaat, Kak mau tanya, itu kalo misal retur barang, ongkir balik ke sellernya yang bayar kita ya? kebetulan saya baru dapat kiriman barang yang rusak, dan mau saya retur, si seller kemudian menyarankan untuk dikirim balik.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 Maret, 2022
      Kebetulan untuk retur barang saya belum pernah mengalaminya Kak. Kemungkinan besar kalau ongkirnya gratis, untuk retur barang juga harusnya gratis.

      Kalau saran saya, Kakak bangun komunikasi dengan seller saja... Untuk retur barang bagaimana? kalau buyer yang nanggung biaya ongkirnya kan jadinya kita yg rugi.

      Biasanya dalam jual beli ada asuransi Kak. Coba tanyakan apakah retur barang termasuk dalam asuransi? Kalau iya, Kakak ga perlu mengeluarkan uang untuk retur.
  3. rid1m
    rid1m
    03 Januari, 2022
    Kalau pembayaran menggunakan VA Bank, bagaimana menerima refund nya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 Januari, 2022
      Kalau pakai VA saya kurang tahu Kak. Sepengetahuan saya, masa berlaku dari VA tersebut kan hanya sebentar Kak. Coba hubungi Bank nya saja Kak...
  4. Atha
    Atha
    28 Februari, 2021
    Saya ada 2 order 1 sudah semingguan tidak direspon sama seller, 1 lagi pengiriman dicancel total 6jt hikss. Saya bayar pakai atm mandiri, bukti trf juga sudah terbuang.. piye iki..
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Februari, 2021
      Yang pertama, kalau barang belum dikirim atau belum direspon sama seller, maka nanti otomatis akan dikembalikan biayanya Kak.

      Yang kedua, kalau dicancel tapi belum dikembalikan biayanya, bisa refund Kak. Kalau masalah bukti transfer, Kakak bisa cek di Mutasi rekening. Pakai saja mobile banking Kak 😁
  5. Yoyo
    Yoyo
    03 Desember, 2020
    Saya belanja di Ali waktu itu bayar via alfamart terus waktu mengajukan pengembalian dana sudah disetujui nanti kira2 pengembalian dananya bisa keluar lewat apa ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Desember, 2020
      Dikembalikan ke alat pengiriman Kak. Jadi kalau dulu bayarnya lewat alfamart, maka sepertinya biaya yang dikembalikan juga melalui alat pembayaran yang digunakan sebelumnya oleh Alfamart.
  6. Denmas
    Denmas
    09 Juli, 2020
    saya belanja di aliexpress, karena berdasarkan hasil tracking barang masih transit, setelah melebihi batas waktu yang ditentukan belum berubah statusnya, maka saya mengajukan redund,.. alhamdulillah dana sudah masuk ke doku,..

    tapi.. hari ini (kira2 setelah hampir 2 bulan) barang pesanan saya tersebut dianter oleh kurir POS.

    pertanyaan saya:
    gimana saya bayar ke penjualnya ??
    apakah melalui aliexpress lagi ?
    atau direct langsung ke seller ?

    tp.untuk transaksi luar negeri cuman bisa pake doku.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 Juli, 2020
      Saya juga mengalami 2 Kali barang sampai, akan tetapi uang terlanjur refund. Saya juga berniat ingin mengembalikannya Kak. Rencana saya adalah langsung chat aja dengan seller nya, kemudian nanti bisa kesepakatan bersama pengembaliannya lewat mana Kak.
  7. El
    El
    06 Juni, 2020
    Jika membayar awal memakai virtual account BNI uang kembali bagaimana ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Juni, 2020
      Kalau tidak salah Virtual Account BNI hanya berlaku sementara ya Kak? Kalau nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran tidak ada, ya nanti pengembalian uangnya dari AliExpress juga terkendala Kak. Mungkin akan lebih baik kalau Kakak tanyakan ke BNI saja. Jadi kalau ada yang mengembalikan ke Virtual Account BNI yang dulu digunakan, nanti uangnya kemana? Yang bisa Jawab BNI Kak.
    2. all about japan
      all about japan
      24 Agustus, 2020
      lebih lama daripada pakai doku. karena dianggap pakai kartu kredit dan tidak semua pegawainya BNI mengerti dengan prosedur ini. lebih baik langsung ke BNI saja email dengan menyertakan bukti transaksi surat kronologi buku tabungan ktp. saya juga mengalami, baru masuk refund kira2 10 harian.
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 Agustus, 2020
      Hai Kak...
      Terima kasih atas informasinya 😊
    4. Bama Suprobojati
      Bama Suprobojati
      30 Desember, 2020
      saya juga menggunakan virtual akun bni, sudah lebih dari 20 hari kerja (pembatalan order tgl 4 desember 2020, dan sekarang sudah 30 desember 2020) belum kunjung dikembalikan, saya sudah ke bank cs bni bilang tidak paham dengan situasi itu dan diarahkan ke callcenter dan sudah ke callcenter bni, sudah bikin laporan, cetak koran, tabungan ktp segala macem, belum juga masuk, padahal refund saya berkisar 9,8 juta, bagaimana ya? adakah yang tau alamat email cs aliexpress?
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Desember, 2020
      Ikut prihatin & semoga masalahnya segera kelar Kak. Coba Kakak buka Help Center di Aplikasi AliExpress dengan cara masuk ke menu Akun, kemudian pilih Pusat Bantuan.
  8. Dimas
    Dimas
    04 Juni, 2020
    Sy jg ad cancel belanja.
    Saya bayar g pakai doku / debit visa kk. Sy pakai virtual mandiri.
    Belum cair.. Mhn bantuannya kak. Nanti cairnya dmn ?
    08123409600
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 Juni, 2020
      Saya belum pernah menggunakan Virtual Mandiri Kak. Kalau akun atau nomor dari Virtual Mandiri masih tersedia, maka nanti akan dikembalikan ke nomor Virtual tersebut Kak. Kebetulan yang saya pakai tersebut adalah Virtual Card Visa yang masa berlakunya cukup lama, jadi ya masih bisa digunakan untuk menampung pengembalian biaya Kak.
  9. Asep Maulana B.E
    Asep Maulana B.E
    17 April, 2020
    Beberapa harinya itu berapa hari ka?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 April, 2020
      Saya agak lupa, tapi sepertinya tidak sampai 1 minggu Kak.
  10. Ipul
    Ipul
    15 April, 2020
    Dana refund saya belum masuk ke doku😢
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 April, 2020
      bisa komplain ke AliExpress Kak :)