Pengalaman Mengirim Barang Lewat Kargo Kapal Surabaya – Merauke

Kirim barang via jalur laut dari Surabaya ke Merauke yang saya lakukan ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengirim barang lewat kargo kapal. Meski lebih lama waktu pengirimannya bila dibandingkan dengan mengirim barang menggunakan pesawat udara, akan tetapi yang membuat saya lebih tertarik untuk menggunakan jasa kargo kapal adalah karena ongkos kirimnya yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan mengirimkan barang menggunakan pesawat udara.
Berawal dari ketika saya tertarik untuk membeli sebuah kasur Mattress in a box dari salah satu toko online di Surabaya, setelah saya bertanya dan berdiskusi dengan penjualnya, akhirnya saya setuju untuk mengirimkan barangnya lewat kargo kapal. Karena ini pengiriman pertama, saya banyak bertanya kepada penjualnya yang kebetulan dengan sabar menjawab dan menjelaskan kepada saya tentang pengiriman barang via transportasi laut.

Sebelum saya membeli via online, saya sudah cek produk kasur Matress yang ingin saya beli di toko mebel di Merauke (Papua). Untuk harga Mattress in a box dengan merk Ivory Siantano harganya adalah 5 Juta lebih, sedangkan apabila saya membeli secara online, harganya hanya 3.5 Juta saja. Kalaupun ditambah dengan jasa pengiriman barang via laut dari Surabaya ke Merauke, maka hanya tambah sekitar 500 Ribuan, sehingga totalnya hanya sekitar 4 Juta saja.

Setelah saya hitung-hitung, pada akhirnya saya tidak membeli produk kasur tersebut, akan tetapi saya membeli produk kasur yang lebih tebal yaitu dengan merk Alegro Siantano. Harganya lebih mahal sedikit daripada Ivory Siantano yaitu selisihnya adalah 750 Ribu. Pertimbangan saya memilih produk tersebut adalah karena kalau saya total biayanya (termasuk ongkos kirim) tidak sampai lebih dari 5 Juta. Sedangkan apabila saya membeli kasur di Merauke dengan kualitas dibawahnya, saya harus mengeluarkan biaya lebih dari 5 Juta.

Proses Pengiriman Barang Dari Surabaya ke Merauke Via Kargo Kapal

  • Barang yang saya beli dari toko, dikirim oleh toko ke pihak jasa pengiriman barang via cargo kapal yang berada di Surabaya. Sebelumnya saya sudah menghubungi dan berdiskusi dengan pihak penyedia jasa pengiriman barang tersebut bahwa saya akan mengirimkan barang dari Surabaya ke Merauke menggunakan jasa perusahaannya. Saya sendiri mendapatkan kontak penyedia jasa pengiriman barang tersebut dari toko online yang produknya saya beli.
  • Setelah barang sudah diterima oleh jasa pengiriman barang, berarti tugas dari toko online tersebut sudah selesai, sehingga saya tinggal menunggu pengiriman barang dari perusahaan pengiriman barang via kargo kapal laut. Setelah diproses, saya dikirimi lembar penagihan berupa file pdf lewat aplikasi Whatsapp. Dalam penagihan tersebut tertera informasi tentang waktu pengiriman barang, kapal yang digunakan, dimensi dari barang yang dikirimkan, dan juga biayanya.
  • Saya membayar jasa pengiriman barang kasur Mattress in a box yang memiliki dimensi 160cm x 200cm sebesar sekitar 500 Ribu menggunakan Rekening Jenius. Selanjutnya saya mengirimkan bukti pembayaran juga lewat Whatsapp. Dikarenakan saya sudah memiliki data kapal yang mengangkut barang yang saya kirimkan, saya bisa mentracking atau melacaknya melalui salah satu aplikasi yang terpasang di smartphone Android saya. Kalau melihat perjalanan kapalnya, dari Surabaya ke Merauke hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 Minggu saja.
  • Barang diantar ke rumah saya di Merauke pada tanggal 12 Juni 2019, padahal barang dikirim dari pihak toko di Surabaya pada tanggal 5 Mei 2019. Kalau ditotal lebih dari 1 bulan pengiriman barang dari toko di Surabaya hingga sampai di rumah saya. Hal tersebut saya maklumi karena pada tanggal 5 & 6 Juni kemarin bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga ada libur panjang dari setiap perusahaan.

Berdasarkan pengalaman saya ketika membeli barang secara online dan mengirimkan barangnya via kargo kapal laut, ternyata prosesnya tidak terlalu rumit. Yang harus diperhatikan adalah sahabat harus membangun komunikasi yang baik dengan penjual dan juga penyedia jasa pengiriman via laut tersebut. Pilihlah penjual dan perusahaan jasa pengiriman barang yang memiliki ulasan atau review yang bagus. Akan lebih baik lagi kalau sahabat sudah kenal dengan keduanya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Mengirim Barang Lewat Kargo Kapal Surabaya – Merauke