Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terkena Virus

Flashdisknya terkena virus? Tenang dan jangan panik! Berikut akan saya sampaikan cara memperbaiki flashdisk yang terkena virus dari penanganan awal sampai dengan penanganan yang lebih jauh. Intinya adalah setiap ada permasalahan (termasuk flashdisk terkena virus) pasti ada jalan keluar dan solusinya. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Langkah pertama ketika flashdisk yang sahabat miliki terkena virus adalah mengetahui terlebih dahulu gejalanya. Biasanya virus yang sering dikeluhkan oleh pengguna flashdisk adalah datanya hilang atau juga muncul file-file baru yang mirip dan tidak pernah tersimpan di flashdisk sebelumnya.

Langkah kedua adalah carilah komputer yang sudah terpasang antivirus yang rutin di update dan pastikan bahwa komputer tersebut aman dari virus. Saya yakin bahwa apabila suatu komputer terpasang antivirus dan rutin di update maka kemungkinan komputer tersebut terkena virus akan sangat kecil. Saya sarankan untuk mencari komputer yang menggunakan Antivirus utama (Avast) dan tambahan (Smadav). Sahabat bisa baca: Kombinasi Antivirus Global dan Lokal

Langkah yang ketiga adalah silakan sahabat scan flashdisk yang terkena virus tersebut. Bila kasusnya adalah filenya hilang atau tersembunyi, maka cukup pakai SMADAV untuk mengembalikan atau menampilkan file yang tersembunyi tersebut. Apabila kasusnya adalah filenya bertambah banyak atau ada keanehan lainnya, dan ketika di scan pakai smadav tidak mempan, silakan sahabat scan dengan antivirus utama seperti Avast Antivirus.

Langkah ke-empat apabila dengan menggunakan antivirus utama dan antivirus tambahan, virusnya tetap tidak hilang, silakan pindahkan file yang penting ke perangkat penyimpan data lain (saya sarankan ke memory card di smartphone) yang sahabat miliki. Tenang saja, apabila sahabat memindahkan file ke smartphone, maka kalau ada virusnya maka virus tersebut tidak akan menyebar karena sistem operasi di smartphone berbeda dengan yang terpasang di komputer.

Langkah terakhir adalah setelah data sudah sahabat pindahkan, silakan flashdisk yang sahabat gunakan di format. Perhatikan bahwa komputer yang sahabat gunakan untuk memformat tidak terkena virus sebelumnya dan saya rekomendasikan komputer yang sudah terpasang 2 antivirus yaitu antivirus utama (Avast) dan antivirus tambahan (Smadav) yang rutin diupdate.

Flashdisk adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data. Meski ukurannya terbilang kecil akan tetapi manfaat dari perangkat ini sangat besar. Bayangkan saja, file besar hingga 128 GB atau bahkan lebih besar dari itu bisa tersimpan di flashdisk yang ukurannya mungil tersebut. semakin besar kapasitas dari suatu flashdisk, maka semakin besar pula daya tampungnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terkena Virus