Pengalaman Menghubungi CS (Customer Service) Telkomsel

Telkomsel menyediakan nomor contact center yang bisa dihubungi oleh para pelanggannya yang membutuhkan informasi terkait dengan program, promo, permasalahan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan nomor telkomsel yang digunakan. Ada beberapa nomor call center yang bisa sahabat gunakan untuk menghubungi CS Telkomsel yaitu 188, 0807 1811 811, dan +628110 000 333.

Saya sendiri lebih suka menggunakan 188 meskipun setiap panggilannya saya harus mengeluarkan biaya Rp 300. Menurut saya dengan biaya 300, manfaat yang saya dapatkan lebih besar dibandingkan dengan biaya yang harus saya keluarkan tersebut. berikut adalah beberapa pengalaman saya ketika menghubungi customer service telkomsel.

Pengalaman Melacak Pengisian Pulsa

Berawal dari salah satu teman saya yang jual pulsa all operator (termasuk telkomsel), ketika dia sudah mengirim pulsa dengan nominal 100.000 kepada pembeli, ternyata pembeli tersebut komplain. Pembeli tersebut komplain karena merasa pulsa yang dibelinya tidak masuk, padahal teman saya sudah mendapatkan laporan bahwa transaksi ke nomor pembeli tersebut sudah sukses dan ada SN (serial number) nya.

Karena teman saya tersebut mengambil deposit pulsanya dari saya, akhirnya dia komplain kepada saya. Selanjutnya saya meminta SN nya untuk saya lacak apakah benar pulsa tersebut tidak masuk kepada pembeli. Saya menelpon CS telkomsel 188 kemudian saya ceritakan kronologisnya, selanjutnya saya ditanya nomor yang diisi serta SN pengisian pulsanya.

CS menjelaskan kepada saya bahwa benar nomor pembeli tersebut sudah terisi pulsa sebesar 100.000. Kemudian CS tersebut juga menjelaskan kepada saya bahwa pulsa dari pembeli tersebut berkurang karena digunakan untuk transfer ke nomor telkomsel lainnya dan untuk memaketkan paket data.

Selanjutnya saya hubungi teman saya dan saya jelaskan kronologis dari pengisian pulsa hingga penggunaan pulsa dari pembeli tersebut. Setelah teman saya menjelaskan kepada pembelinya, selanjutnya pembeli tersebut bersedia membayar. Bagi penjual pulsa tidak perlu takut untuk berjualan pulsa ya... kalau ada yang berusaha menipu, tinggal telpon CS Telkomsel saja.

Pengalaman Komplain Bonus Kuota Internet Tidak Masuk

Waktu itu sedang ada program telkomsel paket pesta kuota, yaitu program yang menawarkan kuota tertentu dengan harga Rp 10 saja. Waktu itu saya isi pulsa nomor saya dengan nominal Rp 50.000, kemudian selang beberapa menit saya mendapatkan SMS penawaran dari Telkomsel kalau tidak salah saya mendapat kesempatan mendapatkan kuota 2 GB  dengan harga Rp 10.

Bila saya setuju, saya disuruh membalas OK kemudian dikirim ke 5111. Setelah saya balas OK, ternyata tidak mendapatkan balasan dari 5111 dan kuota 2GB juga tidak masuk ke nomor saya. Akhirnya saya menghubungi CS telkomsel melalui 188 kemudian saya dibantu agar saya mendapatkan kuota 2GB dengan harga Rp 10.

CS Telkomsel memberikan penjelasan kepada saya bahwa dia akan membantu saya dengan waktu maksimal 1 x 24 jam. Ternyata belum sampai 24 Jam, tepatnya sekitar 10 Jam, saya mendapatkan SMS dari 5111 bahwa saya mendapatkan kuota 2 GB dengan harga Rp 10. Saya ingin mengucapkan terimakasih, akan tetapi kalau saya telpon nomor 188 belum tentu mendapatkan CS yang sama.

Pengalaman Komplain Dapat Bonus Kuota Bodoh

Kuota bodoh yang saya maksud adalah bonus kuota internet yang saya dapatkan dari telkomsel kalau tidak salah sekitar 5GB dengan masa aktif 3 Hari hanya bisa saya gunakan setelah saya menghabiskan kuota 15GB dengan masa aktif 30 Hari. Kuota tersebut saya dapatkan setelah saya melakukan pengisian pulsa menggunakan LinkAja, kebetulan pada saat itu ada promo bonus kuota internet setelah melakukan pengisian pulsa dengn LinkAja.

Setelah saya menghubungi CS telkomsel, CS tersebut menjelaskan kepada saya bahwa sistemnya sudah begitu. Mendengar penjelasan CS tersebut, dengan sedikit kecewa saya mengakhiri pembicaraan dengan CS tersebut. Semoga tidak ada lagi kuota Bodoh yang diberikan oleh telkomsel kepada pelanggannya.

Dari ketiga pengalaman menghubungi telkomsel yang sudah saya sebutka di atas bisa diambil pelajaran bahwa peribahasa “Malu bertanya Sesat di Jalan” memang benar, sehingga bila sahabat menemui permasalahan tentang penggunaan kartu telkomsel, maka sahabat tidak perlu malu untuk menghubungi CS telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Menghubungi CS (Customer Service) Telkomsel