Pengalaman Pengiriman Barang Dari Lazada Hilang (Tidak Sampai)

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Pengalaman Belanja Di Lazada Pengiriman ke Merauke beberapa minggu yang lalu. Saat itu saya ceritakan bahwa ada salah satu jasa kurir yang proses pengirimannya sangat lama dari Jakarta ke Merauke. Setelah saya komplain ke penjual (Lazada), selanjutnya penjual tersebut bertanya ke jasa kurir (Ninja Express) dan dari pihak kurir menyatakan bahwa barang yang saya beli ternyata hilang.
pengembalian-biaya-dari-lazada
Lazada mengembalikan dana karena proses pengiriman gagal
Karena barangnya hilang, selanjutnya status (pengiriman) di Lazada dibatalkan dan selanjutnya biaya yang sudah saya bayarkan diproses untuk dikembalikan oleh penjual. Saya kurang tahu berapa lama proses pengembalian dana tersebut dilakukan oleh pihak Lazada Indonsia. Saya tidak terlalu memperhatikan karena total harga barang + jasa pengirimannya hanya sekitar 45 Ribu Rupiah saja. Berikut adalah bukti pengembalian dana 100% yang dikirmkan ke E-Card Jenius saya.
pengembalian-dana-ke-jenius-btpn
Pengembalian dana ke e-card Jenius BTPN
Sebagai konsumen tentu saja dengan tidak ribetnya mengurus refund (pengembalian dana) akibat masalah teknis seperti yang saya alami kemarin membuat saya tidak “kapok” untuk belanja lagi di E-Commerce yang saat ini sedang berkembang sangat pesat di negara kita ini. Selama sahabat mengikuti prosedur dengan benar tentang cara bertransaksi belanja online baik itu di Lazada, Bukalapak, Shoope, Tokopedia, dan lain sebagainya, saya yakin transaksi akan aman.

Masih banyak masyarakat yang maih takut dalam melakukan transaksi online. Hal tersebut sangat beralasan karena bila sahabat lihat pemberitaan baik itu di media cetak ataupun di media elektronik masih banyak kasus penipuan online yang modusnya salah satunya adalah jual beli online. Oleh karena itu, sebagai konsumen saya memiliki beberapa tips aman agar sahabat dalam melakukan belanja online tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Belanja Online Aman

Perlu sahabat ketahui bahwa harga produk yang sama dengan kualitas yang sama harganya berbeda-beda antara toko yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, hal yang pertama kali saya lakukan ketika akan membeli barang adalah saya urutkan barang yang paling murah terlebih dahulu. Setelah mengetahui toko-toko yang memberikan penawaran harga yang lebih murah, selanjutnya saya cari toko yang memiliki reputasi dan memiliki penilaian yang baik dari konsumen.

Untuk mengetahui apakah suatu toko reputasinya baik atau tidak, saya melihat penilaian (berupa jumlah bintang) dan angka yang melekat pada toko tersebut. Biasanya penilaian berkisar antara 1 sampai 5. Semakin tinggi angka atau semakin banyak jumlah bintang, semakin bagus pula reputasi suatu toko online. Saya rekomendasikan sahabat memilih toko yang reputasinya minimal 4.3 sampai dengan 5 bintang.

Sedangkan untuk melihat penilaian (komentar) dari pembeli yang membeli di suatu toko tersebut, saya melihat review dan umpan balik (feedback) dari para konsumen yang meninggalkan komentar di toko tersebut. Biasanya komentarnya bermacam-macam dari yang positif hingga negatif. Dari situ bisa sahabat mengerti penilaian atau pengalaman orang-orang belanja di toko tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Pengalaman Pengiriman Barang Dari Lazada Hilang (Tidak Sampai)