Cara Mudah Mengatasi Komputer Laptop Hang / Macet dan Lemot

Pernahkah ketika sedang dibutuhkan, tiba-tiba laptop sahabat lemot kemudian hang atau macet? Atau mungkin saat ini sahabat mengalaminya? Langkah pertama yang harus sahabat lakukan adalah jangan panik alias tenang. Setelah tenang, silakan sahabat menekan tombol keyboard ALT + CTRL + DEL secara bersamaan. Selanjutnya silakan pilih Task Manager, kemudian silakan sahabat matikan program yang membuat kinerja CPU atau Memory laptop sahabat bekerja berat.

Cara di atas adalah langkah awal bila komputer sahabat tiba-tiba lemot atau bahkan Hang. Bila dengan cara tersebut tidak berhasil, silakan sahabat restart komputer sahabat. Bila setelah restart tetap Lemot dan Macet, maka perlu tindakan khusus agar komputer atau laptop sahabat menjadi normal lagi. Untuk lebih jelasnya silakan baca dengan baik-baik tulisan saya kali ini tentang cara mudah mengatasi komputer / laptop yang hang.

Penyebab Laptop Hang

Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer / laptop menjadi hang. Macetnya komputer secara tiba-tiba atau sering dikenal dengan sebutan hang biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu Software (perangkat lunak), Hardware (perangkat keras), dan Jaringan (Network). Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan komputer atau laptop sahabat menjadi macet:

[1] Software
Penggunaan  aplikasi (software) yang besar atau banyak dan tidak sesuai dengan kemampuan sebuah komputer akan menyebabkan komputer menjadi hang. Sebagai contoh, kapasitas memori pada laptop sahabat adalah 2GB, kemudian sahabat membuka banyak aplikasi yang membutuhkan alokasi memori lebih dari 2GB, maka otomatis laptop tersebut akan macet karena sudah tidak mampu menampung program yang berjalan.

Virus bisa menyebabkan sebuah komputer atau laptop menjadi macet. Beberapa virus ada yang cara kerjanya adalah membuat kerja CPU (Central Processing Unit) menjadi berat sampai komputer menjadi macet. Selain itu, ada juga beberapa virus yang menyebabkan sistem menjadi corrupt sehingga menyebabkan sistem operasi tidak bekerja dengan maksimal dan bisa menyebabkan hang.

[2] Hardware
Kondisi perangkat keras dari sebuah komputer atau laptop juga bisa menyebabkan perangkat tersebut menjadi hang. Biasanya perangkat keras yang umurnya sudah lama, maka kinerjanya akan ikut menurun juga. Hal tersebut wajar, karena selain faktor umur, aplikasi-aplikasi yang lebih baru biasanya membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, komputer di era tahun 20011 dengan processor intel atom dan RAM 2 GB sudah cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang digunakan pada saat itu, di tahun 2019 rata-rata minimal spesifikasi sebuah laptop adalah RAM 4GB dan Processor Celeron Dualcore. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Ketidakmampuan hardware dalam mengimbangi kebutuhan akan software-software baru yang membutuhkan spesifikasi hardware yang mumpuni menyebabkan perangkat komputer atau laptop menjadi lemot dan akhirnya menjadi hang. Selain itu, media penyimpanan hard disk yang umurnya sudah tua akan menyebabkan kinerja menjadi lemot. Hal itu ditandai dengan bunyi suara piringan har disk yang berisik.

[3] Network
Bila komputer atau laptop sahabat terhubung dengan sebuah jaringan, apalagi komputer sahabat menjadi sebuah komputer server, maka potensi komputer akan menjadi hang akan sangat besar. Lalu lintas yang sangat padat dalam sebuah jaringan akan menyebabkan program berjalan sangat lambat. Hal tersebut yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi macet.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Untuk mengatasi komputer atau laptop sahabat menjadi hang atau macet, sahabat harus bisa menganalisis terlebih dahulu penyebab dari macetnya laptop tersebut. Bila sahabat sudah membaca penyebab komputer menjadi hang, saya yakin sahabat minimal bisa menganalisis penyebabnya. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop yang hang.

Bila permasalahannya adalah karena banyaknya program yang berjalan (pada awal komputer dihidupkan), maka yang harus sahabat lakukan adalah mengatur startup pada windows. Sahabat bisa menggunakan CCleaner untuk mengatur startup atau program awal yang berjalan ketika windows dihidupkan. Dengan CCleaner, sahabat juga bisa melakukan pembersihan sampah-sampah program komputer.

Dengan terhubung ke jaringan internet dan sering dimasuki Flashdisk, maka salah satu resiko yang harus dihadapi adalah komputer atau laptop sahabat akan terkena Virus. Kalau komputer sahabat terkena virus, maka segera scan komputer sahabat dengan antivirus. Saya menyarankan agar sahabat menggunakan sepasang antivirus Global dan Lokal. Hal ini dikarenakan virus bukan berasal dari Indonesia saja, akan tetapi dari luar negeri.

Bila hardware yang umurnya sudah tua adalah penyebab dari lemotnya komputer sahabat (bahkan hang), maka saya sarankan untuk seminimal mungkin menggunakan aplikasi di komputer agar kinerja dari hardware tersebut tidak berat. Jika hal tersebut sudah sahabat lakukan, tetapi kinerja komputer tetap lemot dan menyebabkan hang, maka saya sarankan untuk upgrade hardware atau mengganti perangkat komputer yang sahabat miliki dengan yang baru.

Jaringan komputer dengan trafik yang sangat tinggi dan transfer data yang besar menyebabkan komputer menjadi lemot dan berpotensi hang. Untuk mengatasinya, sahabat bisa mengatur lalu lintas pengguna jaringan komputer agar tidak menggunakan bersamaan dalam satu waktu. Selain itu, hardware dari server yang digunakan harus kuat dan tangguh. Oleh karena itu, spek hardware dari sebuah server harus mumpuni.

Kenyamanan dalam menggunakan komputer ditunjang dari performa komputer atau laptop yang sahabat gunakan. Oleh karena itu, bila sahabat merasa kinerja dari komputer yang sahabat pakai sangat lambat, maka sahabat bisa segera memperbaikinya setelah mengetahui penyebabnya. Perlu sahabat ketahui bahwa tulisan ini adalah murni buah pemikiran saya. Bila ada kritik, saran, atau tambahan, silakan tulis komentar di bawah ini. Semoga membantu dan bermanfaat …

Cara Mudah Mengatasi Komputer Laptop Hang / Macet dan Lemot