Berhasil! Install Windows 10 di Laptop (Netbook) Asus Eee PC 1215P

Setelah sejak lama ingin mencoba install Windows 10 di NetbookAsus jadul saya, akhirnya tadi malam terlaksana juga. Sebelumnya saya sangat ragu karena bila dilihat dari website resmi Asus, laptop saya ini tidak ada dukungan driver untuk Windows 10.

Dukungan penuh yang diberikan hanya untuk Windows XP, Vista, dan 7. Jadul banget ya? Saya yakin kalau sahabat umurnya masih 15 tahun ke bawah, pasti belum tentu pernah menjumpai komputer dengan sistem operasi Windows XP dan Vista.

Oke lanjut ke pembahasan. Sebelum melakukan installasi Windows 10, yang perlu sahabat siapkan adalah Master Windows 10 yang bisa sahabat simpan di DVD atau Flashdisk. Dalam hal ini, saya menggunakan DVD untuk menginstallnya.


Setelah setting Bios (Booting) menggunakan DVD Eksternal, selanjutnya saya mulai melakukan installasi. Tahapan installasi Windows 10 sangat mirip ketika menginstall windows 7. Jadi saya yakin bila sahabat pernah melakukan install Windows 7, saya yakin sahabat juga bisa melakukannya di Windows 10.


Permasalahan

Tahapan untuk installasi komputer adalah sediakan ruang untuk installasi di Harddisk, format, kemudian lakukan installasi Windows 10. Dalam tahap ini, saya melihat bahwa installasi berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sama sekali.

Setelah proses installasi selesai, baru kelihatan permasalahan yang tidak saya inginkan, yaitu ketika mematikan komputer (shutdown) waktunya normal, akan tetapi ketika melakukan restart ada tulisan “Getting Windows ready. Don’t turn off your computer” dan ketika saya tunggu hingga setengah jam lebih, tetap saja tampilannya masih sama. Akhirnya saya matikan laptop dengan paksa, selanjutnya saya hidupkan lagi ternyata tidak ada masalah.

Resolusi layar yang ditampilkan juga belum sesuai dengan spesifikasi perangkat laptop saya yaitu 1366 x768 HD. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan juga belum terlalu tajam dan nyaman untuk dilihat dalam jangka waktu ber jam-jam. Suara (sound) tidak berfungsi dan tombol perpaduan keyboard (Hotkeys) di laptop Asus saya tidak berfungsi dengan normal.

Masih ada perpaduan tombol yang berfungsi dengan baik, yaitu bila saya tekan tombol Fn + F5 secara bersamaan, maka layar akan menjadi redup, sedangkan bila saya tekan tombol Fn + F6 secara bersamaan, maka layar akan menjadi terang. Tentu saja hal tersebut sangat membantu karena mengatur kecerahan layar komputer, sangat sering saya gunakan.

Yang sering saya gunakan dan bermasalah adalah ketika tombol Fn + F11 (untuk mengecilkan volume suara speaker) dan Fn + F12 (untuk membesarkan volume suara speaker), serta tombol Fn + F10 (untuk mematikan suara) tidak berfungsi.


Solusi

Untuk permasalahan restart yang terlalu lama, ternyata hal tersebut wajar karena setelah saya cek history di setting Security & Update, ternyata ada proses gagal dan saya menebaknya bahwa hal itu terjadi karena komputer saya matikan secara paksa. Selanjutnya ketika komputer restart dan prosesnya lama, saya sengaja biarkan sampai proses restart selesai.

Mungkin sekitar 1 Jam lebih saya tunggu, dan benar saja setelah restart berhasil, kemudian saya coba restart komputer dua kali, prosesnya cukup cepat (normal). Dengan begitu masalah restart di Windows 10 sudah teratasi.

Untuk permasalahan selanjutnya adalah beberapa perangkat keras seperti VGA, Sound, dan Keyboard tidak berfungsi dengan baik. Awalnya saya mengira bahwa permasalahan tersebut bisa diselesaikan lewat pengaturan komputer di windows 10, akan tetapi setelah saya rubah beberapa settingan yang berhubungan dengan gambar, suara, dan tombol keyboard, ternyata tidak ada perubahan.

Selanjutnya saya berpikir bahwa drivernya mungkin yang bermasalah. Dikarenakan driver untuk laptop Asus Ee PC 1215P hanya disupport untuk windows XP, Vista, dan 7 32 Bit, maka saya berinisiatif untuk mencoba memasang driver yang seharusnya dipasang di Windows 7, saya pasang di Windows 10.

Sesuai dengan permasalahan yang saya temui, saya pasang beberapa driver yaitu Driver VGA, Sound, Hotkey (Keyboard), dan juga ATK Package. Saya mengambil 4 Driver tersebut di website resmi Asus yaitu di Asus Download Asus Download Center

Ketika saya pasang driver tersebut, ternyata tidak ada masalah sama sekali. Setiap selesai pasang driver, laptop meminta restart untuk memberikan efek perubahan. Hasilnya, semua permasalahan yang saya alami terselesaikan semua.

Kesimpulan

Bagi sahabat yang memiliki laptop Netbook/ Notebook versi lama dan sudah bisa dikatakan Jadul, tidak ada salahnya bila sahabat mencoba mengganti Windows 7 dengan Windows 10. Untuk drivernya silakan sahabat menggunakan driver Windows 7 apabila perusahaan sudah tidak support driver Windows 10.

Sejauh ini, setelah saya install beberapa aplikasi , netbook Asus Ee PC 1215P milik saya masih berjalan normal. Bahkan menurut saya, kinerja komputer saya lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan Windows 7. Yang palin terasa adalah biasanya ketika saya putar Mp3 dan juga Video, kadang suaranya terganggu ditengah-tengah lagu, akan tetapi di Windows 10 saya tidak mengalaminya.

Bila ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas tentang Install Windows 10 di Laptop (Netbook) Asus Eee PC 1215P, silakan sahabat tinggalkan pesan di kolom komentar. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Berhasil! Install Windows 10 di Laptop (Netbook) Asus Eee PC 1215P