Beranda
Android
Teknologi
Fitur Baru Android Pie (9.0) Penerus Oreo
Android kembali mengeluarkan versi terbarunya yaitu Android 9.0 yang diberi nama dengan Android Pie. Beragam fitur dan perubahan ditawarkan oleh system operasi tersebut seperti smart reply notifikasi, mode gelap (dark), Simulasi poni, Editing Screenshot, digital wellbeing, lockdown, navigasi berbasis gesture, Kunci rotasi, dan adaptive battery.

Nama-nama kue dan permen selalu menjadi langganan dalam penamaan system operasi android besutan perusahaan raksasa google. Sebelum mengeluarkan Android Pie, android sudah mengeluarkan terlebih dahulu generasi android sebelumnya seperti Apple pie, Banana Bread, Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan Oreo.

Setiap pengeluaran versi yang lebih baru, pasti selalu diikuti dengan peningkatan fitur dan performa yang tentu saja akan lebih memanjakan para pengguna ponsel smartphone yang menggunakan system operasi  android (seperti yang sudah saya sebutkan di atas). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fitur dan perubahan yang ditawarkan oleh android Pie:

#1 Smart Reply
Android Pie menampilkan notifikasi dalam bentuk text dan gambar yang bisa langsung dibalas pada halaman notifikasi tersebut. 

#2 Mode Gelap (Dark)
Kenyamanan pengguna adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh sebuah system operasi. Oleh karena itu mode gelap disediakan oleh android. Cara menggunakanannya juga cukup mudah yaitu sahabat tinggal masuk ke pengaturan tampilan (setting display) selanjutnya ada tiga pilihan mode (automatic, light, dan dark) yang bisa sahabat pilih.

#3 Simulasi Poni
Banyaknya smartphone yang memiliki notch (poni) membuat android berusaha untuk memberikan fitur simulasi notch kepada developer untuk melihat tampilan smartphone nya bila menggunakan poni. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan developer mode, kemudian mengaktifkan opsi “Simulasi display with a cutout”

#4 Editing Screenshot
Setelah melakukan pengambilan gambar screenshot, gambar yang sudah diambil tersebut bisa langsung diedit dengan menu crop, highlight, dan lain sebaginya sebelum dikirim ke orang lain.

#5 Lock Down
Fitur baru yang berhubungan dengan keamanan ditawarkan oleh android Pie. Bila fitur ini diaktifkan maka akan membuat perangkat terkunci, sidik jari dan voice unlock menjadi non aktif, dan lock screen tidak menampilkan notifikasi.

#6 Navigasi berbasis gesture
Fitur ini digunakan untuk meminimalisir penggunaan tiga tombol fisik navigasi yang sering digunakan android. Pada android pie, disediakan navigasi berbasi gesture swiping. Untuk menjalankan fungsi Back, sahabat tinggal menyapukan jari kekanan. Untuk berganti aplikasi, sahabat tinggal menyapukan jari kekiri, dan dengan menyapukan jari ke atas, sahabat bisa melihat recent apps. Ada sebuah tombol elips kecil di tengah layar yang befungsi layaknya tombol home (fisik).

#7 Lock Screen
Pada versi android sebelumnya sudah tersedia fitur on/off rotasi otomatis. Pada android pie, layar bisa dikunci pada orientasi tertentu. Ada sebuah tombol khusus yang berada di pojok kanan atas yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

#8 Adaptive Battery
Fitur ini adalah implementasi dari penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Fitur ini akan mempelajari penggunaan smartphone oleh pengguna dengan cara melacak pola penggunaan aplikasi. Aplikasi yang sering dipakai akan mendapatkan prioritas resource dan baterai. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat dan efisiensi baterai. Semoga membantu dan bermanfaat…

Penulis blog

Tidak ada komentar