Tanpa Potongan, Senangnya Mencairkan Western Union (WU) di Kantor POS

Satu minggu yang lalu saya mengambil uang kiriman lewat Western Union (WU) dari luar negeri di kantor pos Indonesia Unit Kabupaten Merauke. Meskipun di tempat tersebut tidak terdapat tanda-tanda (dipasangi) berupa logo bertuliskan Western Union, pada kenyataannya saya bisa mengambil uang kiriman dari luar negeri tersebut. Jadi bila sahabat juga akan mengambil uang kiriman menggunakan western union di kantor pos, maka alangkah lebih baiknya bila sahabat langsung bertanya kepada petugas kantor pos tersebut (bila tidak terdapat logo bertuliskan Western Union di kantor pos tersebut).

Berawal dari kiriman uang oleh Google Asia Pasifik yang berupa mata uang Dolar Amerika kepada saya, maka saya putuskan untuk mengambil uang kiriman tersebut di daerah saya (Merauke). Sepengetahuan saya, hanya terdapat satu tempat yang di depannya terpasang logo WU yaitu di Bank Danamon Unit Merauke. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengambil uang di bank tersebut (meski pada akhirnya saya gagal mencairkan uang saya).

Gagalnya saya mencairkan uang kiriman dari google di bank danamon merauke adalah dikarenakan adanya keraguan dari pihak bank tentang data yang saya isikan di formulir yang disediakan bank danamon untuk menarik uang. Petugas bank nampak kebingungan ketika membaca yang mengirim uang adalah dari Google (bukan dari perseorangan), selain itu petugas yang melayani saya tersebut juga sibuk mondar-mandir konsultasi dengan atasannya berkaitan dengan formulir penarikan uang yang saya isi. 

Selain itu, karena jumlah taksiran kiriman dari google yang saya isikan di formulir adalah dalam bentuk mata uang rupiah ternyata tidak sesuai dengan taksiran dari pihak bank. Pada saat itu saya hanya memperkirakan saja dengan kurs dolar sekitar 13 ribu rupiah, padahal kenyataannya pada saat itu kurs dolar adalah 13.800 rupiah. Mungkin karena saya belum pengalaman mengambil dan juga petugasnya juga belum berpengalaman menangani pengiriman uang dari google akhirnya saya tidak berhasil mencairkan WU di Bank Danamon Merauke.

Belajar dari pengalaman kegagalan mengambil uang di bank danamon, akhirnya pada hari berikutnya saya putuskan untuk mencairkan uang kiriman dari google di kantor pos. Awalnya saya agak ragu ketika datang ke kantor pos karena tidak terdapat logo WU di kantor pos tersebut. Akan tetapi setelah saya bertanya kepada petugas sekuriti, saya lega ternyata di kantor pos merauke bisa mengambil kiriman uang wu.

Langsung saja saya mengisi formulir penarikan uang WU yang disediakan oleh kantor pos, tidak lupa juga saya isi jumlah taksiran kiriman dari google asia pasifik dengan mata uang Dolar Amerika. Setelah selesai, saya bawa formulir tersebut ke petugas kantor pos (karena kebetulan tidak ada antrian pada siang hari itu).

Setelah petugas mencocokkan antara data yang saya isikan dengan data di komputer, saya dipersilakan untuk menunggu sebentar. Setelah beberapa menit, petugas tersebut memanggil saya kemudian menyuruh saya untuk tanda tangan di resi pembayaran kemitraan dan memberikan uang dengan kurs rupiah. Setelah saya hitung dengan mengecek kurs dolar terbaru, ternyata tidak ada potongan dari kantor pos. Semoga bulan depan saya bisa mengambil kiriman dari google lagi, amin…
Tanpa Potongan, Senangnya Mencairkan Western Union (WU) di Kantor POS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar