Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Pria / Wanita

Penampilan adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh kaum wanita. Salah satunya adalah hal yang berkaitan dengan berat badan mereka. Banyak wanita akan lebih memiliki rasa percaya diri yang tinggi ketika memiliki berat badan yang ideal. Meski begitu ada juga beberapa wanita yang cuek dengan berat badan mereka. 

Bagi sahabat yang saat ini bertanya-tanya cara menghitung berat badan ideal, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hal tersebut. Untuk mengetahui berat badan ideal dari wanita dan pria digunakan rumus yang sudah disepakati oleh dunia. Selain itu, untuk mempermudah sahabat dalam menghitung berat badan yang ideal, maka saya juga akan menyajikan tabel pengkategorian berat badan ideal.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara menghitung berat badan yang ideal untuk pria dan wanita menggunakan dua rumus yang sering dijadikan acuan yaitu Broca dan Body Mass Index (BMI). 2 rumus tersebut akan saya bahas cara menghitungnya dan tentu saja saya sertakan contohnya.

Menghitung Berat Badan Ideal Pria / Wanita Dengan Rumus Broca
Rumus broca untuk menghitung berat badan yang ideal sangat mudah untuk dilakukan perhitungannya. Rumus untuk menghitung berat badan ideal pria dan wanita juga berbeda, berikut adalah rumus-rumusnya:
Berat badan ideal pria = (tinggi badan – 100) – (10% x (tinggi badan - 100)
Contoh: Suami saya memiliki tinggi badan 172 Cm dan memiliki berat badan 68 Kg. Dengan rumus broca, saya ingin mengetahui apakah berat badan suami saya ideal atau belum hehehe…
Jawab: (172 – 100) – (10% x (172 – 100) = 72 – (10% x 72) = 104 – 7.2 = 64.8 Kg.


No
Hasil Perhitungan
Kategori
1
hasilnya adalah 10% sampai dengan 20% lebih besar dari berat ideal.
Kelebihan berat badan / overweight
2
hasilnya adalah 10% sampai dengan 20% lebih besar dari berat ideal.
Kegemukan / obesitas
3
hasilnya kurang dari 10% berat badan ideal
Kekurangan berat badan / kurus


Berdasarkan rumus dari broca tersebut, dapat diketahui bahwa berat badan ideal suami saya adalah 64.8 Kg (lebih besar 4% dari ideal). Sehingga dengan berat badan 68 Kg suami saya masih dalam kategori normal berat badannya, dan bila ingin ideal sepertinya perlu sedikit lagi menurunkan berat badannya hehehe…

Berat badan ideal wanita = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100)
Contoh: dengan rumus broca  saya ingin mengetahui apakah berat badan saya ideal atau tidak. Saya memiliki tinggi badan 150 Cm dan berat badan 52 Kg.
Jawab: (150 – 100) – (15% x (150 – 100) = 50 – (15% x 50) = 50 – 7.5 = 42.5 Kg.
Berdasarkan rumus broca tersebut berat badan saya (lebih dari 22%), saya harus menurunkan berat badan 10 Kg agar menjadi ideal hehehe…

Menghitung Berat Badan Ideal Pria / Wanita Dengan Rumus BMI
Dengan kasus yang sama, saya ingin mengetahui berat badan ideal saya dan suami saya menggunakan rumus BMI (Body Mass Index). Rumusnya adalah: Nilai BMI = Berat badan (Kg)  : (tinggi badan x tinggi badan). Hasilnya disebut sebagai nilai BMI. Nilai BMI itu nanti yang akan sahabat pakai untuk mengetahui apakah berat badan sahabat ideal atau tidak.
Contoh Pertama: Berat berat badan suami saya 68 Kg dan tinggi badan 1.72 m
Nilai BMI = 68 : (1.72 x 1.72) = 22.99

Contoh Kedua: Berat badan saya 52 Kg dan tinggi badan 1.50 m
Nilai BMI = 52 : (1.5 x 1.5) = 23.11

Untuk mengetahui apakah berat badan saya dan suami saya ideal berdasarkan perhitungan rumus BMI, maka ada beberapa kategori berdasarkan nilai BMI baik itu untuk pria dan juga untuk wanita. Berikut adalah tabel pengkategoriannya.


No
Nilai BMI
Kategori
Pria
Wanita
1
< 17
< 18
Kurus  / Kurang berat badan
2
17-23
18 – 25
Normal
3
23-27
25 – 27
Gemuk / Kelebihan berat badan
4
>27
> 27
Obesitas


Berdasarkan tabel di atas maka bisa dikatakan bahwa berat badan saya (Nilai BMI 23.11) dan berat badan suami saya (Nilai BMI 22.99) berada pada kategori normal.

Bila dilihat dari perbandingan hasil dari perhitungan menggunakan rumus broca dan BMI terdapat perbedaan yang cukup besar dalam pengkategoriannya. Hal tersebut bisa dilihat dari pengkategorian dari kedua rumus yang saya pakai untuk menentukan berat badan ideal saya dan suami saya. Meski demikian, silakan sahabat pilih mana yang cocok dan yang sesuai dengan sahabat hehehe…  semoga membantu dan bermanfaat …
Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Pria / Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar