Cara Membuat Tulisan Arab di Whatsapp dengan Mudah

Terkadang ketika teman mengirim pesan pribadi atau di group whatsapp berupa tulisan arab, mungkin ada beberapa dari sahabat yang bertanya-tanya mengenai cara membuat tulisan arab di aplikasi whatsapp, sehingga bisa mengirim tulisan tersebut menggunakan hp android mereka. Bagi sahabat yang ingin bisa mengirimkan tulisan seperti itu, maka silakan sahabat baca tulisan saya berikut ini sampai selesai.

Sebenarnya whatsapp tidak menyediakan fitur untuk membuat tulisan arab, tetapi sahabat bisa memanfaatkan fitur bahasa arab yang terdapat pada smartphone android sahabat. Ya, bahasa arab memang tersedia pada pengaturan keyboard di sebagian besar hp yang beredar di pasaran. Bila kebetulan smartphone sahabat pada pengaturannya tidak terdapat pilihan bahasa arab, maka sahabat bisa download Gboard (Google Keyboard) atau aplikasi lain seperti smart keyboard yang bisa sahabat download gratis di play store.

Berikut adalah langkah-langkah agar smartphone android sahabat bisa digunakan untuk membuat atau  menulis bahasa arab di aplikasi whatsapp:
  • Masuk pada menu pengaturan / setelan / settings (bahasa di setiap smartphone berbeda-beda jadi silakan disesuaikan dengan smartphone yang sahabat miliki), kemudian Pilih setelan tambahan
  • Pilih Bahasa dan masukan
  • Setelah masuk pada halaman bahasa dan masukkan, kemudian pilih Gboard (Kebetulan keyboard yang saya gunakan adalah gboard). Bila di HP sahabat menggunakan smart keyboard, atau lainnya bisa sahabat pilih.
  • Sahabat akan masuk pada halaman setelan keyboard Gboard, selanjutnya pilih bahasa
  • Kemudian sahabat akan di bawa ke halaman bahasa, kemudian pilih tambahkan keyboard
  • Karena saya ingin bisa menulis dengan bahasa arab, maka akan saya tambahkan Arab.
  • Pada halaman bahasa arab, ada 2 pilihan yaitu Arab dan Arab Maroko. Pilih saja yang Arab.
  • Selanjutnya akan tampil halaman sebagai berikut, kemudian pilih tambahkan.
  • Sahabat akan dibawa lagi ke halaman bahasa dimana bahasa keyboard yang tersedia sekarang menjadi 2 yaitu bahasa Indonesia dan bahasa arab.
  • Untuk uji coba apakah saya bisa menulis bahasa arab di WA atau tidak, saya coba menulis di pesan Whatsapp dan hasil nya adalah seperti gambar di bawah ini. Untuk berganti bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa arab atau sebaliknya, sahabat tingal memilih gambar bola dunia seperti pada gambar di bawah ini.

Settingan yang saya jelaskan di atas adalah pengaturan yang saya praktekkan menggunakan smartphone saya Xiaomi Mi Max. Untuk pengaturan smartphone lainnya dengan merk yang berbeda pengaturannya sama pada prinsipnya. Semoga membantu dan bermanfaat…
Cara Membuat Tulisan Arab di Whatsapp dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar