Cara Mudah Menghitung Kapasitas Hardisk (Hard Disk)

Hardisk sebagai penyimpan data digital di era yang canggih seperti saat ini memiliki peranan yang sangat penting bagi orang yang banyak menyimpan datanya dalam bentuk digital. Besar / kecilnya kapasitas suatu hardisk sangat mempengaruhi terhadap banyak atau sedikitnya data yang bisa disimpan pada hardisk tersebut.

Bagi sahabat yang akan membeli hardisk atau membeli laptop, harus tahu tentang kapasitas sebuah hardisk, sehingga bisa menghitung dan menyesesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah istilah-istilah yang sering dijumpai kaitannya dengan kapasitas sebuah penyimpan data (hardisk).

Terabyte (TB)
Sampai saat ini kapasitas satuan hardisk yang tertinggi masih menggunakan satuan Terabyte (TB). Secara sederhana, 1 Terabyte (TB) sama dengan 1000 Gigabyte (GB)

Gigabyte (GB)
Seperti yang dibahas tadi bahwa 1000 GB sama dengan 1 TB. Meski demikian, 1 GB (Gigabyte) sama dengan 1000 MB (Megabyte).

Megabyte (MB)
Kalau tadi sudah diketahui bahwa 1000MB sama dengan 1GB, maka sahabat juga harus tahu bahwa 1 MB (Megabyte) sama dengan 1000 KB (Kilobyte)

Kilobyte (KB)
Secara sederhana diketahui bahwa 1000 KB sama dengan 1 MB. Sahabat juga perlu mengetahui bahwa 1 KB (Kilobyte) sama dengan 1000 Byte

Byte
Byte adalah ukuran terkecil dari suatu kapasitas hardisk. Seperti yang sahabat ketahui bahwa 1000 Byte sama dengan 1 KB (Kilobyte)

Kalau sahabat sudah mengetahui tentang istilah-istilah yang saya sebutkan di atas, selanjutnya sahabat perlu mengetahui cara membaca atau mengetahui besarnya ukuran suatu File atupun Folder. Berikut saya berikan gambaran sederhana ukuran suatu file dan folder.

Jenis-jenis file yang umum disimpan di dalam hardisk adalah file Video, Musik, Gambar, Dokumen, Arsip, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui besar dan kecilnya suatu file dalam sebuah komputer adalah dengan cara klik (kanan) pada File atau Folder yang ingin diketahui ukuran file atau folder nya, kemudian klik (kiri) pada Properties. Disitu akan tertera informasi mengenai ukuran file tersebut.

Setelah mengetahui cara untuk mengetahui ukuran suatu file atau folder di suatu komputer, maka sahabat sudah bisa memperkirakan kebutuhan kapasitas yang sahabat butuhkan. Semoga bermanfaat…
Cara Mudah Menghitung Kapasitas Hardisk (Hard Disk) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar