Macam / Jenis Kuota Data Internet Telkomsel ( Simpati, Kartu As, dan Loop)

Kuota data internet yang sering ditawarkan baik di iklan  media cetak ataupun media digital sering kali menawarkan kuota yang banyak dengan harga yang cukup murah. Bagi sahabat yang cukup teliti pastinya akan melihat secara rinci tentang jenis /macam paket yang ditawarkan oleh para penyedia jasa telekomunikasi.

Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa kuota yang dibeli (didapatkan) tidak bisa terpakai semua dikarenakan kuota data internetnya dibagi-bagi. Oleh karena hal tersebut, saya akan membahas jenis atau macam-macam kuota internet dari operator celluler terbesar saat ini yaitu Telkomsel.

Dalam hal ini, kuota yang dimaksud adalah kuota yang terdapat pada sim card Simpati, Kartu As, dan Loop. Berikut adalah macam-macam kuota internet yang ditawarkan oleh penyedia jasa telekomunikasi Telkomsel.

Kuota Flash Telkomsel, yaitu kuota data internet yang bisa digunakan untuk internetan full 24 jam, bisa digunakan disemua jaringan(2G/ 3G/ 4G), dan bisa digunakan diseluruh Indonesia. Kuota flash sering disebut juga dengan sebutan kuota internet reguler.

Kuota Lokal Telkomsel, yaitu kuota data internet yang bisa digunakan untuk internetan full 24 jam, bisa digunakan di semua jaringan, dan hanya bisa digunakan di daerah (area) dimana kuota data lokal tersebut diaktifkan.

Kuota Midnight / Mds (Midnight Data Services) Telkomsel, yaitu kuota yang hanay bisa digunakan pada jam-jam tertentu. Biasanya paket data internet Mds digunakan mulai jam tengah malam sampai dengan pagi hari (tergantung dari angka di belakang  Mds/Midnight). Sebagai contoh Midnight 09, berarti kuota tersebut dapat digunakan dari jam 00.00 sampai dengan jam 09.00 pagi hari.

Kuota 4G Telkomsel, yaitu kuota yang hanya bisa digunakan pada jaringan 4g telkomsel saja. untuk dapat menggunakan kuota ini, jaringan dan perangkat yang sahabat gunakan harus mendukung  4G. maksudnya adalah lokasi tempat harus sudah tercover jaringan 4G dan tentu saja smartphone dan juga kartu sahabat juga harus sudah mendukung jaringan 4G.

Kuota Videomax Telkomsel, yaitu kuota data internet yang hanya bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi yang bekerja sama dengan telkomsel yaitu aplikasi HOOQ dan Aplikasi VIU. Banyak dari pengguna telkomsel yang jarang menggunakan kuota videomax dikarenakan kurang menyukai movie dan juga tidak tahu cara penggunaannya.  Tetapi tenang saja, ada trik agar kuota videomax bisa digunakan seperti halnya kuota flash. Sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara merubah kuota videomax menjadi kuota flash.

Kuota Chatting Telkomsel, yaitu kuota yang hanya bisa digunakan untuk chatting saja seperti whatsapp, BBM, dan juga Line. Tentu saja untuk menggunakan kuota chatting, smartphone sahabat harus sudah terinstall aplikasi tersebut.

Kuota FB (Facebook) dan BBM adalah kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses facebook (baik menggunakan aplikasi ataupun browser) dan juga aplikasi BBM (Blackberry Messenger) di smartphone sahabat.

Kuota Youthmax Telkomsel, yaitu kuota yang hanya bisa digunakan untuk 3 aplikasi yaitu aplikasi Line (hanya chat saja, sehingga tidak bisa digunakan untuk video  call), aplikasi Music max, dan juga aplikasi Game Max.

Kuota 4G/Midnight Telkomsel, yaitu kuota yang hanya bisa digunakan pada jaringan 4G Full 24 Jam atau semisal di tempat sahabat tidak mendapatkan sinyal 4G, maka tentu saja hanya bisa digunakan pada jam-jam tertentu saja di jaringan 2G dan 3G (biasanya hanya bisa digunakan pada jam tengah malam sampai dengan pagi hari).

Kuota Maxstream, yaitu kuota yang khusus digunakan untuk bisa menonton ribuan film (termasuk HOOQ dan VIU). Bisa dikatakan bahwa kuota Maxstream fungsinya sama dengan kuota VideoMax, hanya saja aplikasi ini bisa sahabat gunakan untuk menggunakan layanan di aplikasi Maxsteam yang bisa sahabat download di Google Playstore.

Kuota OMG!, yaitu kuota yang memiliki fungsi yang sama dengan kuota Maxstream, hanya saja dengan kuota ini sahabat juga bisa mengakses aplikasi Facebook, Youtube, dan Instagram. Jadi paket ini bisa saya katakan gabungan paket hiburan dan medsos (media sosial).

Dengan penjelasan di atas tentang macam dan pengertian kuota data internet telkomsel, saya berharap agar sahabat ketika akan membeli paket internet telkomsel bisa mengerti kuota yang didapatkan dan juga mengerti penjelasan tentang kuota yang didapatkan. Oh iya, untuk cek kuota data internet sahabat bisa baca tulisan saya [Cara Cek Kuota Data Internet Telkomsel]. Semoga membantu dan bermanfaat…

Macam / Jenis Kuota Data Internet Telkomsel ( Simpati, Kartu As, dan Loop)