Awesome Screenshot Plus Cara mudah mencetak halaman penuh Blog / Website

Berawal dari saya pernah melihat gambar pada sebuah forum yang menawarkan atau menjual sebuah template blog. Dalam gambar tersebut ditampilkan full page (halaman penuh) dari ujung atas sampai bawah seperti gambar keseluruhann pada blog saya yang sudah saya screenshot menggunakan Awesome Screenshot Plus di bawah ini.
Manfaat dari mencetak halaman secara full page atau satu halaman penuh pada suatu website atau blog adalah sebagai dokumentasi, yaitu semisal sahabat sedang menyusun karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi atau karya tulis lainnya, tentu saja ada beberapa data atau sumber informasi yang bisa sahabat ambil dari sebuah website. Selain URL (alamat suatu website), tentu saja halaman yang sahabat ambil perlu sahabat simpan dengan cara didokumentasikan dengan cara mencetak satu halaman penuh, sehingga dapat dijadikan sebagai bukti autentik apabila dipertanyakan oleh pembacanya. Selain manfaat yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bagi sahabat yang ingin menyimpan isi suatu konten dari sebuah blog juga bisa memanfaatkannya untuk menyimpannya seperti resep masakan, info-info, tips, dan lain sebagainya yang sahabat butuhkan dalam sebuah blog atau website.

Pada tutorial cara mencetak halaman website penuh menggunakan Awesome Screenshot Plus kali ini, browser yang saya gunakan adalah salah satu browser yang banyak penggunanya yaitu Mozilla Firefox. Langsung saja, berikut adalah tutorial pemasangan dan cara penggunaannya:
1. Buka halaman Mozilla firefox kemudian klik tombol menu seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih pengaya (dalam bahasa Indonesia), kalau Mozilla sahabat menggunakan bahasa inggris adalah plugin.
2. Selanjutnya pada kotak pencarian, ketikkan awesome screenshot, kemudian klik gambar serach (cari) seperti pada gambar di bawah ini.
3. Klik tombol pasang seperti pada gambar dibawah ini pada Awesome Screenshot Plus – Capture, Annotate & More. 
4. Setelah tombol pasang diklik, maka akan tampil halaman plugin/pengaya tersebut di unduh atau di download seperti gambar di bawah ini.

Setelah proses pemasangan sudah selesai, maka tahap berikutnya adalah tutorial cara menggunakan plugin untuk mencetak halaman penuh (full page) awesome screenshot plus. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka halaman yang akan sahabat cetak secara menyeluruh, dalam percobaan kali ini yang akan saya cetak adalah halaman yang sedang sahabat baca yaitu www.infodantips.com , selanjutnya adalah klik Logo awesome screenshot plus seperti gambar di bawah ini.
2. Selanjutnya akan terdapat 3 pilihan yang bisa sahabat pilih. Karena kita akan mencetak layar full page, maka pilih Capture Entire Page seperti gambar dibawah ini.
3. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol done
4. Langkah terakhir adalah klik save. 

Hasilnya adalah gambar yang saya tampilkan pertama kali di atas. Sangat mudah kan? Semoga bermanfaat dan membantu untuk sahabat pembaca blog saya ini.
Awesome Screenshot Plus Cara mudah mencetak halaman penuh Blog / Website Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar