Aplikasi Komputer Untuk Mengetahui Kecepatan dan Jumlah Data Internet yang Digunakan

Kalau sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi android untuk mengetahui kecepatan jaringan internet dan jumlah data internet yang digunakan, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman saya menggunakan aplikasi komputer (windows) yang memiliki fungsi sama yaitu mengetahui kecepatan internet baik itu proses download ataupun proses download pada personal computer (PC) dengan sistim operasi windows. Aplikasi ini sudah saya gunakan pada komputer saya dengan sistim operasi windows 7 dan berjalan dengan baik tanpa masalah apapun.

Langsung saja pada topik materi sesuai judul tentang aplikasi komputer yang saya gunakan ini bernama Bandwidth Meter Pro. Saya lupa kapan menggunakannya tapi yang jelas sudah sangat lama kira-kira sejak tahun 2011 yang lalu (dah sekitar 5 tahun hehehe…). Untuk penampakan aplikasinya adalah seperti gambar di bawah ini.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan agar sahabat bisa memantau penggunaan internet sahabat setiap saat.
Siapkan aplikasi program (software) bandwidth meter pro. Untuk mendapatkannya silahkah searching lewat simbah google, kemudian download softwarenya. Biasanya file installernya berektensi .exe
Setelah selesai terunduh (terdownload) silahkan di install file yang berekteksi .exe tersebut, kemudian ikuti langkah-langkahnya dengan menekan tombol next dan seterusnya sampai finish (selesai).
Untuk melihat penggunaan data yang digunakan, silahkan klik kanan pada icon bandwidth meter, kemudian pilih Traffic Reports.
menu-bandwidth-meter-pro
Maka akan tampil halaman Traffic Reports (laporan-laporan trafik) data internet baik itu upload (unggah) ataupun download (unduh) yang kita gunakan mulai dari laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan, serta laporan tahunan. Penampilannya adalah seperti gambar di bawah ini. 
traffic-reports-bandwidth-meter-pro
Untuk mengatur tampilan dan sebagainya, sahabat bisa masuk pada Options. Untuk masuk langkah-langkahnya sama sperti ketika akan melihat Traffic Reports yaitu dengan cara klik kanan pada icon bandwidth meter kemudian pilih Options. Maka akan tampil halaman option seperti gambar di bawah ini.
pengaturan-aplikasi-bandwidth-meter-pro
Dari gambar di atas terlihat banyak fasilitas yang bisa sahabat gunakan seperti Always on top (tampilan grafik penggunaan internet selalu kelihatan), Start with windows (otomatis terbuka ketika komputer dihidupkan), dan pengaturan-pengaturan lainnya yang cara mengaturnya tinggal sahabat ceklist pada kotak. Semoga membantu bagi para pembaca blog info dan tips. Bila ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan silahkan kirim komentar pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat…

Aplikasi Komputer Untuk Mengetahui Kecepatan dan Jumlah Data Internet yang Digunakan
  1. makasih gan , sekarang ane jadi tau

    BalasHapus
  2. Referensi tambaahan nih, karena sebelumnya itu biasanya saya mengecek penggunaan data internet melalui fitur bawaan dari PC itu sendiri, thanks om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trmakasih kunjungannya gan... Semoga bermanfaat...

      Hapus