Tutorial Lengkap Membuat Pagar Rumah Menggunakan Bahan Seng dan Kayu [ Bagian 1]

Bermula dari rumah baru yang baru saya tempati di Jalan Natuna Gang 1 di Kota Merauke yang belum ada pagarnya, maka demi keamanan saya putuskan untuk segera mempagari rumah baru tersebut. Mengingat dana yang saya miliki belum cukup untuk membuat pagar dengan berbahan batu bata dan pasir, maka saya putuskan untuk membuat pagar dengan berbahan baku seng dan kayu yang kalau dihitung pembiayaannya sangat jauh lebih murah.
pagar-rumah-sederhana-yang-terbuat-dari-bahan-seng-dan-kayu
Pagar rumah sederhana yang terbuat dari seng
Luas tanah rumah saya berukuran 9 m x 15 m. Karena kiri rumah saya sudah ada pagar tinggi dari tetangga, saya memutuskan hanya membuat pagar dibagian depan dengan panjang 9 meter, belakang sepanjang 9 meter, samping depan 4 meter dan samping belakang sepanjang 3 meter. Kalau di total keseluruhan panjang pagar yang saya buat adalah kurang lebih 26 meter. Untuk gambarannya adalah seperti gambar di bawah ini.
denah-pagar-rumah-yang-akan-dibuat
Denah pagar yang akan dibuat
Tahap perencanaan desain pagar seng
  • Pagar bagian depan dan samping depan (13 meter)  akan saya buat dengan tinggi seng hanya separuhnya (setengahnya), sedangkan pagar bagian belakang dan samping belakang (12 meter) menggunakan satu seng utuh berdiri tanpa saya paruh.
  • Setiap jarak 2 meter akan saya pasang kayu berdiri (Vertical) dengan ukuran balok kayu 10 cm x 10 cm dan ukuran panjang kayunya adalah 200 cm (2 meter), saya juga akan pasang kayu horisontal yang akan saya tempelkan pada kayu berdiri dengan ukuran balok 5 cm x 5 cm dan ukuran panjangnya adalah 23 meter (karena yang 3 meter akan digunakan sebagai pintu masuk)  sebanyak 2 buah yang akan saya tempelkan di bawah dan di atas kayu berdiri (vertical).
  • Untuk keamanan, pada pagar bagian depan yang hanya menggunakan seng separuh (setengah), pada bagian atas akan saya pasang kawat berduri yang akan saya pasang horisontal dengan jumlah 3 titik. Pada bagian depan juga akan saya buat pintu masuk dan keluar dengan panjang 3 meter.
Langkah selanjutnya bisa sahabat baca pada halaman berikutnya yaitu tahap perencanaan kebutuhan bahan dan biaya pembuatan pagar seng. Langkah Selanjutnya >>>
Tutorial Lengkap Membuat Pagar Rumah Menggunakan Bahan Seng dan Kayu [ Bagian 1] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar