Cara Membersihkan Sayur Brokoli

Kalau sebelumnya saya pernah membahas tentang cara membersihkan buah dan sayur agar bebas dari pestisida, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membersihkan sayuran Brokoli. Cara membersihkan sayur brokoli yang akan dimasak memang gampang-gampang susah. Kebanyakan para ibu-ibu yang ingin masak selalu menghindari atau enggan untuk memilih sayuran brokoli sebagai referensi sayuran yang ingin dimasak, karena sulit untuk dibersihkan dan juga cara memasaknyapun tidak mudah dibandingkan dengan sayur-sayuran yang lain. Karena jika salah dalam memasak maka akan menghilangkan kandungan gizi yang ada dalam sayur brokoli tersebut. Sebenarnya jika kita mengetahui karakteristik dari sayur brokoli dan mengetahui betapa banyak kandungan gizi dan manfaat yang terkandung dalam sayur brokoli terbut, maka kita para ibu-ibu pasti akan mau dan rajin mengolah sayuran ini untuk dijadikan masakan yang lezat bagi keluarga kita.

Sayur brokoli merupakan jenis sayur yang termasuk dalam suku kubis-kubisan yang berbentuk bunga yang menggerombol, berwarna hijau segar dan mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh kita. Brokoli mirip dengan kembang kol, bedanya adalah kalau brokoli bunganya berwarna hijau sedangkan kembang kol bunganya berwarna putih namun bentuk kedua sayuran ini adalah sama.

Cara membersihkan brokoli yang benar sebelum dimasak adalah dengan memotong bagian kepala bunga dari daunnya, kemudian kepala bunga itu kita potong-potong berdasarkan cabang-cabangnya. Jangan memotong sayur brokoli terlalu tipis dan kecil karena sayuran ini merupakan tipe sayuran yang gampang lunak. Agak tebal atau besar saja dalam memotong kira-kira 3-4 cabang. Setelah kita potong-potong kemudian kita cek satu per satu apakah di sela-sela cabang yang kita potong tersebut terdapat kotoran maupun ulat yang menempel. Tidaklah cukup jika kita hanya membersihkan sayur brokoli dengan cara mencucinya saja. Diperlukan ketelatenan untuk mengecek satu persatu sela-sela cabang yang telah dipotong. Kenapa kita harus melakukan ini….? Karena biasanya di sela-sela cabang ada kotoran bahkan ulat yang menyerang sayuran tersebut. Ulatnya juga berwarna hijau, jadi kita harus jeli dalam membersihkannya.

Setelah selesai kita bersihkan  kotoran dan ulatnya, selanjutnya brokoli kita bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir. Kenapa harus air yang mengalir? Karena jika menggunakan air yang tergenang dalam baskom maka kotoran yang tadinya sudah hilang akan menempel lagi. Cukup mudah bukan? Kita hanya perlu ketelatenan dan kesabaran dalam membersihkan sayuran brokoli agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Dengan membersihkan sayuran brokoli yang benar, maka kita bisa sudah bisa menerapkan pola kebersihan dalam menyiapkan sayur yang akan kita masak. Jadi jangan asal ya ibu-ibu... jadilah ibu yang cerdas dan teliti demi kesehatan keluarga kita.    
Cara Membersihkan Sayur Brokoli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar