Cara Agar Battery Smartphone Android Menjadi Lebih Hemat

Salah satu hal yang membuat nyaman seorang pengguna smartphone atau tablet android adalah kemampuan baterai yang mampu bertahan lama sehingga penggunanya tidak akan khawatir smartphone nya akan tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Bayangkan saja ketika sahabat berada di suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal atau sahabat sedang berada disuatu tempat yang jauh dari keramaian dan tidak ada sumber arus listrik sedangkan alat telekomunikasi sangat dibutuhkan. Semisal pada saat-saat seperti itu baterai smartphone sahabat sedang low atau mungkin malah habis, apa yang akan sahabat lakukan? Kalau di tempat yang ramai pastinya sahabat akan minta tolong kepada orang untuk pinjam alat telekomunikasi atau mungkin minta tolong pinjam sumber arus listrik untuk mengisi baterai smartphone sahabat. Atau cara yang paling terbaru adalah dengan cara membeli Power Bank kemudian di isi full sebagai pengisi daya cadangan. Kalau mau memberi banyak alasan banyak sekali alasan untuk mengatasi baterai yang cepat habis alias boros hehehe…. Kalau bahas masalah alasan pasti panjang dan tidak ada selesainya sampai entar subuh hohoho…
agar-baterai-menjadi-awet

Kembali ke topik permasalahan seperti judul yang telah dibuat di atas, yaitu bagaimana cara agar battery android menjadi lebih hemat dan tentunya menjadikannya lebih awet juga. Langsung aja berikut adalah tips supaya baterai pada handphone android menjadi lebih awet dan lebih hemat.
1) Aturlah kecerahan pada smartphone sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya adalah jangan setting kecerahan selalu cerah (maksimal) dimana saja, karena hal ini bisa menyebabkan konsumsi daya listrik menjadi lebih banyak. Semisal sahabat berada di ruangan atau indoor yang minim cahaya, aturlah kecerahan pada smartphone seminimal mungkin, setting kecerahan maksimal kalau di berada di luar ruangan atau tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Lebih baik kecerahan disetting manual daripada auto.
2) Aktifkan GPS bila hanya diperlukan. Hampir semua smartphone berbasis android dilengkapi dengan fasilitas GPS yang sering dimanfaatkan sebagai penunjuk peta dengan bantuan aplikasi peta digital. Meski demikian, pengaktifan fitur GPS juga memerlukan konsumsi daya sehingga mempengarui daya tahan baterai. Oleh karena itu, aktifkan fitur GPS ketika diperlukan, semisal sahabat sedang ke kota atau ke daerah yang belum hafal jalan atau lokasinya.
3) Manfaatkan data internet seperlunya saja dengan kata lain gunakan internet sepenuhnya, meskipun sahabat membutuhkan internet yang harus ada (standby) setiap saat seperti aplikasi whatsapp sebagai aplikasi pesan instan message, tapi ketika sahabat di malam hari sedang tidur tidak perlu selalu menghidupkannya kan? Jadi berilah waktu samartphone sahabat untuk beristirahat. Kalau smartphone saya setiap jam 23.00 – jam 04.00 saya jadwalkan selalu dalam posisi off. Dengan begitu baterai akan menjadi lebih awet dan hemat.
4) Instal aplikasi android seperlunya. Android memang menawarkan ribuan aplikasi yang bisa di unduh melalui playstore, selain itu aplikasi yang ditawarkan di playstore juga menarik dan bervariasi. Meski demikian, untuk menghemat dan membuat baterai menjadi lebih awet usahakan untuk memasang aplikasi pada smartphone sahabat yang pokok dan paling sering digunakan. Semisal utuk aplikasi pesan kirim cepat adalah whatsapp, aplikasi untuk memutar musik beserta tampilan lirik lagu adalah maven player, aplikasi untuk melihat trafik data internet menggunakan internet speed meter, dan aplikasi lainnya. Kadang banyak pengguna baru terpengaruh oleh iklan di tv, semisal dalam smartphone nya untuk aplikasi instant message menggunakan bermacam-macam aplikasi seperti Whatsapp, BBM, Line, KakaoTalk, Wechat dan lain sebagainya. Hal seperti inilah yang membuat kinerja baterai smartphone menjadi lebih terbebani sehingga baterai menjadi lebih boros.

Demikian tadi tips dari saya untuk menjadikan baterai smartphone menjadi lebih awet. Dulu waktu pertama kali memiliki smartphone, saya tidak terlalu memperhatikan hal-hal seperti diatas. Tetapi setelah belajar dari pengalaman, sekarang saya share pengalaman saya kepada sahabat pembaca. Kalau ada pertanyaan atau saran, silahkan tuliskan komen di bawah ini. Semoga bermanfaat…

Cara Agar Battery Smartphone Android Menjadi Lebih Hemat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar