Cara bertransaksi aman belanja lewat online

Di era sekarang ini dimana perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan pola tingkah laku dari sebagian masyarakat di negara kita bergeser kearah pola hidup serba praktis, salah satu diantaranya adalah belanja online. Belanja online adalah hal yang bukan baru lagi ataupun aneh dikalangan sebagian masyarat Indonesia. Internet dan kemajuan teknologi informasi adalah salah satu faktor yang mendorong terjadinya transaksi online dimana salah satu dari transaksi tersebut adalah belanja online. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana belanja online supaya aman, karena dalam sebuah transaksi online ataupun belanja online rawan akan adanya penipuan baik dilakukan oleh pembeli ataupun penjual. Maka dari itu sebagai pelaku didalamnya sahabat perlu waspada dengan bahaya-bahaya dalam melakukan transaksi online.
transaksi-aman-belanja-online

Sebelum membahas cara aman bertransaksi atau belanja online, sahabat harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penipuan dalam bertransaksi online. Hal yang menyebabkan transaksi jual beli tidak aman dalam belanja online adalah: 1) adanya penjual fiktif yaitu penjual yang menawarkan suatu barang  yang sebenarnya tidak ada. Sebagai contoh semisal dalam sebuah situs jual beli ada seseorang yang menawarkan suatu barang atau produk dengan harga yang sangat murah dan sangat menggoda pembaca iklannya tersebut untuk membeli barang yang ditawarkan. Sehingga setelah terjadi tawar menawar akhirnya pembeli mentransfer sejumlah uang ke penjual tersebut. setelah mengirim sejumlah uang dan ditunggu beberapa hari ternyata barang yang dijanjikan oleh penjual tidak dikirimkan. 2) adanya pembeli fiktif yaitu pembeli yang menjanjikan untuk membayar barang atau produk yang dibelinya sebenarnya tidak ada. Hal ini sangat jarang terjadi dalam jual beli online, tapi hal ini terjadi biasanya kepada penjual yang masih baru dan kurang pengalaman dalam transaksi belanja online. Sebagai contoh sahabat menawarkan suatu produk atau barang dalam sebuah iklan jual beli, kemudian ada sesseorang yang tertarik dengan barang atau produk yang sahabat tawarkan. Karena adanya prinsip saling percaya antara penjual dan pembeli, maka terjadi kesepakatan bahwa penjual mengirim barangnya terlebih dahulu kemudian setelah barang diterima oleh pembeli, uang akan ditransferkan oleh pembeli. Tetapi setelah barang dikirimkan, ternyata pembayaran yang dijanjikan oleh pembeli tidak dikirimkan.

Dengan melihat penyebab dari terjadinya penipuan dalam bertransaksi secara online, maka hal yang bisa dilakukan baik oleh penjual maupun pembeli dalam bertransaksi online adalah berhati-hati dalam bertransaksi online. Bagi penjual adalah dengan cara meyakinkan pada pembeli bahwa penjual tersebut adalah benar-benar bisa dipercaya begitu pula dengan pembeli. Semisal calon penjual ataupun calon pembeli ragu maka hal yang paling aman dalam bertransaksi adalah dengan cara memanfaatkan REKBER (Rekening Bersama). Rekber adalah jasa yang menjembatani antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Cara kerja dari rekber adalah setelah antara penjual dan pembeli terjadi kesepakatan untuk menggunakan jasa rekber, maka pembeli mengirimkan uang kepada penyedia jasa RekBer. Setelah uang diterima oleh penyedia jasa rekber, kemudian jasa rekber memberitahukan kepada penjual bahwa uang sudah dikirimkan oleh pembeli. Kemudian penjual mengirimkan barang kepada pembeli. Setelah barang diterima oleh pembeli dan barang yang yang dibeli sesuai dengan barang yang ditawarkan, kemudian pembeli memberitahu kepada penyedia jasa rekber bahwa barang sudah diterima sesuai dengan yang diharapkan oleh pembeli. Kemudian penyedia jasa rekber mengirimkan uang yang sudah di transfer oleh pembeli kepada penjual. Dalam memilih jasa rekber harus penyedia jasa Rekber yang terpercaya, karena tidak menutup kemungkinan ada penyedia jasa rekber yang juga menipu. Dalam transaksi menggunakan rekber dikenakan biaya sesuai dengan jumlah nominal transaksi yang dilakukan (minimal biaya yang dikeluarkan sekitar 5rb – 100rb). Bila ada pertanyaan atau kurang jelas ataupun juga ada masukkan tentang tulisan yang saya buat kali ini, sahabat bisa menuliskan comment dibawah ini atau juga bisa kirim pesan saya ke contact saya. 

Cara bertransaksi aman belanja lewat online