Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Facebook


Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang memiliki pengguna sangat banyak dibelahan dunia termasuk Indonesia. di Indonesia sendiri pengguna facebook bervariatif dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Hal ini dikarenakan jejaring sosial ini sangat mudah digunakan baik melalui HP, Smartphone, dan juga dengan komputer. Bahkan buat hp jadul pun bisa digunakan dengan memanfaatkan facebook sms. Saya sendiri adalah pengguna facebook atau ngetrennya dengan sebutan fb sejak sekitar tahun 2008/2009. Dari pertama kali menggunakan facebook hingga saat ini, saya sudah mengalami banyak kejadian yang akan membuat saya tersenyum bila saya mengingatnya,
mengatasi-kecanduan-facebook

Saya pernah mengalami kecanduan fb atau mungkin bisa dikatakan demam fb, dimana banyak waktu saya yang terbuang karena sering membuka jejaring sosial ini. Ketika bangun pagi, hal yang saya lakukan adalah membuka facebook, kemudian setelah makan dan akan berangkat kuliah membuka facebook, sampai di kampus membuka fb, makan bareng teman kampus buka fb, bahkan mau tidur sekalipun membuka fb. Yang jelas fb memang membuat para penggunanya menjadi ketagihan. Berikut adalah hal-hal yang membuat fb membuat penggunanya kecanduan: 1) Fasilitas update status – ketika seorang membuat status atau update status, maka yang diharapkannya adalah mendapatkan comment dari teman yang menjadi temannya. Sehingga hal ini lah yang membuat pengguna sering membuka facebook mereka untuk melihat apakah sudah ada yang menanggapinya (memberikan comment). 2) Fasilitas comment – comment (komentar) tidak lepas berhubungan dengan update status, karena dengan saling memberi komentar, maka akan membuat pengguna facebook lebih sering membuka facebook untuk saling memberikan komentar. 3) Fasilitas news feed – fasilitas ini memberikan informasi tentang update status teman yang berupa curhatan ataupun gambar, sehingga pengguna akan lebih sering membuka news feed atau berita terbaru untuk mengetahui status terbaru dari teman-temannya. 4) Fasilitas message – menu ini juga akan membuat pengguna fb menjadi sering membuka fb, karena fasilitas ini membuat antar facebooker (pengguna fb) untuk cek pesan apakah pesan yang dikirimkannya sudah dibalas atau belum. 5) Fasilitas Notification – fasilitas ini memberikan informasi tentang pemberitahuan hal yang berhubungan dengan pengguna akun facebook. Dan masih banyak lagi fasilitas yang diberikan facebook yang membuat penggunanya akan menjadi ketagihan dan ingin selalu membukanya.

Dengan membaca penyebab kenapa pengguna facebook sangat kecanduan dengan jejaring sosial ini, maka bisa diketahui cara mencegah supaya kita tidak terlalu kecanduan dengan jejaring sosial tersebut. Sebagai orang yang pernah mengalami kecanduan fb, berikut hal-hal yang saya lakukan agar menjadi tidak terlalu sering membuka facebook: 1) mulailah untuk membiasakan diri jarang update status di facebook. Kalau sahabat biasanya sehari update status 5 sampai 10 kali dalam sehari, mulai kurangi kuantitas sahabat dalam update status menjadi 1 sampai 2 kali sehari. Kemudian akhirnya menjadi 1 kali seminggu, kemudian 1 bulan sekali, kemudian tidak pernah sama sekali. 2) kurangi intensitas comment pada update status teman sahabat. Karena dengan sahabat sering comment di status teman sahabat, maka rasa ingin tahu balasan comment dari teman sahabat akan mendorong sahabat membuka facebook lagi. 3) kurangi kegiatan sahabat mengirim pesan kepada teman di facebook. Hal ini dilakukan agar sahabat tidak penasaran apakah pesan yang sahabat kirimkan sudah dibalas atau belum. 4) setting pada notifikasi (pemberitahuan) seminimal mungkin, atur pada pengaturan (setting). 5) carilah kesibukan baru seperti membaca dan belajar hal-hal lain  yang bisa membuat sahabat melupakan facebook. 6) niat dari sahabat untuk menjadi tidak sering membuka facebook adalah hal yang paling berperan. Semoga apa yang tulis ini bermanfaat bagi sahabat, kalau ada tambahan dan lain-lainnya bisa meninggalkan comment dibawah.

Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Facebook