Aplikasi android untuk membuat screenshot (mencetak tampilan layar)

Mencetak sebuah layar atau sering dikenal dengan screenshot pada perangkat android sangat mudah melakukannya bagi yang hobi ataupun sering mengotak-atik aplikasi android pada smartphone yang digunakannya. Tapi bagi sahabat yang belum terlalu familiar dengan android, mungkin karena hp nya masih baru ataupun sahabat takut bila nanti ada sesuatu yang membuat smartphone sahabat menjadi lemot atau rusak tidak ada salahnya sahabat mulai memberanikan diri untuk menginstall aplikasi ini.
pasang-screenshot-android

Aplikasi screenshot bisa sahabat gunakan untuk berbagai keperluan, sebagai contoh semisal sahabat ingin mengirimkan tampilan  layar yang berisi logo aplikasi pada sahabat. Sahabat ingin memberikan bukti kepada teman, pacar, ataupun pasangan sahabat bahwa sahabat telah mengirimkan sms atau pesan melalui whatsapp, wechat, kakaotalk, BBM, atau juga line dan pesan-pesan lainnya, tapi karena ada gangguan pada operator sehingga pending atau bahkan tidak terkirim, maka dengan cara menunjukkan tampilan layar sahabat adalah bukti yang sangat meyakinkan. Apalagi kalau sahabat adalah anak muda yang sering bertengkar dengan pasangan gara-gara pesan sms atau pesan lainnya tidak terkirim atau pending J , maka untuk membuat bukti untuk meyakinkan kepada pasangan maka sahabat harus memiliki aplikasi screenshot dalam hp android sahabat.


Dalam playstore atau  juga google play  banyak sekali aplikasi untuk mencetak layar android sahabat. Tapi dalam tips kali ini yang akan saya bagikan adalah cara membuat screenshot pada android menggunakan aplikasi screenshot easy. Kenapa pada tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi “screenshot easy” ?, karena menurut saya, aplikasi ini adalah aplikasi yang paling mudah digunakan dan aplikasi yang memiliki banyak cara yang sangat mudah untuk menjalankan dan menggunakan aplikasi ini. Selain banyak metode untuk membuat screenshot, aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk mengedit / menyunting gambar yang sudah dicetak seperti crop (untuk menampilkan gambar sesuai dengan ukuran yang sahabat inginkan).

Berikut ini adalah tutorial aplikasi android untuk membuat screenshot:

  1. Install aplikasi screenshot easy (buatan ice cold apps) melalui playstore.
  2. Setelah proses installasi selesai, maka aplikasi akan identifikasi perangkat sahabat.
  3. Buka halaman yang memberikan hak kepada pengguna untuk memulai aplikasi dan memilih metode yang ditawarkan oleh screenshot easy.
  4. Pilih metode yang digunakan. Dalam aplikasi ini ada 4 metode yang bisa digunakan, yaitu: ü  Overlay Icon : akan ada icon bergambar kamera, cara kerjanya adalah bila anda sentuh icon tersebut, maka layar pada hp anda akan tercetak. ü  Notification Icon : bila sahabat memilih metode ini, maka untuk membuat screenshot, sahabat hanya perlu membuka notification pada android sahabat, kemudian membukanya. ü  Shake: dengan cara sahabat menggoyangkan android sahabat, maka akan tercetak layar android sahabat. ü  Camera button: metode ini bisa sahabat lakukan bila kamera sahabat terdapat tombol untuk kamera.
    metode-screenshot-android
    4 metode yang ditawarkan easy screenshot
  5.  Pilih Start Capture, kemudian sahabat sudah bisa mencetak tampilan layar android sahabat.
  6. Setelah tercetak, sahabat bisa membagikan lewat aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone sahabat seperti Line, Wechat, Whatsapp, BBM, dan lain-lain.
    screenshot-android-share
    Tampilan Screenshot yang siap untuk di share


Untuk mendapatkan aplikasi ini, sahabat bisa mendapatkannya di Playstore-Screenshot Easy . Sekian tips dari saya, semoga tips yang saya bagikan hari ini bermanfaat bagi sahabat info dan tips. Bila ada pertanyaan, saran dan kritik bisa menuliskan pada kolom komentar dibawah ini.



Aplikasi android untuk membuat screenshot (mencetak tampilan layar)