Cara Belajar Efektif

Bagaimana cara belajar yang efektif? Pernahkah anda merasa kesulitan dalam menyerap materi saat belajar? Saya rasa semua orang pernah mengalaminya. Tapi, tahukah sahabat  bahwa cara belajar seseorang mempengaruhi kerja otak dalam menerap materi? Ya, cara belajar kita dapat mempengaruhi cara kerja otak kita. Apabila cara belajar anda efektif, maka hasilnya pun maksimal. Begitu juga sebaliknya, apabila cara belajar kita kurang efektif, maka hasilnya pun kurang maksimal.
anak-belajar-efektif
Solusi dari permasalahan sulit memahami materi belajar yaitu dengan cara merubah atau memperbaiki cara belajar. Lalu, pertanyaanya, bagamana cara belajar yang efektif? Berikut ini merupakan beberapa tips supaya belajar sahabat lebih efektif :
  1. Carilah waktu yang tepat
    Waktu yang tepat sangat berpengaruh terhadap belajar . Sebaiknya, carilah waktu yang menurut sahabat nyaman dengan kondisi tersebut. Sehingga, anda dapat berkonsentrasi penuh saat belajar. Kebanyakan orang belajar pada waktu malam hari, tetapi sebagian orang lebih nyaman belajar pada waktu dini hari menjelang subuh. Jika sahabat ingin mencoba belajar pada waktu dini hari, tidurlah lebih awal dan bangunlah pada dini hari. Sahabat juga bisa memanfaatkan alarm untuk membangunkan sahabat.
  2. Belajarlah dengan gaya sahabat sendiri
    Setiap orang tentu memiliki gaya belajar sendiri-sendiri. Sebagian orang lebih fokus belajar pada kondisi yang ramai (contohnya diiringi oleh iringan musik, radio, dan yang lain-lain), apabila mengetuk-ngetukkan jari di meja, atau bahkan menghafal dengan keras-keras. tetapi, justru sebagian orang tidak bisa berkonsentrasi pada keadaan yang ramai, dan hanya bisa fokus pada keadaan yang tenang dan sepi. Jadi, silakan pilih gaya belajar sahabat sendiri. Tetapi, menurut saya pribadi, belajar matematika atau menghitung lebih efektif apabila sambil mendengarkan musik-musik instrumental atau musik-musik klasik. Tetapi, untuk maslah menghafal, jangan mendengarkan musik. Karena, otak kita akan lebih fokus ke musik daripada ke materi. 
  3. Hindari sistem kebut malam, gantilah dengan sistem yang efektif
    Sistem ini sering digunakan oleh para pelajar masa kini. Mereka beranggapan bahwa belajar pada malam hari mengurangi resiko "lupa" pada saat mengerjakan soal keesokan harinya. Padahal, hal ini dapat berakibat fatal. Karena, belum tentu semua materi pelajaran dapat dipelajari pada malam tersebut. Sehingga mereka akan belajar sampai larut malam demi menyelesaikan materi tersebut. Akibatnya, pada keesokan harinya, otak masih lelah karena kurang tidur. Sehingga, otak bekerja kurang maksimal saat mengerjakan soal. Nah, sebaiknya gantilah sistem tersebut dengan sistem yang lebih efektif. Contohnya, belajarlah jauh-jauh hari walaupun besok tidak ada ujian. Belajarlah sedikit demi sedikit tetapi rutin, cara ini jauh lebih efektif. 
  4. Makanlah makan-makanan yang bergizi
    Tetaplah jaga pola makan anda. Makanlah secara teratur dengan pola yang seimbang. Hindari makan berlebihan yang akan menimbulkan kantuk. Hal ini disebabkan karena energi lebih banyak digunakan untuk mencerna makanan daripada ke otak. Maka, makanlah dengan seimbang dan jangan lupa atur pola makan sahabat.
  5. Berolahragalah secara teratur dan banyak minum air putih
    Olahraga teratur dan banyak minum air putih dapat menyegarkan otak. Seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya, bahwa manfaat air putih bagi kesehatan sangat banyak, termasuk bagi otak kita. Olahraga teratur dan  banyak minum air putih dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat mensuply oksigen ke otak secara maksimal.

    Demikian beberapa tips belajar efektif dari kami, silakan dicoba. Semoga bermanfaat. Jika sahabat ingin menambahkan, silakan menambahkan pada kolom comment. 



Cara Belajar Efektif
  1. jeki samudra8 Juli 2014 17.12

    Saya mempunyai cita2 yg sangat banyak.jadinya sy bingung mau belajar yg mana ?
    Gimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cita-cita adalah suatu impian... kalau Jeki memiliki cita-cita banyak, kenapa tidak mencoba untuk meraih semua impian Jeki? seiring waktu, nanti Jeki akan menemukan mana cita-cita Jeki yang sejati ;) pokoknya, usahakan untuk terus belajar untuk meraih semua impian kita....

      Hapus