Cara Membersihkan Sayur dan Buah Agar Bebas Dari Pestisida


Kali ini saya akan berbagi tips buat sahabat yang suka banget dengan sayuran dan buah alias vegetarian. Bagi sahabat yang setiap hari tidak mele watkan untuk makan sayur atau buah, tentunya harus memperhatikan kebersihan dari sayur dan buah yang akan dikonsumsi. Dalam proses penanamannya, sayur dan buah sering disemprot dengan pestisida supaya bebas dari hama dan mempunyai tampilan yang segar.
buah-sayur-bebas-pestisida

Agar sayur dan buah yang kita konsumsi terhindar dari pestisida, berikut saya berikan tips cara membesihkan sayur dan buah dari pestisida:
1. Sayur dan buah dicuci dengan air mengalir - Sayur dan buah yang akan kita konsumsi setidaknya harus dicuci dengan air mengalir. Jangan dicuci dengan air rendaman atau dengan cara direndam karena akan berakibat pada racun yang telah melarut akan menempel kembali pada sayur dan buah. Cucilah dalam air mengalir bagian-bagian sayuran dan buah secara detail terutama bagian lipatan kubis, tangkai bayam, dan berondolan pada bunga kol, brokoli. Mencuci sayur dan buah dalam air yang mengalir akan menghilangkan sekitar 25%-75% residu pestisida yang terdapat dalam sayur dan buah tetapi tergantung juga pada jenis pestisidanya. Namun pencucian dalam air mengalir ini tidaklah cukup karena terdapat pestisida jenis sistemik yang masuk melalui tanah, air dan udara kemudian menyebar ke seluruh bagian dari tanaman dan mengendap dan tidak dapat hilang hanya dengan pencucian saja. Khusus untuk cara mencuci sayur brokoli, sahabat bisa membaca cara mencuci brokoli.
2. Sayur dan Buah dicuci dengan sabun khusus - Sering kita temui buah dan sayur yang pada kulitnya terlihat ada lapisan putih. Lapisan itu yang sering disebut dengan lapisan lilin/paraffin. Lapisan ini sejenis minyak yang menempel pada buah dan sayur yang menyerap partikel pestisida. Kegunaan lapisan pada buah dan sayur itu sendiri sebenarnya adalah untuk mengurangi penguapan jadi buah dan sayur tidak mudah keriput. Jadi tidak perlu takut ya sahabat jika kita membeli buah dan sayur yang tampak mengkilat, karena lapisan tersebut  adalah paraffin, dimana lapisan itu bisa hilang setelah dicuci dengan sabun. Yang perlu diperhatikan adalah membilas dengan baik sehingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal.
3. Buah dikupas kulitnya - Cara ini paling ampuh dan efektif menurunkan kadar racun pestisida. Kupaslah kulit buah atau sayur dengan pisau dan jangan digigit menggunakan gigi.
Sayur  dibuang lapisan terluarnya. Sayur yang berlapis seperti kubis, kol, sawi, dan selada harus dibuang bagian terluarnya karena bagian luar ini yang banyak terpapar oleh pestisida. Kemudian bagian dalamnya juga harus tetap di cuci.
4Sayur dan buah direndam dengan air panas - Pestisida akan terurai dan lepas dalam suhu yang panas, jadi merendam sayur dan buah dalam air panas sangat efektif menurunkan residu pestisida sebesar 40%-95%. Tetapi dengan cara ini ada kelemahannya yaitu sayur dan buah akan layu dan mungkin juga ada kandungan vitamin dalam sayur dan buah akan menurun.
5. Sayur dan buah direbus - Cara ini paling ampuh dalam menurunkan kadar residu pestisida dalam buah dan sayur, termasuk jenis pestisida sistemik. Tetapi ada zat potensial seperti vitamin yang akan rusak jika sayur dan buah direbus terlalu lama.

Bagi sahabat yang gemar mengkonsumsi sayur dan buah, Semoga apa yang saya tulis pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sahabat info dan tips. Di jaman sekarang ini sangat susah sekali mencari sayuran dan buah organik, kecuali jika kita mau menanam sendiri dan kita rawat tanpa pestisida. 



Cara Membersihkan Sayur dan Buah Agar Bebas Dari Pestisida