Cara mendisable dan menghentikan windows update


Biasanya  pada komputer yang di install windows tidak original maka dalam komputernya akan keluar peringatan “windows not genuine” hal ini terjadi karena ada proses update dari produsen sistim operasi windows yang dipakai. Selain itu, ketika sahabat akan mematikan komputer, kemudian ada proses update windows pada komputer sahabat, maka sahabat harus menunggu waktu lumayan lama untuk mematikan komputer sahabat.

windows-otomatis-update
Selain memperlambat proses ketika sahabat mematikan koputer, windows update juga akan memakan kuota internet sahabat. Karena pada waktu proses update, komputer sahabat mengambil data dari server sehingga terjadi proses download. File yang diambil bisa berukuran kecil sampai besar, sehingga untuk menjaga supaya kuota internet sahabat tidak tergerus oleh update windows, maka sahabat harus mendisable dan menghentikan layanan update windows otomatis atau windows automatic update.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara untuk menonaktifkan windows update pada komputer atau laptop sahabat yang menggunakan Windows 7. Untuk mendisable dan menonaktifkan windows update pada windows xp dan windows 8, cara yang digunakan hampir sama.

Langkah-langkah menghentikan automatic update pada windows 7 adalah sebagai berikut:
1. Buka windows – klik kanan pada computer – klik manage

cara-menghentikan-windows-update

2. Pilih services and applications – klik services
stop-windows-update


3. Cari Windows update – klik kanan windows update – pilih pada startup type “disable” – service status: stoped (caranya klik pada stop kemudian tunggu hingga proses selesai) – kemudia klik ok. 
disable-windows-update

Setelah selesai, maka layanan windows update sudah tidak berjalan. semoga tips yang saya bagikan bermanfaat bagi sahabat info dan tips.

Cara mendisable dan menghentikan windows update
  1. kalau menghentikan installing yang sedang berjalan bagaimana caranya min?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Installing adalah salah satu proses program yang berjalan, sehingga untuk menghentikannya tinggal masuk task manager dengan cara tekan tiga tombol ctrl+alt+del secara bersamaan, kemudian cari program yang berjalan dan pilih end task. semoga membantu...

      Hapus
    2. Ctrl alt del tidak mau napa ya

      Hapus
    3. Lakukan secara terus menerus dan cepat menekan tombol ctrl+alt+del gan @gabe... sampai muncul task manager. Kadang kalàu hanya 1x tidak muncul task managernya. Semoga membantu...

      Hapus
  2. gan saya mau minta solusi.laptop saya window7. kbetulan update instal sndiri.tidak sengaja saya klik pas mau sutdown laptop.dan instalnya ga maju maju alias loding.saya harus bagaimna y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mbk nelia... jujur saya belum pernah mengalami hal seperti itu. Tetapi seharusnya setelah laptopnya di restart udah normal kembali. Jika sudah di restart belum bisa masuk windows, coba masuk safe mode... untuk caranya berbeda-beda tiap laptop. Semisal tetap tidak bisa maka perbaiki dengan master win 7. Semoga membantu mbk @nelia..

      Hapus
  3. Makasih banyak, sangat sangat sangat membantuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih juga kunjungannya @hellokitty :)

      Hapus