Cara Mudah Mengatasi Laptop / Notebook Tidak Mendeteksi Sinyal Wifi

Banyaknya tempat yang menyediakan layanan hotspot internet membuat saya sering membawa laptop dan juga smartphone bila bepergian ketempat yang menyediakan akses wifi (khususnya yang gratisan) hehehe… Café, Kampus, Ruang tunggu, dan masih banyak tempat umum lainnya yang menyediakan koneksi internet gratis dengan memanfaatkan sinyal wifi.

Selain kecepatan internet yang kencang dan stabil, biasanya di tempat yang menyediakan hotspot internet juga menyediakan fasilitas lain (tergantung dari layanan masing-masing tempat), sehingga sahabat jadi betah untuk menjelajah dunia maya. Semisal saja di cafe, maka tentu saja sambil internetan sahabat bisa sambil minum kopi dan memesan makanan lainnya yang disediakan oleh café tersebut.

Beberapa kali saya mengalami laptop saya tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi internet, sehingga dari pengalaman tersebut saya akan membagikan pengalaman saya mengenai cara mengatasi laptop tidak mendeteksi sinyal wifi. Meski kasusnya sama, tetapi cara penanganannya bisa berbeda-beda karena penyebabnya juga berbeda-beda. berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika laptop sahabat tidak mendeteksi sinyal wifi.

# Pastikan Wifi Laptop dalam keadaan ON (Hidup)
Untuk menghidupkan wifi laptop adalah dengan cara menekan tombol dan juga saklar wifi yang terletak di laptop sahabat. Ada juga beberapa merk laptop yang untuk menghidupkan wifi dengan cara menekan tombol keyboard atau juga kombinasi tombol keyboard. Sebagai contoh pada netbook asus saya dengan kombinasi tombol FN + F2.

Bisa juga dengan cara tekan tombol Windows + X pada keyboard sahabat, kemudian sahabat akan mengetahui apakah wifi pada laptop sahabat ON atau OFF. Untuk mengaktifkannya adalah dengan cara tekan tombol Turn Wireless on.

# Pastikan Wifi Laptop dalam keadaan Aktif (Enabled)
Untuk mengetahui bahwa wifi sudah aktif atau belum, cara yang paling mudah adalah dengan cara berikut:
Masuk Control Panel, caranya adalah dengan tekan tombol windows (bisa layar komputer dan juga keyboard) kemudian pilih Control Panel, selanjutnya pilih Network and Internet.
Pilih Network  and Sharing Center, selanjutnya pilih Change adapter settings, kemudian lihat pada Wireless Network Connection. Semisal keterangannya adalah disabled, maka untuk menghidupkannya adalah klik (kanan) pada gambar (icon) wireless network connection, selanjutnya klik (kiri) Enable. Tunggu beberapa saat, maka keterangan disabled akan berubah menjadi enabled. Bila ada keterangan enabled berarti Wifi laptop sahabat dalam keadaan ON (Hidup).
Bila keterangan pada laptop sahabat adalah enabled, maka sahabat bisa merestart wifi sahabat dengan cara menonaktifkan (mendisabled) wifi sahabat, kemudian mengaktifkannya (enabled) lagi dengan cara yang sama seperti cara di atas.

# Pastikan sinyal Hotspot menjangkau di Laptop
Bila wifi laptop sahabat dalam keadaan ON dan sinyal hotspot terjangkau dengan tempat laptop sahabat, maka normalnya laptop sahabat akan mendeteksi sinyal wifi tersebut. untuk memastikan bahwa ditempat tersebut terdapat sinyal wifi, maka sahabat bisa mencoba mengaktifkan wifi pada smartphone sahabat, selanjutnya cek apakah terdapat sinyal wifi yang terjangkau atau tidak. Bila smartphone dan laptop sahabat tidak mendeteksi sinyal wifi maka kemungkinan besar tidak ada sinyal wifi yang terjangkau tersebut. 

Kemungkinan lainnya adalah terdapat sinyal wifi, tetapi disembunyikan oleh admin (pengelola hotspot). Jadi untuk terhubung dengan sinyal wifi tersebut diperlukan username dan password yang dibuat secara manual. Untuk membuatnya adalah dengan cara menghubungi admin pengelola.

# Uninstall dan Install Driver wireless (wifi)
Hal ini dilakukan untuk menginstall kembali driver yang terpasang di laptop sahabat. Tenang saja, setelah di uninstall, maka otomatis akan terinstall kembali. Berikut adalah cara untuk uninstall dan install wifi di laptop. 

Untuk melakukan uninstall driver wifi yang pertama adalah masuk ke Device Manager. Caranya adalah dengan cara tekan di keyboard Windows + R selanjutnya ketik devmgmt.msc
Kemudian dobel klik (kiri) pada Network Adapters, kemudian klik (kanan) pada wireless network adapter, selanjutnya klik (kiri) pada uninstall. Kemudian akan muncul peringatan, klik (kiri) OK. Restart laptop sahabat, dan driver akan terinstall otomatis.
# Cek trouble shooting wifi (wireless) laptop
Cara trouble shooting wifi di windows cukup mudah untuk melakukannya. Yang pertama adalah masuk ke control panel, kemudian pilih Network and Internet.

Langkah selanjutnya adalah pilih Network and Sharing Center, kemudian pilih troubleshoot problem, kemudian pilih network adapter, kemudian klik Next dan ikuti langkah-langkahnya sampai windows selesai melakukan perbaikan secara otomatis. Selanjutnya restart laptop dan cek koneksi wifi sahabat.

# Bersihkan sampah komputer dan membersihkan registry dengan CCLEANER
Kalau dengan cara-cara yang telah saya sampaikan di atas tetap tidak mampu membuat laptop sahabat mendeteksi sinyal sahabat, maka membersihkan sampah dan membersihkan registry sampah pada komputer adalah salah satu cara yang cukup ampuh agar laptop mendeteksi sinyal wifi. Caranya sahabat bisa membaca tulisan saya software meningkatkan performa komputer dan membersihkan sampah komputer. Setelah selesai, restart komputer sahabat dan coba laptop sahabat hubungkan dengan wifi laptop.

Bila cara-cara di atas tetap tidak bisa mengatasi laptop sahabat untuk mendeteksi sinyal wifi, maka langkah terakhir adalah install ulang komputer sahabat. Bila setelah install ulang tetap tidak bisa berfungsi dengan norma, kemungkinan besar perangkat keras (hardware) wifi laptop sahabat yang rusak. Semoga membantu dan bermanfaat…
Cara Mudah Mengatasi Laptop / Notebook Tidak Mendeteksi Sinyal Wifi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

0 comments:

Posting Komentar