Internet Sekitar Kita

Operator Internet Seluler Harus Tanggap! Internet Unlimited Sudah Menjamur Di Desa

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Internet
Sekitar Kita
Operator Internet Seluler Harus Tanggap! Internet Unlimited Sudah Menjamur Di Desa
Meski pengguna internet di Indonesia terus semakin bertambah, akan tetapi hal tersebut tidak akan menjamin kenaikan pesat penggunaan data internet seluler di Indonesia yang terkenal murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Bayangkan hanya dengan Rp 1.000 atau bahkan kurang, sahabat sudah bisa menikmati akses internet seluler menggunakan smartphone yang sahabat genggam.

Meski demikian, dengan harga yang murah akan tetapi tidak diimbangi dengan jumlah kuota internet yang besar bisa membuat pelanggan internet seluler akan kecewa dan berteriak “Harga Internet Seluler Sangat Mahal”. Dengan kondisi yang seperti itu membuat masyarakat berpikir untuk mendapatkan layanan internet unlimited dengan harga yang terjangkau.

Meski IndiHome dan beberapa provider internet besar sudah masuk ke beberapa wilayah pedesaan, akan tetapi biaya administrasi pemasangan layanan dan biaya bulanan dari provider tersebut bisa saya katakan kurang terjangkau dan pas untuk sebagian besar masyarakat di pedesaan. Sebagai contoh IndiHome menawarkan paket internet 30 Mbps dengan harga Rp 280.000 per bulan.
internet-kabel-masuk-desa
Meski kencang (30 Mbps), akan tetapi dengan harga Rp 280.000 (belum termasuk pajak) akan membuat masyarakat enggan atau ragu untuk menggunakan jasa layanan tersebut. Memanfaatkan situasi tersebut, muncullah berbagai provider internet lokal yang menawarkan paket internet unlimited dengan gratis biaya pemasangan serta biaya bulanan yang terjangkau.

Kebetulan beberapa saudara saya yang berada di daerah Sukoharjo dan Klaten sudah berlangganan internet kabel dengan biaya bulanan Rp 150.000. Karena internetnya dipancarkan menggunakan Hotspot, maka layanan internet tersebut bisa dinikmati oleh satu keluarga atau bahkan ada yang sampai dua keluarga (tergantung jarak jangkauan sinyal WiFi).

Ketika saya cek kecepatan internet pada malam hari sekitar jam 22.30, hasilnya kecepatan upload dan download adalah hampir sama yaitu 6 Mbps. Sedangkan ketika saya cek kecepatannya di siang hari, saya dapatkan kecepatan internet  (Upload & Download) sekitar 4 – 5 Mbps. Hal tersebut relevan dengan janji provider yang menawarkan kecepatan internet 5 Mbps unlimited tanpa FUP.

Apabila dibandingkan antara provider internet lokal Rp 150.000 mendapatkan paket internet unlimited 5 Mbps (Rp 30.000/1Mbps) dengan provider IndiHome dengan Rp 300.000 mendapatkan paket internet unlimited 30 Mbps (Rp 10.000/1Mbps), maka sangat jelas bahwa IndiHome adalah juaranya apabila dilihat dari segi harga paket internet unlimited per 1Mbps.

Meski begitu kecepatan internet bukanlah faktor utama yang diperhatikan oleh sebagian besar pengguna internet kabel di pedesaan. Harga yang terjangkau merupakan faktor yang paling menentukan masyarakat di pedesaan untuk memilih dan menggunakan sebuah layanan provider internet kabel.

Mereka tidak akan menghitung kecepatan internet yang diberikan, akan tetapi dengan bisa mengakses beberapa aplikasi populer seperti YouTube, TikTok, dan Sosmed menggunakan jaringan internet WiFi secara unlimited sudah cukup memuaskan bagi mereka. Dengan menggunakan Smartphone, maka resolusi video yang digunakan juga tidak perlu terlalu tinggi.

Kebetulan di Rumah Kakak saya di Sukoharjo juga memasang jaringan internet kabel provider lokal dengan biaya bulanan Rp 150.000 dan digunakan oleh 3 orang + 1 perangkat TV Android. Berdasarkan pengamatan saya, penggunaan internetnya lancar dan semua anggota keluarga bisa menikmati layanan internet tersebut.

Dengan penggunaan internet kabel di rumah di wilayah pedesaan, maka otomatis penggunakan layanan data internet seluler akan berkurang secara drastis. Secara matematis internet unlimited dengan biaya Rp 150.000 untuk satu keluarga bisa dikatakan lebih hemat apabila dibandingkan dengan membeli paket internet seluler untuk kebutuhan satu bulan.

Apabila operator seluler tidak sadar dengan kondisi tersebut, maka jangan berharap banyak kepada pelanggan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli atau mengaktifkan paket internet seluler. Sebaiknya harga paket internet bisa lebih bersaing dan tidak membingungkan pelanggan agar tidak ditinggalkan kedepannya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar