Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Melalui JKN Mobile

Setelah sekitar 8 bulan saya berada di Pulau Jawa (sebelumnya di Merauke Papua), akhirnya beberapa minggu yang lalu saya merubah Faskes (Fasilitas kesehatan) BPJS Kesehatan saya. Hal tersebut saya lakukan agar nantinya ketika saya membutuhkan layanan kesehatan yang tercover BPJS Kesehatan, saya bisa memanfaatkan layanan tersebut.

Bagi sahabat yang berencana akan pindah lokasi atau akan menetap di daerah lain dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sebaiknya setelah sahabat berada di lokasi yang baru, sahabat segera mengurus pindah faskes BPJS Kesehatan. Tenang saja, untuk pindah layanan faskes BPJS bisa sahabat lakukan menggunakan aplikasi JKN Mobile dengan mudah.

Berikut adalah tutorial cara pindah BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi JKN Mobile:
  • Silakan sahabat buka aplikasi JKN Mobile, kemudian sahabat masuk menggunakan akun JKN Mobile sahabat yang sudah terdaftar.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman utama, silakan sahabat memilih [Menu Lainnya].
  • Pada halaman Menu Lainnya, silakan sahabat pilih [Perubahan Data Peserta].
  • Di halaman Perubahan Data Peserta, silakan sahabat rubah [Fasilitas Kesehatan Tingkat 1].
  • Silakan sahabat rubah data Faskes 1 yang meliputi Provinsi, Kabupaten, dan Faskes tujuan. Pilihlah juga apakah yang akan dirubah datanya satu keluarga atau hanya beberapa anggota keluarga saja. Apabila sudah selesai, silakan sahabat pilih tombol [Simpan].
  • Sahabat akan dibawa ke halaman Pilih Metode Verifikasi. Silakan sahabat pilih salah satu metode verifikasi untuk perubahan data. Saat ini ada dua metode yang bisa sahabat gunakan, yaitu melalui SMS ke nomor HP atau e-mail sahabat yang sudah terdaftar.
  • Apabila sahabat memilih menggunakan SMS untuk verifikasi, maka sahabat akan mendapatkan SMS kode OTP di nomor sahabat. Selanjutnya masukkan kode OTP tersebut di halaman Verifikasi OTP, kemudian silakan sahabat pilih tombol [Verifikasi].
  • Sahabat akan mendapatkan notifikasi bahwa Faskes BPJS sudah berhasil dirubah. Selanjutnya juga akan diinfokan bahwa perubahan tersebut akan berlaku awal bulan di bulan berikutnya. Jadi apabila saya merubah data di bulan Agustus, maka berlakunya faskes tersebut pada bulan September.

Catatan

Untuk bisa melakukan perubahan data Faskes BPJS minimal adalah sejak 3 bulan data terakhir dirubah. Jadi apabila saya melakukan perubahan data dibulan Agustus dan mulai berlaku di bulan September, maka waktu paling cepat bagi saya untuk bisa kembali merubah data faskes BPJS kesehatan adalah pada tanggal 1 Desember.

Untuk bisa merubah data Faskes BPJS menggunakan aplikasi JKN Mobile, maka untuk bisa melakukannya sahabat harus terlebih dahulu menginstal aplikasi JKN Mobile di HP yang sahabat gunakan. Sahabat bisa download aplikasi JKN Mobile melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS). Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Melalui JKN Mobile