Pengalaman Pertama Menggunakan Kartu Smartfren

Salah satu jenis kartu seluler yang belum pernah saya gunakan adalah kartu Smartfren. Alasan saya tidak menggunakannya adalah karena sebelumnya saya berada di Merauke (Papua) yang tidak ada sinyal Smartfren. Oleh karena hal tersebut, sebelumnya di blog ini saya belum pernah menulis mengenai Smartfren yang merupakan gabungan dari dua perusahaan seluler CDMA Smart dan Fren.
Karena saat ini saya berada di Pulau Jawa, maka beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk membeli kartu Smartfren agar bisa membuat konten artikel mengenai provider tersebut. Untuk memulainya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman pertama saya menggunakan kartu Smartfren.

Beli Kartu Perdana

Untuk mendapatkan kartu perdana Smartfren tidaklah sulit. Sahabat bisa membelinya di konter atau toko di dekat rumah sahabat yang menjual kartu perdana. Kebetulan saya membeli kartu perdana Smartfren di toko adik saya yang berada di Klaten. Harga kartu perdana Smartfren juga sangat murah, kebetulan saya membeli kartu perdana smartfren SUPER KUOTA dengan harga Rp 10.000.

Perdana Super Kuota SmartFren

Meski isi pulsanya 0 (Nol), akan tetapi ada banyak bonus kuota yang saya dapatkan setelah membeli perdana super kuota Smartfren. Setelah kartunya saya aktifkan dengan cara SMS ke nomor 4444 dengan format NIK#Nomor KK# selanjutnya saya mendapatkan bonus kuota seperti di bawah ini yang memiliki masa aktif 10 hari.
  • Kuota internet utama 2GB yang bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja full 24 Jam.
  • Kuota Chat 1GB yang bisa digunakan untuk akses aplikasi WhatsApp & Line full 24 Jam.
  • Kuota Midnight 14GB yang bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja pada jam 00.000 – 06.00.
  • Kuota 5GB yang diberikan selama 5 hari (per hari 1GB) untuk akses aplikasi TikTok, Netflix, ZOOM, Chat, dan YouTube.
  • Bonus bicara sesama smartfren VoLTE sepuasnya.

Untuk memantau jumlah kuota dan masa aktif nomor Smartfren secara detail, maka sahabat bisa memantaunya melalui aplikasi MySmartfren yang bisa sahabat dapatkan secara gratis di Google Play Store bagi sahabat pengguna Android, dan bagi sahabat pengguna iOS, maka sahabat bisa mendownloadnya melalui App Store.

Kualitas Sinyal

Ketika kartu Smartfren saya pasang di HP Xiaomi Mi Max, ternyata sinyal yang didukung oleh provider tersebut hanya 4G. Kebetulan HP saya tersebut yang support jaringan 4G hanya sim card yang dipilih untuk diaktifkan data internetnya, sehingga apabila kartu Smartfren tidak saya pilih untuk penggunaan data maka sinyal akan hilang.

Ketika saya gunakan di luar ruangan rumah maka saya mendapatkan sinyal yang bagus dan kuat, akan tetapi ketika penggunaannya di dalam Gedung maka sinyal yang saya dapatkan bisa dikatakan sangat lemah dan kadang hilang. Entah apakah karena ruangan saya yang sulit sinyal atau memang karena kualitas sinyal yang kurang baik.

Kecepatan Internet

Ketika saya mendapatkan sinyal yang bagus dan kuat maka untuk akses internet juga terasa lancar, akan tetapi saya belum pernah melakukan percobaan untuk download, sehingga secara angka saya belum bisa memastikan berapa kecepatan maksimal yang saya dapatkan. Yang jelas, asal bisa digunakan untuk mengakses kebutuhan internet dengan lancar, maka saya sudah cukup puas.

Mungkin saat ini yang bisa saya sampaikan mengenai kartu smartfren hanya pengalaman dan kesan saya secara subjektif yang sudah saya sampaikan di atas. Untuk informasi lainnya mengenai berita, program, promo, dan tips terbaru mengenai kartu smartfren akan saya update di blog ini pada label [Smartfren]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Pertama Menggunakan Kartu Smartfren