Beranda
Catatan Saya
Komputer
Sekitar Kita
Akhirnya Laptop Saya Berhasil Upgrade ke Windows 11
Setelah awal bulan lalu (Oktober 2021) laptop saya mendapatkan notifikasi berupa informasi bahwa Laptop saya Lenovo Ideapad C340 memenuhi persyaratan minimum untuk Windows 11, akhirnya bulan ini (November 2021), saya kembali mendapatkan berita yang lebih bagus yang berisi “Upgrade to Windows 11 is ready – and it’s free”.

Maksud dari informasi tersebut adalah bahwa Laptop Lenovo Ideapad C340 saya sudah bisa di-upgrade ke Windows 11 (gratis tanpa biaya). Sebelumnya OS (Operating System) bawaan pada laptop saya adalah Windows 10 Home Edition. Tentu saja setelah upgrade Windows 11 tersedia, maka saya langsung mencoba untuk download dan install OS tersebut.

Bagi sahabat yang belum melakukan upgrade Windows 11, kemudian sahabat berencana untuk melakukan upgrade OS secara langsung, maka yang perlu sahabat perlukan adalah koneksi internet yang kencang dan stabil. Meskipun tidak tertera besarnya file yang akan didownload untuk keperluan upgrade, akan tetapi bisa saya katakan bahwa ukuran filenya cukup besar.

Kalau berdasarkan perkirakan saya, besarnya ukuran file untuk upgrade Windows 11 adalah sekitar 3GB sampai dengan 4GB (Gigabyte). Hal tersebut saya ketahui setelah kuota internet Telkomsel yang saya miliki berkurang sekitar angka tersebut. Jadi agar prosesnya berjalan lancar, maka saya sarankan sahabat memiliki kuota internet minimal 5GB untuk proses upgrade Windows 10 ke Windows 11.

Seingat saya proses download hingga install Windows 11 di laptop saya membutuhkan total waktu sekitar 2 jam. Terlihat cukup lama ya? Meski demikian sahabat tidak perlu khawatir, karena setelah sahabat memulai proses upgrade dengan menekan tombol [Download and Install], sahabat bisa tinggalkan laptop atau komputer tersebut karena prosesnya akan berjalan sendiri dan selesai sendiri.

Kalau menurut saya pribadi tampilan Windows 11 tidak begitu banyak berubah apabila dibandingkan dengan Windows 10. Memang sih ada beberapa perbedaan mengenai tata letak, symbol, dan tampilan, akan tetapi apabila sahabat sudah terbiasa menggunakan Windows 10, maka sahabat juga tidak akan terlalu mengalami kesulitan untuk menggunakan Windows 11.

Yang cukup menarik dari Windows 11 adalah interface dari OS tersebut bisa digunakan dengan mudah ketika perangkat berada dalam posisi mode Desktop dan juga ketika perangkat diposisikan seperti Tablet. Tampilannya tidak berubah dan saya sendiri sangat nyaman ketika memposisikan laptop saya pada kedua mode tersebut.

Jadi menurut saya tampilan dari Windows 11 memang dirancang agar bisa digunakan dengan mudah pada perangkat desktop dan tablet. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan Windows 10, dimana dalam OS tersebut terdapat dua mode yaitu desktop dan tablet yang bisa sahabat pilih sesuai dengan kebutuhan sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

6 komentar

  1. IT Staff
    IT Staff
    16 Juli, 2023
    Boleh tahu bagaimana rasanya setelah upgrade ke Windows 11? Apakah laptop terasa lebih berat?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 Juli, 2023
      Saya update sudah sekitar 2 tahun yang lalu Kak. Seingat saya, baik menggunakan Windows 10 atau Windows 11 keduanya sama saja (ringan). Setidaknya di Laptop yang saya gunakan ini tidak ada perubahan performa yg signifikan.
  2. Uhsipa
    Uhsipa
    31 Mei, 2023
    Saya suka membaca tulisan anda tentang tekno, provider prabayar, internet dan komputer. Kebanyakan tulisan anda berdasarkan pengalaman pribadi.
    Saya pengguna lenovo upgradeable thinkpad T430. OS windows 10. Dan sampai sekarang tidak ada niat untuk ganti yg kompatibel dengan windows 11. Karna perjuangan yg berat mendapatkan laptop tersebut serta kenyamanannya dipakai dalam bekerja.
    Batere masih ori dan tahan 6jam lebih buat kerja plus musik.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 Juni, 2023
      Terima kasih Kak atas perhatiannya 🙂

      Jujur saja, saya juga typical orang yang tidak mudah untuk gonta-ganti gadget Kak. Kalau Kakak pakai ThinkPad T430 sudah nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan untuk kerja, kenapa harus ganti? Apalagi Laptop tersebut ada nilai historinya, jadi saya sepakat dengan Kakak ketika saat ini belum berniat ganti Laptop tersebut 👍
  3. Afret Nobel
    Afret Nobel
    09 Juli, 2022
    Info yang sangat bermanfaat. terimakasih telah berbagi.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 Juli, 2022
      Sama-sama Kak. Terima kasih atas kunjungannya 🙂