Daftar Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Menggunakan Kuota Kemdikbud

Bagi sahabat pelaku pendidikan seperti pengajar (Guru & Dosen), mahasiswa, dan peserta didik jenjang PAUD, Pendidikan Dasar, serta Menengah yang mendapatkan kuota internet kemdikbud bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tentunya sahabat harus mengetahui bahwa tidak semua aplikasi bisa diakses dengan kuota tersebut.

Kuota internet kemdikbud berbeda dengan kuota internet utama (reguler) yang bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet. Karena tujuan diberikan kuota tersebut adalah untuk membantu pengajar dan peserta didik dalam pembelajaran, maka ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diakses menggunakan kuota internet kemdikbud.
Kuota internet Kemdikbud bisa sahabat gunakan untuk mengakses berbagai aplikasi apa saja, kecuali beberapa aplikasi dan alamat website Media sosial, Video streaming, dan Game yang saya sebutkan di bawah ini:

Website & Aplikasi Media Sosial

Sahabat tidak bisa mengakses website dan aplikasi media sosial menggunakan kuota internet kemdikbud seperti Facebook, Instagram, Twitter, Bigo Live, Snapchat, Pinterest, Tinder, Tumblr, Periscope, Vive, SnackVideo, Badoo, VKontakte, dan YY.

Aplikasi Video

Kuota internet kemdikbud juga tidak bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi penyedia Video streaming seperti Dailymotion, JWPlayer, Likee, Netflix, QQVideo, TikTok, TVUnetworks, dan VIU.

Aplikasi Game

Beberapa jenis aplikasi Game online yang tidak bisa sahabat akses menggunakan kuota internet kemdikbud adalah 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of King, Clash Royale, Crisis Action, FIFA Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Mobile Legends, PUBG, Roblox, Steam, dan Lords Mobile: Battle of the Empires.

Bagaimana cara agar tetap bisa mengakses situs dan aplikasi di atas dengan menggunakan kuota kemdikbud? Eits… sesuai dengan fungsinya bahwa kuota kemdikbud berfungsi untuk membantu pelaku pendidikan untuk melakukan pembelajaran tatap maya atau belajar mandiri dengan berbantu media internet.

Sehingga untuk bisa mengakses aplikasi dan website sosial media, video, dan game, maka sahabat harus memiliki kuota internet lainnya yaitu kuota internet utama atau kuota internet tambahan seperti kuota game, kuota video, dan juga kuota medsos. Dengan demikian, sahabat tetap bisa belajar dan mengakses hiburan yang sahabat suka. Semoga membantu dan bermanfaat.

Daftar Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka Menggunakan Kuota Kemdikbud
  1. Bisa Digunakan Buat Apa Saja Kuota Conference ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota conference dari kartu apa Kak? Kalau kuota conference Telkomsel saat ini bisa digunakan untuk akses Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, CloudX, dan beberapa aplikasi yang tergabung dalam Conference Telkomsel.

      Hapus