Beranda
Sekitar Kita
Telkomsel
Perbedaan Kuota Internet dan Kuota Multimedia Telkomsel
Ada dua jenis kuota yang ditampilkan di Aplikasi MyTelkomsel yaitu kuota Internet dan kuota multimedia. Sama-sama bisa digunakan untuk mengakses internet, akan tetapi dari segi fungsi, kuota multimedia Telkomsel memiliki keterbatasan dibandingkan dengan kuota internet. dari segi harga, kuota multimedia Telkomsel bisa dibilang lebih murah dibandingkan kuota internet.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai perbedaan dari kedua jenis kuota tersebut, berikut akan saya sampaikan perbandingan antara kuota internet dan kuota multimedia dilihat dari fungsi dan macamnya.

Fungsi

Kuota Internet

Dilihat dari fungsi, kuota internet bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet. Jadi bisa dikatakan bahwa dengan memiliki kuota internet, maka semua aplikasi tersedia atau terpasang di smartphone yang sahabat gunakan dan yang membutuhkan akses internet bisa dijalankan semua dengan menggunakan kuota ini.

Kuota Multimedia

Berbeda dengan kuota internet, kuota multimedia Telkomsel memiliki fungsi yang lebih terbatas. Sahabat hanya bisa mengakses aplikasi khusus sesuai dengan jenis kuota multimedia yang sahabat miliki. Jadi jangan diasumsikan bahwa semua kuota multimedia Telkomsel memiliki fungsi yang sama ya…

Macam

Kuota Internet

Telkomsel memiliki beberapa kuota internet, yaitu sebagai berikut:
  • Kuota internet utama (reguler) – merupakan tingkat paling atas dari semua kuota internet yang dimiliki Telkomsel. Kuota ini bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet tanpa batasan waktu penggunaan dan bisa digunakan di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G, dan 5G) di seluruh wilayah Indonesia yang tercover sinyal Telkomsel.
  • Kuota internet lokal – memiliki karakteristik yang sama dengan kuota internet utama. Yang membedakan antara keduanya adalah kuota internet lokal hanya bisa digunakan di daerah atau lokasi tempat mengaktifkan paket.
  • Kuota internet 4G – juga memiliki karakteristik yang sama dengan kuota internet utama, akan tetapi sesuai dengan namanya (4G), maka kuota ini hanya bisa sahabat gunakan di jaringan internet 4G saja. Jadi kuota tersebut tidak bisa sahabat gunakan pada jaringan 2G, 3G, dan 5G.
  • Kuota internet malam (Midnight) – sesuai dengan namanya bahwa kuota Midnigh Telkomsel hanya bisa sahabat gunakan pada jam-jam tertentu yaitu dari pukul 00.00 – 07.00.

Kuota Multimedia

Telkomsel memiliki beberapa macam kuota multimedia. Pastinya setiap kuota tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, perhatikan terlebih dahulu jenis kuota multimedia yang sahabat miliki sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa jenis kuota multimedia:
  • Kuota Nonton – bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti WhatsApp, LINE, TikTok, MAXstream, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, YouTube, Disney+, Viu, Lionsgate Play, Amazon Prime Video, dan Vidio.
  • Kuota OMG – bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti YouTube, Facebook, Instagram, MAXstream, Viu, Iflix, Klik Film, beIN Sports, dan Nickelodeon.
  • Kuota Sosmed – bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesAMX, Facebook, dan Instagram.
  • Kuota Chat – bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, dan GamesMAX.
  • Kuota MAXstream – bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi MAXstream, TikTok, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, Genflix, HBO GO, Iflix, RCTI+, MOLA, Vision+, Sushiroll, Vidio, dan Viu.
  • MusicMAX – kuotanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti LangitMusik, Spotify, Joox, WeSing, Resso, dan Smule.

Masih ada beberapa kuota multimedia Telkomsel yang belum saya sebutkan. Meski demikian, setidaknya dengan gambaran mengenai kuota internet dan kuota multimedia yang sudah saya sampaikan di atas, saya harapkan sahabat sudah bisa membedakan fungsi dan jenis kuota internet dan kuota multimedia. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

18 komentar

  1. Nety
    Nety
    26 Oktober, 2022
    Bertahun tahun quota multi saya tidak pernah terpakai...saya biasa beli yg ada 15GB multimedia nya. Sudah pake ntn viu juga, tiktok,Spotify..tetep saja gak kepotong. Yg habis malah quota internet biasaπŸ˜₯
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Oktober, 2022
      Sayang sekali ya Kak...

      Kalau boleh tahu, nama paket yang Kak Nety beli Paket apa ya? Saya mau coba bantu, harapannya adalah kuotanya nanti bisa terpakai Kak πŸ™‚
  2. Unknown
    Unknown
    09 April, 2022
    JazaakiLlahu khairan Ka..
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 April, 2022
      Wajazakallahu khairan πŸ™‚
  3. Budiarto
    Budiarto
    02 Maret, 2022
    Kak numpang tanya kalau paket multimedia habis apakah paket utamany a tersedot dari pulsa internet?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 Maret, 2022
      Maksud Kakak adalah apabila kuota multimedia habis, maka akan menggunakan kuota utama? Iya benar Kak.
    2. Rezky Dwi Setiawan
      Rezky Dwi Setiawan
      20 April, 2022
      Mungkin maksudnya kalo kuota multimedia habis,apa langsung menyedot pulsa jika menggunakan internet?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 April, 2022
      Kalau memiliki kuota internet reguler ataupun kuota internet lokal yang bisa digunakan maka yang akan berkurang terlebih dahulu adalah kuota internetnya.

      Apabila tidak memiliki, bisa dipastikan pulsanya akan kesedot.

      Meski demikian, tergantung juga dari kasusnya, karena prioritas penggunaan kuota berbeda-beda berdasarkan paket yg diaktifkan Kak.
  4. Unknown
    Unknown
    26 Februari, 2022
    Gimana cara mengunakan kuota multimedia
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 Februari, 2022
      Tidak ada cara khusus untuk menggunakannya Kak. Selama aplikasi yang Kakak akses tercover kuota multimedia yang Kakak miliki, maka otomatis kuota akan terpakai ketika Kakak mengakses aplikasi tersebut.
  5. Unknown
    Unknown
    29 Desember, 2021
    Kak kuota internet saya kalo habis,kuota multimedia saya koq gak bisa di pake,jadi tiap bulan kebuang sia-sia.Mohon bantuanya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Desember, 2021
      permasalahannya seperti itu, maka Kakak harus menghubungi CS Telkomsel untuk menyelesaikannya Kak.Sangat disayangkan apabila kuota multimedia tidak bisa digunakan. Jangan ragu untuk menghubungi CS Telkomsel ya Kak...
  6. Unknown
    Unknown
    24 November, 2021
    Apakah kuota multi media bisa akses internet seperti google ??
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 November, 2021
      Tergantung jenis kuotanya Kak. Kan ada banyak kuota multimedia, akan tetapi sepengetahuan saya kuota Multimedia hingga saat ini tidak ada yg bisa digunakan untuk akses Google (kecuali kuota belajar bisa digunakan untuk akses google meet dan clashroom) 😊
  7. Unknown
    Unknown
    15 November, 2021
    Bagaimana saya dapt menggunakan kuota multimedia unlimited??
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 November, 2021
      Kuota mutimedia unlimited akan otomatis terpakai tanpa melakukan setting atau pengaturan. Kalau biasanya dalam syarat dan ketentuan yang berlaku akan disebutkan apakah kuota akan terpakai setelah kuota utama habis atau juga akan terpakai bersamaan dengan penggunaan kuota utama Kak 😊

      Jadi intinya ga usah diapa-apakan Kak πŸ˜‚
  8. Unknown
    Unknown
    21 Oktober, 2021
    Kuota internet
    Dapat digunakan untuk semua akses
    Kuota internet juga merupakan induk dari kuota multi media
    Jadi kuota multi media merupakan bagian dari paket internet
    Dan paket internet dapat menggantikan menggantikan paket multi media
    Sedangkan paket multi media tidak bisa menggantikan semua fungsi internet
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Oktober, 2021
      Iya, benar Kak. Terima kasih atas tambahannya 😊