Cara Menonaktifkan Penerusan Panggilan Kartu Telkomsel

Call Forwarding (Bahasa Inggris) atau kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Penerusan Panggilan memungkinkan panggilan telepon yang masuk ke nomor sahabat akan diteruskan ke nomor lain. Layanan tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi sahabat yang membutuhkan layanan pengalihan panggilan ketika nomor sahabat mendapatkan panggilan telepon.

Meski demikian, banyak juga pengguna kartu telekomunikasi seluler yang tidak ingin menggunakan layanan Penerusan Panggilan tersebut. Khusus bagi sahabat pengguna kartu Telkomsel, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara untuk menonaktifkan penerusan panggilan / call forwarding kartu Telkomsel.

Ada dua cara yang bisa sahabat gunakan untuk menonaktifkan call forwarding pada kartu Telkomsel yang sahabat gunakan. Cara yang pertama adalah melalui kode dial UMB, dan yang kedua adalah melalui pengaturan di HP yang sahabat gunakan. Jadi nantinya sahabat bisa memilih salah satu cara dari yang saya sebutkan di bawah ini.

Kode Dial UMB

Ada beberapa jenis layanan Penerusan Panggilan, sehingga untuk menonaktifkan layanan tersebut juga terdapat beberapa cara. Berikut adalah lebih lengkapnya:
  • ##62# digunakan untuk menonaktifkan penerusan panggilan karena tidak mendapatkan jaringan atau ketika nomor tidak aktif.
  • ##67# digunakan untuk menonaktifkan penerusan panggilan yang panggilannya ditolak atau direject.
  • ##61# digunakan untuk menonaktifkan penerusan panggilan yang panggilannya tidak terangkat atau tidak terjawab.
  • ##21# digunakan untuk menonaktifkan semua penerusan panggilan yang masuk ke nomor.

Pengaturan HP

Setiap HP memiliki settingan untuk atur call forwarding atau penerusan panggilan. Pada dasarnya pengaturannya adalah sama, akan tetapi mungkin tata letak dan Bahasanya saja yang sedikit berbeda. Sebagai contoh, berikut akan saya sampaikan cara menonaktifkan penerusan panggilan kartu Telkomsel di HP Xiaomi (Mi MAX).
  • Buka pengaturan (settings) di HP yang sahabat gunakan, selanjutnya pilih menu [Aplikasi Sistem].
  • Selanjutnya pada halaman pengaturan Aplikasi Sistem, silakan sahabat pilih menu [Telepon].
  • Pada halaman pengaturan telepon, silakan sahabat pilih menu [Setelan Penerusan Panggilan].
  • Sahabat akan dibawa ke halaman Penerusan Panggilan. Silakan sahabat pilih salah satu nomor yang akan sahabat atur (penerusan panggilannya).
  • Kemudian langkah terakhir adalah pada halaman Setelan Penerusan Panggilan, silakan sahabat rubah menjadi “Mati”.

Sangat mudah kan? Dari dua cara menonaktifkan penerusan panggilan pada kartu Telkomsel yang sudah saya sampaikan di atas, sahabat bisa pilih cara mana yang ingin sahabat gunakan. Sebagai informasi bahwa sekarang banyak modus yang memanfaatkan fitur Call Forwarding untuk mencuri data OTP, sehingga saya sarankan fitur ini dinonaktifkan saja. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Menonaktifkan Penerusan Panggilan Kartu Telkomsel