Pengalaman Pertama Kali Mendapatkan Dividen Saham

Sebagai investor kecil saham yang baru belajar, saya cukup senang karena baru saja mendapatkan dividen dari salah satu perusahaan yang saya miliki sahamnya. Sejak pertama kali saya memiliki beberapa Lot saham, ini adalah pertama kalinya saya mendapatkan bagian atas keuntungan perusahaan. Kebetulan besarnya dividen yang saya peroleh tidaklah banyak, yaitu Rp 5.022.

Dividen tersebut saya peroleh setelah saya memiliki saham di ANTM (Aneka Tambang) sebanyak 3 Lot atau 300 Lembar. Adapun penghitungan dari dividen yang saya peroleh adalah jumlah saham yang saya miliki dikalikan dengan nominal pemberian keuntungan setiap lembarnya. Kebetulan pada pembagian dividen kali ini, per lembar sahamnya mendapatkan bagi hasil sebesar Rp 16,73994.

Karena saat ini saya memiliki 300 lembar saham ANTM, tentu saja dividen yang saya dapatkan adalah 300 lembar x Rp 16,73994 = Rp 5022. Sebagai informasi bahwa total investasi yang saya keluarkan untuk membeli 3 Lot saham ANTM adalah Rp 846.000. Jadi menurut saya tidak jelek-jelek amat ketika saya mendapatkan bagi hasil Rp 5022 setelah investasi Rp 846.000.

Saya mengetahui bahwa saya akan mendapatkan dividen dari Aneka Tambang (Persero)TBK setelah sebelumnya saya mendapatkan e-mail dari Ajaib Sekuritas sebelumnya. Dalam e-mail tersebut, diinformasikan bahwa berdasarkan rekam jejak investasi saham, saya berhak mendapatkan pembagian dividen dari emiten saham tersebut.
Info tersebut saya peroleh 7 hari menjelang pembagian dividen dari ANTM. Jadi saya mendapatkan e-mail pemberitahuan pada tanggal 29 April 2021 kemudian pada tanggal 5 Mei 2021 dividen tersebut sudah masuk ke RDN (Rekening Dana Nasabah) yang saya miliki. Uang yang masuk ke RDN saya adalah Rp 5021 dan hanya berkurang Rp 1 saja.
Saat ini saya masih memiliki beberapa Lot saham di BRIS (Bank Syariah Indonesia), ICBP (Indofood CBP Sukses Makmur Tbk), PWON (Pakuwon Jati Tbk), TLKM (Telkom Indonesia), dan PNLF (Panin Financial Tbk). Mengingat beberapa emiten tersebut cukup rajin membagikan dividen, tentu saja saya berharap akan mendapatkan dividen dari perusahaan tersebut di tahun ini.

Bagi sahabat yang ingin berinvestasi pada sektor reksa dana dan saham, maka sahabat bisa menggunakan aplikasi Ajaib yang bisa sahabat download gratis melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS). Tenang saja, pendaftarannya gratis dan sahabat bisa mencoba melihat dan mempelajarinya tanpa harus mengeluarkan uang.

Apabila sahabat ingin mendapatkan bonus ketika mendaftar pertama kali di aplikasi Ajaib, maka pada waktu proses mendaftar, sahabat bisa memasukkan kode referral atau rujukan saya yaitu evyn220. Bukan hanya sahabat yang akan mendapatkan bonus, akan tetapi saya sebagai pemberi informasi juga akan mendapatkan bonus. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Pertama Kali Mendapatkan Dividen Saham