Penyebab & Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error

Kemudahan dan tampilan yang sederhana menjadikan aplikasi MyTelkomsel sebagai salah satu aplikasi yang wajib terpasang di smartphone pengguna kartu Telkomsel. Meski demikian, seperti pepatah bahwa tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan aplikasi MyTelkomsel yang terkadang Error atau mengalami gangguan sehingga tidak bisa diakses penggunanya.
Kenapa My Telkomsel tidak bisa dibuka? Ada beberapa hal yang menyebabkan aplikasi MyTelkomsel tidak bisa dibuka atau sahabat akses. Ada 2 faktor yang menyebabkan aplikasi MyTelkomsel tidak bisa dibuka, yaitu karena masalah internal (HP yang sahabat gunakan) dan juga masalah eksternal (sinyal & server MyTelkomsel).

Internal

Apabila permasalahannya adalah dari smartphone yang sahabat gunakan, maka tentu saja cara untuk mengatasinya bisa sahabat lakukan sendiri. Sebagai contoh, sebenarnya layanan data internet pada smartphone yang sahabat miliki sudah diaktifkan, akan tetapi HP tetap saja tidak bisa digunakan untuk mengakses internet (termasuk membuka aplikasi MyTelkomsel).

Kalau sahabat mengalami hal seperti itu, maka hal yang perlu sahabat lakukan adalah dengan mereset (mematikan kemudian menghidupkan kembali) smartphone yang sahabat gunakan. Biasanya setelah sahabat melakukan hal tersebut, HP akan menjadi normal dan sahabat sudah bisa mengakses internet lagi termasuk aplikasi MyTelkomsel.

Permasalahan lainnya yang sering terjadi dan jarang disadari adalah aplikasi yang sahabat gunakan versinya sudah lawas (kadaluwarsa). Kalau permasalahannya seperti itu, maka solusinya adalah dengan cara sahabat memperbarui atau mengupdate aplikasi My Telkomsel yang terpasang di smartphone yang sahabat gunakan.

Agar sahabat selalu mendapatkan update atau pembaharuan dari aplikasi MyTelkomsel, maka saya sarankan agar sahabat menginstall aplikasi MyTelkomsel dari market aplikasi resmi yaitu di Google Play Store (bagi sahabat yang sistem operasinya Android) dan di App Store (bagi sahabat yang sistem operasinya nya adalah iOS).

Eksternal

Ketika jaringan internet Telkomsel sedang ada gangguan atau sedang ada perbaikan yang menyebabkan internet tidak bisa diakses oleh pelanggannya, maka hal yang perlu sahabat lakukan adalah berdoa dan sabar menunggu agar jaringan segera pulih dan normal kembali. Bagaimanpun juga penyelesaian permasalahan tersebut bukan wewenang sahabat sebagai pengguna.

Permasalahan lainnya yang bisa terjadi adalah permasalahan pada server yang digunakan oleh aplikasi MyTelkomsel. Ada kalanya bahwa server tersebut mengalami kerusakan atau error yang menyebabkan data pada aplikasi MyTelkomsel tidak bisa diakses oleh penggunanya. Solusinya adalah sahabat harus menunggu perbaikan hingga normal kembali.

Apabila sahabat sering memanfaatkan aplikasi MyTelkomsel untuk cek kuota internet, nelpon, dan SMS, maka ketika aplikasi tersebut gangguan, sahabat bisa melakukan pengecekan kuota dengan cara ketik pesan FLASH INFOV2 kemudian sahabat kirim ke 3636 menggunakan layanan SMS. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penyebab & Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error