Cara Mencopot Pembayaran Dompet Digital DANA di Lazada

Beberapa kali saya transaksi di Marketplace Lazada menggunakan Dompet Digital DANA yang saya miliki. Berbeda dengan proses pembayaran di marketplace lainnya, ketika saya melakukan pembayaran di Lazada menggunakan DANA, tidak ada fitur keamanan yaitu memasukkan PIN DANA atau kode OTP sebagai antisipasi tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut membuat saya kurang aman apabila tiba-tiba akun Lazada saya dibobol atau bisa jadi HP saya hilang. Meski saya selalu berusaha untuk menjaga keamanan setiap akun yang saya miliki (termasuk Lazada), akan tetapi menurut saya melakukan transaksi menggunakan PIN atau juga memasukkan kode OTP adalah salah satu langkah menjaga keamanan akun.

Oleh karena hal tersebut, saya akan mencopot akun DANA saya yang melekat di metode pembayaran pasar online Lazada. Cara melepas pembayaran dompet digital DANA di Lazada cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah menghapus akun DANA yang terhubung di Lazada:
  • Buka aplikasi DANA, kemudian silakan sahabat pilih menu [Me] atau [Saya].
  • Pada halaman My Account atau Akun Saya silakan sahabat pilih menu [Profile Settings] atau [Pengaturan Profil].
  • Langkah selanjutnya adalah silakan pilih menu [Linked Accounts] atau [Akun Terhubung].
  • Silakan sahabat hapus akun yang terhubung dengan pembayaran DANA dengan cara memilih tombol [Remove] atau [Hapus].
  • Masukkan PIN akun DANA sahabat. Selesai, sekarang pembayaran dari Lazada menggunakan dompet digital DANA menjadi lebih aman karena membutuhkan verifikasi di aplikasi DANA.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas bahwa selain Lazada, sahabat juga bisa mencopot pembayaran lainnya yang terhubung dengan DANA seperti BukaLapak, TIXid, Bima+ dan lain sebagainya. Kalau sahabat ingin mencopot metode pembayaran yang terhubung dengan DANA, sahabat tinggal menghapusnya.

Ingat, bahwa ketika sahabat menghapus akun yang terhubung, bukan berarti sahabat menghapus akun tersebut. Jadi sahabat hanya mencopot pembayaran otomatis menggunakan dompet digital DANA milik sahabat di akun merchant. Kalau menurut saya, demi keamanan maka akan lebih nyaman apabila tidak menghubungkan akun DANA ke banyak merchant (termasuk Lazada).

Kalau sahabat merasa yakin bahwa akun DANA yang sahabat miliki selalu aman, maka tidak ada salahnya apabila sahabat tetap menghubungkannya dengan beberpa merchant agar nantinya sahabat tidak perlu repot-repot untuk memasukkan data akun DANA (nomor HP) ketika sahabat melakukan pembayaran menggunakan DANA. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mencopot Pembayaran Dompet Digital DANA di Lazada