Kelebihan dan Kekurangan Kuota Ketengan Telkomsel

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang pengertian dan fungsi kuota ketengan telkomsel, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari kuota ketengan. Tentu saja harapan saya adalah setelah sahabat selesai membaca tulisan ini, sahabat bisa mengambil keputusan apakah perlu membeli paket ketengan telkomsel atau tidak.

Berbeda dengan kuota OMG Telkomsel yang kuotanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi sekaligus seperti Facebook, YouTube, Instagram, MAXstreme, HOOQ, VIU, Vidio, dan aplikasi hiburan lainnya, maka kuota ketengan telkomsel hanya bisa digunakan untuk mengakses satu aplikasi saja (apabila sahabat hanya membeli satu jenis saja).

Perlu sahabat ketahui bahwa ada 3 macam kuota ketengan yang ditawarkan oleh telkomsel yaitu ketengan facebook, ketengan instagram, dan ketengan YouTube. Jadi apabila sahabat membeli ketiga kuota tersebut, maka sahabat akan bisa mengakses ketiga aplikasi tersebut secara bersamaan dengan menggunakan kuota ketengan yang sahabat miliki.

Dengan beberapa pertimbangan yang sudah saya sampaikan di atas, maka berikut akan saya sampaikan kelebihan dan kekurangan dari kuota ketengan:

Kelebihan Kuota Ketengan

  • Banyak pilihan kuota dan harga yang ditawarkan (mulai Rp 2.500). Tentu saja harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kuota dan masa aktif yang akan sahabat dapatkan.
  • Kuota yang didapatkan bisa digunakan full 24 Jam (tanpa pembagian waktu) dan bisa digunakan disemua jaringan sperti 2G. 3G, dan 4G.
  • Kuota berpotensi tidak sia-sia (mubadzir) karena hanya ada 1 jenis kuota yang akan didapatkan. Saya yakin sahabat akan membeli kuota ketengan karena memang membutuhkannya.
  • Kuota ketengan bersifat nasional dan bukan merupakan kuota lokal, sehingga Kuota tersebut bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Kekurangan Kuota Ketengan

  • Harga yang ditawarkan antar daerah berbeda-beda, sehingga terkesan diskriminatif. Kalau dari iklan yang ditawarkan adalah harga mulai Rp 2.500, sedangkan ketika saya cek harga di Aplikasi MyTelkomsel, harga yang ditawarkan paling murah adalah Rp 5.500. Biasanya memang tarif Telkomsel di daerah Maluku dan Papua lebih mahal dibandingkan dengan daerah lainnya.
  • Apabila sahabat memiliki pulsa reguler dan hanya memiliki kuota ketengan, maka akan berpotensi pulsa reguler yang sahabat miliki akan tersedot dan habis. Hal tersebut terjadi karena kuota ketengan hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu saja. Sedangkan apabila sahabat ingin mengakses aplikasi lainnya dibutuhkan kuota lainnya.

Oleh karena itu, dengan melihat kelebihan dan kekurangan dari kuota ketengan yang sudah saya sampaikan, maka saya yakin bahwa sahabat sudah memiliki gambaran dan bisa menilai tentang kuota yang baru dikeluarkan oleh telkomsel tersebut. Yang jelas kebutuhan kuota internet setiap orang berbeda-beda.

Untuk menghindari kuota reguler (biasa) yang sahabat miliki akan habis tersedot ketika menggunakan kuota ketengan, maka saya sarankan agar sahabat juga memiliki kuota utama untuk mengakses aplikasi lainnya. Untuk membaca informasi dan tips lainnya mengenai program telkomsel, maka sahabat bisa melihatnya di Label [Telkomsel]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Kuota Ketengan Telkomsel