Akhirnya Bisa Dark Mode di Whatsapp, Begini Cara Mengaktifkannya!

Sebenarnya menurut saya untuk tampilan dark mode pada Aplikasi Whatsapp tidak terlalu istimewa banget. Tapi karena sebelumnya ada banyak pemberitaan di beberapa media nasional yang banyak membahas tentang fitur baru tersebut, akhirnya saya jadi ikut-ikutan penasaran. Kebetulan kemarin sebelum saya update aplikasi whatsapp melalui Google Play Store, ketika saya baca pada informasi updatenya, saya menemukan bahwa ada penambahan fitur baru yaitu “Dark Mode”

Sesuai dengan namanya, Dark mode pada aplikasi Whatsapp adalah fitur yang memberikan tampilan gelap (warna hitam) pada aplikasi Whatsapp. Jadi ketika sahabat mengaktifkan mode dark maka tampilan pada WA sahabat akan didominasi oleh warna Hitam atau gelap. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan mode gelap pada Whatsapp:
  • Buka aplikasi Whatsapp, kemudian pilih tanda titik 3 yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Settings yang posisinya berada di posisi paling bawah.
  • Pada halaman Settings, silakan sahabat pilih menu Chats (Theme, wallpapers, chat history)
  • Pilih Theme.
  • Kemudian silakan sahabat ganti (Choose theme) dengan Dark, selanjutnya pilih OK.
  • Silakan cek tampilan aplikasi Whatsapp yang sahabat miliki. Tampilannya akan berubah menjadi warna hitam (gelap).

Kemudian yang jadi pertanyaan adalah “Apakah fungsi dari dark mode di Whatsapp?” Jadi mode dark pada Whatsapp akan membuat konsumsi daya listrik menjadi lebih rendah (hemat). Hal tersebut bisa terjadi karena secara default layar pada HP ketika dalam keadaan mati adalah warna hitam, sehingga ketika sahabat mengaktifkan mode gelap atau dark pada whatsapp, maka daya yang dikonsumsi akan lebih sedikit dibandingkan dengan ketika menghidupkan warna cerah.

Selain hemat dalam konsumsi daya listri, mode gelap (dark) pada aplikasi Whatsapp juga lebih ramah dengan indera penglihatan yang kita miliki yaitu mata. Hal tersebut tentu saja karena pancaran sinar dari layar HP tidak terlalu terang dan silau. Bagi sahabat pengguna Android 9.0 kebawah, untuk mengaktifkan mode dark harus secara manual seperti yang sudah saya sampaikan di atas.

Sedangkan bagi sahabat pengguna Android 10 dan iOS 13, mode dark akan otomatis aktif ketika HP disetting pada mode gelap. Bagi sahabat pengguna Android atau iPhone, pastikan bahwa sahabat sudah update aplikasi Whatsapp terbaru melalui Google Play Store bagi sahabat pengguna Android, dan di App Store bagi sahabat pengguna iPhone. Semoga membantu dan bermanfaat.

Akhirnya Bisa Dark Mode di Whatsapp, Begini Cara Mengaktifkannya!
  1. Tapi sayang untuk versi ini ukuran font nya besar2. Saya kurang nyaman dengan ukuran font yg seperti ini.😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran font nya sama saja Kak Manyuella. Kalau untuk ukuran font, silakan dirubah di Font Size Kak 😊

      Hapus