Asyik! Jenius BTPN Bisa Dipakai Untuk Menyimpan Mata Uang Asing

Senang juga ketika buka e-mail dari jenius yang isinya; sekarang pengguna Jenius bisa menyimpan uang di rekening tersebut dalam bentuk mata uang USD (Dolar Amerika), SGD (Dolar Singapura), dan Yen (Jepang). Selama ini ketika saya belanja atau membeli barang dari luar negeri biasanya saya menggunakan mata uang rupiah yang langsung dikonversi oleh Jenius.
Lah, terus apa bedanya kalau menyimpan dalam bentuk mata uang rupiah atau mata uang asing? Sebenarnya sama-sama bisa digunakan untuk belanja. Bedanya adalah kalau sahabat menyimpan uang dalam bentuk rupiah, kemudian akan membayar tagihan belanja dalam bentuk USD, maka mata uang IDR (Indonesia Rupiah) saya akan langsung dikonversi dengan nilai tukar dolar pada saat itu juga.

Berbeda apabila saya memiliki simpanan uang dalam bentuk USD, maka ketika saya belanja online di luar negeri, kemudian pembayarannya adalah dalam bentuk USD maka pembayarannya akan langsung diambilkan dalam bentuk USD yang sudah saya simpan (tanpa konversi).

Begitu juga ketika sahabat bepergian keluar negeri, kemudian akan mengambil uang di mesin ATM dalam bentuk USD, SGD, datau Yen, tentu saja kalau sahabat memiliki saldo dalam mata uang tersebut maka yang terambil adalah saldo dalam mata uang asing tersebut.

Kalau melihat dari fungsinya, tentu saja ada plus dan minusnya ketika sahabat menyimpan dalam bentuk mata uang asing. Keuntungannya adalah semisal sekarang sahabat membeli mata uang asing Dolar Amerika dengan harga Rp 14.000. Tiga bulan kemudian sahabat belanja online yang pembayarannya menggunakan USD, nilai tukar USD adalah Rp 14.300 maka sahabat akan untung.

Dan sebaliknya apabila saat sahabat membeli Dolar Amerika dengan harga Rp 14.000 sedangkan ketika sahabat belanja menggunakan mata uang tersebut, nilai tukarnya terhadap rupiah adalah Rp 13.500 bisa dikatakan bahwa sahabat rugi.

Jadi seperti yang saya sampaikan tadi bahwa ada keuntungan dan kerugiannya ketikan sahabat menyimpan mata uang dalam bentuk mata uang asing. Seperlunya saja bila sahabat ingin menyimpan dalam bentuk mata uang asing. Saya sendiri berniat ingin menyimpan mata uang asing di Rekening Jenius saya seperlunya saja. Semoga membantu dan bermanfaat.

Asyik! Jenius BTPN Bisa Dipakai Untuk Menyimpan Mata Uang Asing