Cara Mudah Menghentikan Auto Download di Whatsapp

Salah satu hal yang menyebabkan aplikasi Whatsapp menjadi boros kuota internet adalah adanya fitur auto download. Biasanya file yang otomatis di download di aplikasi ini khususnya adalah gambar, video, dan suara. Kalau pesan tersebut memang bermanfaat dan sahabat butuhkan tidak apa-apa, akan tetapi semisal file tersebut tidak kita diinginkan bagaimana?

Bila nomor whatsapp yang sahabat gunakan tergabung di banyak group, otomatis pesan multimedia yang akan masuk ke nomor sahabat juga akan banyak. Kadang ada group, dimana banyak anggota yang iseng mengirim gambar dan video yang tidak penting. Hal ini dimaklumi karena ada orang yang suka iseng kirim-kirim gambar dan video yang mungkin dianggapnya disukai anggota lain.

Sadar atau tidak sadar, pesan-pesan tersebut ketika terdownload di smartphone sahabat, maka kuota internet sahabat juga akan berkurang. Ukuran file gambar tidak sebesar ukuran file video, sehingga yang paling boros dalam hal ini adalah file video. Meski demikian, jika ada ratusan hingga ribuan file gambar yang masuk setiap hari ke nomor whatsapp sahabat, maka tetap saja boros kuota data internet.

Agar gambar dan video yang tidak sahabat inginkan tidak otomatis terdownload oleh smartphone sahabat, maka sahabat bisa menonaktifkan fitur auto download di whatsapp. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi whatsapp di smartphone, selanjutnya masuk setting (pengaturan). Cara masuknya adalah silakan sahabat buka tanda titik (.) yang berjumlah 3 di pojok kanan atas, selanjutnya silakan buka menu setting. Selanjutnya akan muncul gambar halaman settings, kemudian pada halaman tersebut silakan sahabat pilih menu Data and storage usage.
  • Berikut adalah halaman Data and Storage usage di whatsapp. Ada 2 pengaturan yang bisa sahabat lakukan untuk menghentikan download otomatis (seperti pada gambar di bawah ini).
  • Untuk menghentikan download otomatis media gambar ataupun video ketika sahabat menggunakan pulsa data, maka pada halaman Data and storage, silakan sahabat buka Media auto-download - when using mobile data. Selanjutnya silakan hilangkan centang pada Photos, Audio, Videos, dan Documents. Selanjutnya pilih OK.
  • Untuk menghentikan download otomatis ketika smartphone sahabat terhubung dengan wifi, maka silakan sahabat pilih Media auto download – when connected on Wi-Fi. Selanjutnya silakan sahabat centang pada Photos, Audio, Videos, dan Documents. Kemudian pilih OK.
Bila langkah-langkah yang sudah saya sebutkan di atas sudah sahabat jalankan, maka pesan-pesan berupa gambar, video, suara, dan dokumen tidak akan terdownload otomatis. Jadi sahabat bisa memilih media yang ingin sahabat download sesuai keinginan. Tentu saja setelah pengaturan tersebut sahabat lakukan di nomor whatsapp sahabat, penggunaan pulsa internet akan lebih menjadi hemat. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Cara Mudah Menghentikan Auto Download di Whatsapp