Waspadalah, Begini Modus Penipuan Berkedok Membeli Pulsa HP

Sebagai salah satu orang yang hampir menjadi korban penipuan oleh dua orang (penipu) pembeli pulsa HP, maka saya merasa berkewajiban untuk membagikan pengalaman saya ini dengan harapan agar sahabat pembaca tidak tertipu dengan pembeli pulsa atau pembeli produk apapun secara online dengan cara transfer via ATM.  

Cara Mudah Agar Terhindar dari Modus Penipuan Pembelian Online
Pembeli akan menghubungi sahabat untuk mengisi pulsa dengan alasan bahwa mereka sedang butuh pulsa mendesak. Aksinya sengaja dilakukan pada pagi hari, hal ini untuk mengantisipasi bila ada pertanyaan: Kenapa tidak membeli pulsa di konter atau penjual pulsa terdekat? Mereka akan menjawab bahwa konter atau toko belum buka.

Untuk meyakinkan penjual pulsa, setelah mereka menanyakan harga pulsa yang akan dibeli (biasanya dalam jumlah yang besar) maka mereka akan memberikan tanda bukti berupa struk ATM tanda bahwa mereka sudah mengirimkan pembayaran sesuai dengan nominal yang disepakati. Karena inti dari jual beli adalah pembayaran, maka sahabat harus teliti ketika melakukan proses transaksi ini.

Para pelaku penipuan tersebut akan sangat berharap bahwa setelah mereka mengirimkan bukti tersebut, sahabat akan segera mengirimkan pulsa yang dibeli. Bila sahabat tidak teliti dalam melakukan transaksi online tersebut, maka sahabat akan segera mengirim pulsa tanpa rasa curiga. Selanjutnya sahabat baru akan sadar ketika mengecek rekening, tidak ada transaksi pembayaran dari pelaku tersebut. Selanjutnya sahabat baru sadar bahwa sahabat ternyata menjadi korban penipuan.

Cara Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Online (Pembelian Pulsa)
Seperti yang saya bilan tadi bahwa inti dalam sebuah transaksi jual beli adalah pembayarannya. Agar sahabat tidak mudah dibohongi oleh para penipu maka sahabat harus teliti dalam melakukan transaksi pembayaran. Caranya adalah jangan langsung percaya apabila pelaku mengirimkan bukti pembayaran berupa gambar  struk pembayaran via atm, sms banking, mobile banking, dan internet banking sebelum sahabat memastikan bahwa pembayaran tersebut sudah masuk ke rekening sahabat.

Bila sahabat ingin bisa melihat setiap ada transaksi yang masuk ke rekening sahabat dengan cepat, maka saya sarankan untuk memiliki internet banking atau mobile banking. Dengan menggunakan salah satu layanan tersebut maka sahabat bisa cek mutasi rekening sahabat tanpa harus datang ke bank untuk mencetak rekening Koran.

Dalam mutasi rekening akan ditampilkan secara detail aliran dana yang masuk dan keluar pada rekening sahabat. Dengan begitu, maka sahabat akan dengan mudah mengetahui apabila ada seorang penipu yang mengaku sudah mengirim biaya pembayaran. Perlu sahabat ketahui bahwa untuk cek mutasi rekening menggunakan internet banking tidak dikenai biaya alias gratis.

Dari cerita yang sudah saya tulis di atas, saya menyarankan agar semua pelaku usaha bisnis online baik itu penjual pulsa, penjual baju, dan penjual apa saja agar selalu berhati-hati dan waspada ketika melakukan transaksi pembayaran. Agar sahabat lebih mudah mengontrol dana yang masuk dan keluar milik rekening sahabat, saya sarankan sahabat menggunakan layanan internet banking ataupun mobile internet banking dari Bank yang bersangkutan. Semoga membantu dan bermanfaat…
Waspadalah, Begini Modus Penipuan Berkedok Membeli Pulsa HP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar