Cara Mengetahui / Melacak Lokasi Pengguna Whatsapp

Kalau sebelumnya saya pernah membahas tentang cara mengetahui orang yang sering melihat profil whatsapp kita, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp (WA). Ada 2 cara untuk melacak posisi pengguna whatsapp yaitu dengan menggunakan komputer (whatsapp web) dan juga dengan berbantu aplikasi android (smartphone). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kedua cara tersebut.
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Dengan Whatsapp Live Location
Untuk dapat mengetahui posisi seseorang pengguna whatsapp bisa dengan menggunakan hp yang sudah terpasang aplikasi whatsapp. Syarat agar sahabat bisa mengetahui posisi dari seseorang tersebut adalah, seseorang tersebut membagikan lokasi keberadaannya dengan fitur di whatsapp yaitu Live Location. Dengan begitu maka sahabat bisa mengetahui keberadaan teman / seseorang yang mebagikan lokasinya tersebut. Apabila sahabat ingin mengetahui lokasi seseorang tanpa diketahui oleh orang yang sahabat lacak keberadaannya, silakan sahabat baca 2 cara berikutnya yang akan saya bahasa juga.

Cara Mengetahui Posisi Tempat Pengguna Whatsapp Menggunakan HP
  • Silakan sahabat membuka alamat website www.grabify.link kemudian silakan register (daftar) secara gratis.
  • Setelah melakukan registrasi, selanjutnya sahabat akan dikirimi halaman aktivasi melalui e-mail yang sahabat pakai untuk mendaftar. Silakan buka e-mail sahabat, kemudian lakukan aktivasi.
  • Buka browser internet sahabat, kemudian cari gambar menggunakan google, kemudian copy link salah satu gambar.
  • Masuk lagi ke halaman grabify lagi, kemudian paste alamat url gambar yang sudah sahabat copy tadi pada kolom yang berisi tulisan “enter a valid url or tracking kode” kemudian tekan tombol Create URL. Selanjutnya sahabat akan dibawa ke halaman link information yang berisi beberapa short link, kemudian pilih salah satu link yang bisa sahabat bagikan kepada teman sahabat yang ingin diketahui lokasi / posisinya.
  • Tunggu sampai pesan berupa link yang sahabat kirim sudah dibaca dan di buka oleh target (teman) yang ingin sahabat ketahui lokasinya. Pada tahap ini, butuh kesabaran ekstra ya…
  • Cek menu “My Logs”di grabify. Dalam menu tersebut akan ditampilkan ID yang sudah mengakses link yang telah sahabat bagikan.
  • Setelah sahabat membuka ID yang ditampilkan tersebut, selanjutnya sahabat akan disajikan informasi mengenai waktu, tanggal, ip address dan juga Negara pengakses. IP address itulah yang nantinya akan sahabat gunakan untuk melacak posisinya.
  • Langkah selanjutnya adalah silakan sahabat membuka alamat www.ip-adress.com/ip_tracer/ kemudian masukkan alamat ip address yang sudah sahabat dapatkan menggunakan grabify. Selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai lokasi berdasarkan IP address tersebut (salah satunya adalah latitude dan longitude) yang bisa sahabat lacak posisinya menggunakan google map.

Cara Melacak Posisi Pengguna Whatsapp dengan Whatsapp Web (Komputer)
Yang perlu sahabat siapkan adalah sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet dan juga browser internet seperti chrome, firefox, opera browser, dan lain sebagainya untuk membuka whatsapp web. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka whatsapp web, kemudian silakan sahabat chat / berkirim pesan dengan seseorang yang ingin sahabat ketahui posisi (keberadaannya).
  • Pastikan bahwa aplikasi yang sedang berjalan di komputer sahabat hanyalah browser yang sahabat pakai untuk membuka whatsapp. Untuk memastikannya adalah, silakan sahabat membuka Task Manager dengan cara menekan tombol keyboard CTRL+ALT+DEL secara bersamaan kemudian pada applications sisakan browser yang sahabat gunakan. Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan adalah dengan cara klik (kiri) pada aplikasi yang akan dihentikan, kemudian klik (kiri) tombol End Task.
  • Buka command prompt dengan menekan tombol keyboard [LOGO WINDOWS]+R kemudian ketikkan CMD kemudian Enter.
  • Selanjutnya sahaba akan dibawa ke halaman command promt, pada halaman tersebut ketikkan perintah NETSTAT<spasi>-AN
  • Dalam halaman tersebut sahabat akan ditampilkan informasi mengenai alamat IP yang digunakan oleh teman sahabat. Catat alamat tersebut bisa menggunakan notepad dan juga kertas hehehe…
  • Langkah terakhir adalah silakan sahabat tracker (lacak) nomor Foreign address yang sudah sahabat catat. Caranya adalah dengan cara membuka alamat www.ip-adress.com/ip_tracer/  kemudian masukkan nomor IP Address (Foreign Address), selanjutnya tekan tombol Track IP, Host, or Website.
  • Selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai keberadaan teman sahabat tersebut. 
Cara Mengetahui / Melacak Lokasi Pengguna Whatsapp Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments: