5 Cara Mudah Cek Tagihan Speedy

Disadari atau tidak, sejak beberapa dekade belakangan internet telah menjadi bagian hidup manusia. Hampir segala aspek dalam kehidupan kita membutuhkan internet sebagai media informasi, komunikasi, atau sekadar hiburan. Tidak heran jika saat ini hampir di setiap rumah dipasang WiFi.

Alasannya sederhana, agar setiap saat penghuni rumah bisa dengan mudah mengakses dunia maya tanpa hambatan jaringan atau sinyal. Sudah jadi rahasia umum bahwa jaringan WiFi termasuk kuat dan minim risiko terkena gangguan dibanding sinyal dari provider ponsel biasa.

Salah satu penyedia layanan pemasangan sekaligus jaringan WiFi yang tepercaya di negeri kita adalah Speedy. Speedy sendiri merupakan produk jaringan internet dari Telkom. Jaringan ini terintegrasi dengan layanan telepon dan TV kabel yang juga disediakan oleh Telkom.

Untuk berlangganan Speedy, Anda bisa menghubungi kantor Telkom terdekat atau agen-agen yang biasanya memangkal di pinggir-pinggir jalan. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan berlangganan dan melengkapi semua persyaratan yang diminta seperti fotokopi KTP atau KK.

Setelah beberapa hari biasanya akan ada teknisi yang datang ke rumah dan melakukan pemasangan jaringan sekaligus modem. Tidak lebih dari 24 jam setelah pemasangan tersebut, Speedy bisa langsung digunakan dan Anda bebas berselancar di dunia maya. Mudah bukan? 

Berbeda dengan paket data atau pulsa internet dari provider ponsel biasa, biaya langganan Speedy biasanya tergantung paket yang dipilih atau penggunaan internet setiap bulannya. Pembayarannya bisa dilakukan secara online lewat situs multipembayaran, ATM, dan loket PPOB, ataupun offline melalui kantor Telkom dan Pos.

Usahakan untuk melakukan pembayaran Speedy sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Karena jika telat, pihak Telkom biasanya akan langsung mencabut jaringan internet sehingga kita kesulitan beraktivitas dan berkomunikasi.

Bagi yang sudah berlangganan dan ingin mengetahui tagihan terbaru. Ada 5 cara yang bisa Anda pilih. Berikut merupakan beberapa cara mudah cek tagihan Speedy sebagai referensi, di antaranya:
1. Menggunakan Smartphone
cek-tagihan-speedy
Cek tagihan speedy - pixabay.com
Cara cek tagihan Speedy yang pertama adalah menggunakan ponsel pintar. Tetapi sebelumnya, Anda harus memasang aplikasi My Indihome terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan Apple Store. Setelah aplikasi terpasang di smartphone, daftarkan diri Anda.

Begitu proses registrasi selesai, masuklah ke menu utama dan pilih menu “cek tagihan” dan masukkan nomor pelanggan Speedy. Setelah itu biasanya akan muncul rincian tagihan terbaru lengkap dengan keterangan apakah tagihan sudah dibayar atau belum.
2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
cek-tagihan-speedy-menggunakan-aplikasi-pihak-ketiga
Cek tagihan speedy - pixabay.com
Selain menggunakan aplikasi My Indihome, Anda juga bisa memasang aplikasi lain untuk mengetahui tagihan Speedy bulan ini. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang tepercaya adalah Traveloka. 

Serunya selain bisa cek tagihan, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui situs traveling ini. Cara cek tagihan Speedy di Traveloka.com cukup mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi dari smartphone lalu masuk ke akun pribadi. Jika belum memiliki, lakukan proses registrasi terlebih dahulu.

Setelah masuk ke akun, pilih menu “Telkom” yang terletak pada barisan menu di bawah nama akun. Selanjutnya di layar telepon akan muncul kotak menu. Masukkan nomor telepon rumah atau pelanggan Speedy. Jika dirasa sudah benar tekan “Buy Now” atau “Beli Sekarang.”

Biasanya setelah itu layar ponsel akan menampilkan detail tagihan Speedy terbaru. Mudah bukan?
3. Menggunakan PC atau Laptop
cek-tagihan-speedy-menggunakan-laptop
Cek tagihan speedy - pixabay.com
Selain melalui smartphone Anda juga bisa cek tagihan Speedy menggunakan PC atau Laptop. Caranya cukup mudah. Pertama buka browser yang ada di PC atau Laptop lalu masukkan alamat situs resmi Telkom yaitu my.telkom.co.id. Begitu masuk ke situs tersebut Anda akan diminta untuk membuat akun, jika merasa sudah memiliki lewati proses registrasi tersebut.

Bagi yang belum, isilah formulir registrasi di layar dengan data diri yang sebenar-benarnya. Setelah mendaftar Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Telkom. Untuk mengonfirmasi aku, klik-lah link yang tertera di email. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog yang harus diisi dengan password. Sebagai saran, pilihlah kata kunci yang mudah diingat.

Begitu akun aktif, kembali ke halaman utama dan lakukan log in. Setelah masuk ke akun, klik tambah produk pada bagian kanan bawah layar. Biasanya akan muncul pop up yang harus diisi dengan nomor pelanggan Speedy, lalu klik “Submit” dan rincian tagihan terbaru pun akan muncul di layar PC atau Laptop.
4. Melalui Telepon
cara-cek-tagihan-speedy-menggunakan-telepon
Cek tagihan speedy - pixabay.com
Cara cek tagihan Speedy selanjutnya adalah melalui telepon ke nomor (021) 147. Nomor ini merupakan layanan pelanggan dari Telkom, sehingga saat menghubungi nomor tersebut Anda akan berbicara dengan staf customer service dari Telkom. Nomor ini bisa dihubungi melalui telepon rumah atau ponsel.

Selain dapat mengetahui jumlah tagihan internet, telepon, atau TV kabel, nomor saluran layanan pelanggan dapat dijadikan sumber informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan produk maupun layanan Telkom. Bagi yang merasa kinerja Speedy-nya kurang maksimal, Anda juga bisa menghubungi nomor ini untuk mengajukan pengaduan.
5. Melalui SMS
cek-tagihan-speedy-menggunakan-sms
Cek tagihan speedy - pixabay.com
Selain lewat telepon, tagihan Speedy juga bisa kita dapatkan melalui SMS. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengetik format “eBS<spasi>email<spasi>nomor telepon rumah atau pelanggan” lalu kirim ke (021) 70757147. Selang beberapa saat biasanya ada SMS balasan yang berisi rincian tagihan Speedy terbaru.

Itulah 5 cara cek tagihan Speedy yang bisa dipilih sesuai kemampuan dan keinginan. Bagaimana cara di atas, cukup mudah bukan? Apa pun langkah yang dipilih, pastikan Anda memasukkan data yang benar saat mengecek tagihan. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba.
5 Cara Mudah Cek Tagihan Speedy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar