Whatsapp

Penyebab dan Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Melakukan Video Call

Evy Nurvitasari
5 Komentar
Beranda
Whatsapp
Penyebab dan Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Melakukan Video Call
Aplikasi pengirim pesan cepat whatsapp messenger memang sangat berkembang pesat. Hal ini terbukti bahwa diperkirakan hingga saat ini pengguna aktif dari layanan ini sudah mencapai satu setengah milyar di seluruh dunia. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh whatsapp dan juga ringannya aplikasi ini membuat jumlah pengguna aplikasi WA terus bertambah dari hari ke hari. Meski begitu ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna aplikasi pesan cepat ini yaitu aplikasi whatsapp (WA) tidak bisa melakukan video call.
whatsapp-tidak-bisa-melakukan-video-call
Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Melakukan Video Call
Penyebab whatsapp tidak bisa melakukan Video Call
Tentu saja penyebab yang akan saya bahas adalah beberapa masalah yang menyebabkan sahabat tidak dapat melakukan panggilan menggunakan video (video call) menggunakan whatsapp. Beberapa penyebab akan saya sebutkan seperti yang saya tuliskan di bawah ini:
  1. Smartphone / HP yang sahabat gunakan tidak mendukung layanan Video Call. Harus sahabat ketahui bahwa tidak semua hp yang terpasang aplikasi whatsapp bisa melakukan video call. Sebagai contoh HP Nokia yang menggunakan Java  tidak didukung layanan video call oleh whatsapp. Meski demikian, HP tersebut bisa digunakan untuk mengirim pesan dan gambar kesesama penguna aplikasi whatsapp.
  2. Sistim Operasi smartphone yang sahabat gunakan tidak mendukung layanan video call whatsapp. Sebagai contoh pada HP dengan sistim operasi Android, layanan video call WA hanya support pada jenis android versi 4.1 (Android Ice Cream Sandwich) ke atas. Sehingga bila android yang sahabat gunakan versinya di bawah itu, otomatis hp tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan layanan video call whatsapp.
  3. Smartphone dan sistim operasi yang digunakan oleh pengguna yang sahabat ajak melakukan video call dengan menggunakan whatsapp tentu saja smartphone dan sistim operasinya juga harus mendukung layanan video call whatsapp (seperti pada poin 1 dan 2 yang saya sebutkan di atas)
  4. Aplikasi whatsapp yang sahabat gunakan belum update (diperbarui). Kadang hal ini bisa terjadi karena setiap aplikasi memerlukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan kesempurnaan dari aplikasi tersebut demikian juga dengan aplikasi WA.
  5. Koneksi internet yang sahabat gunakan sangat lambat sehingga membuat video call menggunakan aplikasi whatsapp menjadi tidak memungkinkan.

Cara Mengatasi whatsapp tidak bisa melakukan Video Call
Setelah mengetahui penyebab yang sudah saya sebutkan di atas, tentu saja untuk mengatasi agar sahabat bisa melakukan panggilan video call dengan menggunakan aplikasi whatsapp sahabat harus memastikan hal-hal berikut ini:
  1. Pastikan smartphone yang sahabat gunakan dan juga smartphone yang menjadi lawan bicara sahabat mendukung layanan video call yang disediakan oleh WA.
  2. Pastikan juga sistim operasi smartphone yang sahabat gunakan dan sistim operasi smartphone yang digunakan oleh lawan bicara sahabat minimal adalah versi 4.1 (Android Ice Cream Sandwich).
  3. Selalu update (perbarui) aplikasi whatsapp sahabat menggunakan playstore.
  4. Pastikan bahwa koneksi internet sahabat cukup cepat untuk mendukung melakukan panggilan video call.

Bila dengan cara-cara yang sudah saya sebutkan di atas masih belum bisa membuat sahabat bisa melakukan video call dengan menggunakan aplikasi whatsapp / WA, silakan sahabat tinggalkan komentar yang sudah disediakan di bawah ini. Semoga membantu dan bermanfaat…

Penulis blog

5 komentar

  1. Siti sholihat
    Siti sholihat
    17 Juli, 2020
    Saya ga bisa video call, tapi kalo telepon di whatsapp bisa, di pengaturan juga sudah saya izinkan, ini gimana ya? Mohon bantuannya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Juli, 2020
      Tidak bisanya ada tulisan apa ketika melakukan panggilan Kak? Semisal dihubungi apa tidak bisa juga? Bisa disebutkan merk HP yang digunakan Kak?
    2. Andisuwandi186@blogspot
      Andisuwandi186@blogspot
      10 Agustus, 2020
      Android 4.0.4 emng ga bisa membuat status dan melakukan vc ?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Agustus, 2020
      Pada waktu saya menulis artikel ini Android ICS masih bisa dipakai untuk melakukan panggilan Voice Kak. Nanti saya akan update lagi mengenai sistem minimum yang digunakan untuk WA kak.
  2. Siti sholihat
    Siti sholihat
    17 Juli, 2020
    Saya ga bisa video call, tapi kalo telepon di whatsapp bisa, di pengaturan juga sudah saya izinkan, ini gimana ya? Mohon bantuannya