Cara Mengirim File & Folder Lewat E-mail

Kalau sebelumnya sudah saya bahas mengenai cara mengirim email lewat laptop / komputer, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengirim file dan folder lewat e-mail menggunakan gmail. Hal ini sangat membantu untuk sahabat yang ingin mengirimkan dokumen tanpa merubah format dalam isi dokumen tersebut.

Sebagai contoh sahabat ingin mengirimkan tugas kuliah yang sudah sahabat ketik dalam bentuk Microsoft word, Microsoft excel, ataupun Microsoft Power point, maka sahabat bisa mengirimnya langsung menggunakan e-mail. Bukan hanya file-file yang tersebut di atas saja yang bisa sahabat kirimkan, tetapi semua jenis file bisa sahabat kirimkan menggunakan e-mail.

Pada tutorial ini, saya menggunakan Gmail. Bila sahabat menggunakan yahoo mail atau lainnya, prinsip cara mengirimnya adalah sama yaitu dengan mengirim Lampiran (attachment). Langsung saja, berikut adalah cara untuk mengirimkan file dan folder lewat email Gmail.

Cara kirim file menggunakan e-mail
Masuk ke akun e-mail sahabat (dalam hal ini saya menggunakan gmail), selanjutnya pilih tulis. 

pada kolom Kepada (nomor 1) isi dengan alamat e-mail yang akan sahabat kirimi dokumen file. Kolom Subjek (nomor 2), isi dengan judul (pokok bahasan) dari surat yang akan dikirimkan. Pada kolom isi (nomor 3), isi dengan isi surat yang akan sahabat kirimkan. Pada lampiran (nomor 4) setelah sahabat klik (kiri), selanjutnya pilih file yang akan dikirimkan. Langkah terakhir adalah pilih Kirim (nomor 5) dan tunggu prosesnya sampai selesai. Lihat gambar di bawah ini.
cara-mengirim-folder-lewat-email

Cara kirim folder menggunakan e-mail
Untumk mengirim folder dengan menggunakan e-mail secara langsung tidak bisa dilakukan. Untuk mensiasati agar folder bisa dikirimkan adalah dengan cara mengkompres folder tersebut menjadi file zip ataupun rar. Untuk mengkompres dan mengarsipkan, sahabat bisa gunakan software winzip, winrar, 7zip, dan juga bisa menggunakan software lainnya. Setelah terkompres dan menjadi file arsip, sahabat bisa kirimkan file tersebut melalui e-mail.

Cukup mudah kan untuk mengirimkan file dan folder menggunakan e-mail? Bila ada hal yang kurang jelas atau ada hal-hal yang ingin ditanyakan, sahabat bisa kirimkan pertanyaan di kolom komentar yang disediakan. Semoga membantu dan bermanfaat…

Cara Mengirim File & Folder Lewat E-mail