Pengalaman Mengetahui Kerusakan Aneh Pada Adaptor Netbook Asus

Sesuai judul di atas, pengalaman yang akan saya ceritakan ini cukup aneh da kalau saya mengingatnya kadang saya jadi senyum-senyum sendiri hehehe… kerusakan aneh yang saya maksud adalah sebagai berikut:
mengatasi-kerusakan-aneh-pada-adaptor-netbook-asus
  • Adaptor Asus saya kan ada lampu LED indicator berwarna biru, indicator tersebut masih menyala dengan bagus. --- dugaan saya adaptor masih oke.
  • Bila baterai terpasang pada Netbook dan bila netbook tidak saya aliri dengan tegangan melalui adaptor, maka ketika netbook saya hidupkan, netbook tersebut tidak hidup (selama batry masih ada daya listriknya). ---- analisis saya naterai masih oke.
  • Bila baterai terpasang pada Netbook dan bila netbook saya aliri dengan tegangan melalui adaptor, maka ketika netbook saya hidupkan netbook tersebut dapat menyala. Tetapi baterai tidak terisi daya listrik. – analisis saya adaptor masih oke.
  • Bila baterai saya lepas, kemudian adaptor saya hubungkan dengan netbook maka ketika netbook saya hidupkan, netbook tersebut bisa menyala. – analisis saya adaptor masih oke.

Dengan memperhatikan gejala-gejala di atas, saya berpikiran bahwa kemungkinan pertama bagian yang rusak dari netbook saya tersebut adalah baterai netbook saya tidak dapat di isi dengan daya listrik. Kemungkinan kedua yang rusak adalah board yang menghubungkan adaptor dengan pengisian baterai, dimana board tidak berfungsi untuk memfasilitasi pengisian daya listrik ke baterai dari pengisian melalui adaptor. Saya sempat konsultasi kepada jasa servis laptop di jalan janti di Yogyakarta, dan jawaban dari mereka adalah sama dengan analisis saya.

Beberapa minggu saya tetap memilih menghidupkan netbook saya langsung menggunakan adaptor karena tidak ada jatah khusus untuk membeli board ataupun baterai untuk menjadikan netbook saya normal kembali. Hingga pada suatu hari ada tetangga saya yang minta bantuan saya mengenai lisensi aplikasi Microsoft office pada netbooknya. Kebetulan netbook yang digunakan sama dengan netbook yang saya gunakan. Setelah saya selesai membantu tetangga saya mengenai lisensi Microsoft office 2007, saya iseng mencoba adaptor dari netbooknya saya hubungkan ke netbook saya dan hasilnya diluar dugaan dan analisis saya ternyata daya dari adaptor bisa masuk ke baterai saya. Kemudian adaptor milik saya dihubungkan ke netbook tetangga saya da hasilnya baterai tidak terisi daya. Karena penasarannya, saya coba dua kali dan hasilnya tetap sama. Dengan kejadian tersebut satu hal yang pasti bahwa yang rusak pada netbook saya adalah adaptor (charger nya). Karena adaptor harganya tidak terlalu mahal dibandingkan baterai atau board yang menghubungkan adaptor dengan baterai, maka saya membeli adaptor yang sesuai dengan netbook saya. Udah sekitar 4 bulan masih aman-aman saja…

Dari pengalaman yang saya alami tersebut, dapat diambil hikmahnya bahwa untuk menganalisis kerusakan khususnya charger komputer lebih baik mencoba dengan cara menggunakan komponen lain pada perangkat yang sama merk nya. Semoga bermanfaat…

Pengalaman Mengetahui Kerusakan Aneh Pada Adaptor Netbook Asus