Android

Aplikasi Yang Wajib dan Disarankan Terpasang Pada Smartphone Android

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Android
Aplikasi Yang Wajib dan Disarankan Terpasang Pada Smartphone Android
Bagi para sahabat pengguna smartphone android khususnya yang masih baru (pemula) berikut adalah pendapat atau masukan dari saya tentang aplikasi yang wajib dan saya sarankan terpasang pada gadget android sahabat.
Aplikasi yang wajib terpasang pada smartphone android sahabat:
Aplikasi Browser Internet – untuk mencari informasi atau berita yang sedang sahabat butuhkan, browsing internet atau berselancar di internet melalui smartphone sahabat adalah solusi untuk hal tersebut, sehingga browser wajib ada pada smartphone sahabat. Saya menggunakan dua browser karena tiap browser tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Browser yang pertama adalah Operamini Browser yang bisa menghemat pemakaian kuota internet saya hingga 89%. Browser yang kedua adalah Dolphin browser yang support dengan flash player yang jarang bisa kita temukan di browser lainnya. 

Aplikasi Instant Messenger – dalam era teknologi informasi sekarang ini, komunikasi dengan cepat dan murah adalah hal yang dibutuhkan para pengguna smartphone. Saat ini layanan pesan singkat atau SMS (Sort Message Service) dan layanan pesan gambar atau MMS (Multimedia Message Service) penggunaannya mulai berkurang bila dibandingkan dengan 5 tahun ke bawah. Hal ini dikarenakan adanya layanan pesan cepat untuk mengirim pesan text, gambar, video, suara, dan lainnya yang ragamnya sangat banyak sekali, sehingga Aplikasi Instant Messenger juga wajib terpasang pada smartphone sahabat. Saya menyarankan Whatsapp terpasang di smartphone sahabat karena memiliki banyak keunggulan dibanding instant message lainnya.

Aplikasi Radio, Music dan Video Player – selain informasi dan berita yang bisa sahabat dapatkan melalui browser internet, tentu saja sahabat juga membutuhkan hiburan untuk mengisi waktu luang atau menemani sahabat ketika beraktifitas. Melihat video, mendengarkan musik MP3 atau juga mendengarkan radio adalah salah satu cara untuk menghibur sahabat, sehingga aplikasi ini juga wajib terpasang pada gadget sahabat. Bila sahabat ingin aplikasi radio online, sahabat bisa menggunakan aplikasi radio Online TuneIn. Agar dapat mendengarkan musik sambil membaca lirik yang akan muncul otomatis, sahabat bisa menggunakan Maven Player

Aplikasi yang disarankan terpasang pada smartphone android
Social Media – bila sahabat adalah pengguna media social seperti facebook, twitter, instagram atau media sosial lainnya maka disarankan untuk memasang aplikasi ini. Saya menyarankan aplikasi resmi dari startup tersebut yang terpasang pada smartphone sahabat.

Aplikasi Office – aplikasi ini sangat disarankan bagi para pengguna smartphone android yang membutuhkan aplikasi untuk membuka file seperti dokumen olah kata (Microsoft word), presentasi (Microsoft power point), olah data (Microsoft excel), serta file pdf. Saya sarankan sahabat menggunakan aplikasi Quick Office yang sudah cukup untuk menangani pekerjaan sahabat, karena saya sudah lama memakainya dan sampai saat ini belum ada masalah.

Anti Virus – bagi sahabat yang membutuhkan keamanan data yang cukup tinggi karena data yang sahabat simpan bersifat sangat penting dan rahasia, maka aplikasi antivirus sangat disarankan terpasang pada gadget sahabat. Dalam hal ini, pilihlah antivirus yang memiliki reputasi terpercaya dan ternama. Saran saya adalah Avast Antivirus yang sudah memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.

Game – banyak dari para pengguna smartphone android bahwa game adalah salah satu alasan mengapa pengguna tersebut membeli gadget android. Selain android mendukung banyak game yang bisa dioperasikan pada sistem operasi tersebut, di toko market android juga banyak menyediakan game dengan lisensi gratis alias tanpa berbayar. Dengan demikian, game cukup disarankan terpasang pada smartphone sahabat. Saya bukan penggemar game, tetapi sekali-kali kalau lagi pengen hiburan saya main game Candy Crush hehehe…
Saran saya, pasanglah aplikasi pada smartphone sahabat sesuai dengan kebutuhan sahabat. Semakin sedikit aplikasi yang terpasang di smartphone sahabat, semakin ringan pula beban kerja yang dipikul oleh smartphone sahabat. Semoga bermanfaat dan membantu…

Penulis blog

Tidak ada komentar