Tutorial Lengkap Membuat Pagar Rumah Menggunakan Bahan Seng dan Kayu [ Bagian 3]

Sebelumnya sudah dibahas tentang perencanaan desain membuat pagar dengan seng [Tutorial Bagian 1] dan perencanaan bahan dan biaya pembuatan pagar berbahan seng dan kayu [Tutorial Bagian 2]. Pada tahap selanjutnya adalah tahap pembuatan pagar seng pada bagaian depan rumah dan belakang rumah. Berikut adalah tutorial proses pembuatannya.
tutorial cara membuat pagar dengan seng
Tahap pembuatan pagar seng bagian belakang rumah
Potonglah menjadi 2 kayu balok ukuran 10 cm x 10 cm yang semula panjangnya 4 meter menjadi 2 x 2 meter. Kemudian tandai kayu dengan bolpoin atau spidol dengan rincian seperti gambar berikut.
rancangan-pembuatan-pagar-seng
Keterangan gambar:
  1. Titik A-B dengan panjang 50 cm adalah bagian kayu yang akan ditimbun dengan adonan semen dan pasir/
  2. Titik C-D dengan panjang 110 cm adalah tempat dipasangnya seng yang memiliki panjang kurang lebih 180 cm.
  3. Titik C dan D adalah titik yang dipahat untuk memasukkan kayu horizontal dengan lebar 5 cm.
  4. Seng dengan panjang 180 cm akan dipasang dari titik B sampai melewati titik E
Buat galian (lubangi tanah) dengan menggunakan linggis sedalam 50 cm. Sediakan juga adonan semen yang dicampur dengan pasir yang akan kita pakai untuk menimbun kayu supaya lebih kuat. Masukkan kayu kedalam lubang tanah (galian tanah) sedalam 50 cm. Sebelum kayu di timbun dengan adukan pasir dan semen, supaya tinggi setiap tiang kayu sama, maka hubungkanlah antar ujung tiang kayu (titik E)  dan titik yang akan ditempeli kayu horizontal (titik C dan D) dengan ujung kayu (titik E) dan titik yang akan ditempeli kayu horizontal (titik C dan D) lainnya dengan menggunakan tali (ditunjukkan dengan garis warna hijau). Gambar ilustrasinya seperti gambar di bawah ini.
Setelah satu hari penimbunan batang kayu sedalam 50 cm, selanjutnya adalah memasang kayu ukuran 5cm x 5cm secara vertikal pada titik yang sudah dipahat yaitu pada titik C (bawah) dan D (atas). Cara memasangnya adalah kayu ukuran 5cm x 5cm dimasukkan ke setiap titik yang sama pada kayu berdiri kemudian dipaku dengan paku ukuran 7 cm.

Setelah pemasangan kayu horizontal selesai, pasang seng dengan posisi berdiri dan tempelkan pada kayu dengan menggunakan paku seng. Untuk jarak antar paku kurang lebih adalah 20cm, dan jangan lupa bahwa paku ditancapkan pada kayu horizontal (bukan kayu vertical).Selesai pemasangan pagar bagian belakang dan samping belakang rumah hehehe… lanjut ke pembuatan bagian depan dan samping depan rumah.
Tahap pembuatan pagar seng bagian depan rumah
Potong  menjadi 2 balok ukuran 10 cm x 10 cm yang semula panjangnya 4 meter menjadi 2 x 2 meter. Kemudian tandai kayu dengan bolpoin atau spidol dengan rincian seperti gambar berikut.
Keterangan gambar:
  1. Titik A-B adalah bagian kayu yang di timbun dengan adonan pasir dan semen
  2. Titik C dan D adalah titik yang dipahat untuk menempelkan kayu vertikal dengan lebar 5 cm.
  3. Titik B-E adalah tempat memasang seng yang panjangnya 90 cm.
  4. Titik F, G dan H adalah titik yang akan dipasang kawat duri.
Langkah selanjutnya sama seperti pada pembuatan seng bagian belakang rumah yaitu timbun titik A-B dengan adonan pasir yang dicampur dengan semen, tetapi sebelumnya pastikan bahwa antar titik pada setiap tiang sudah sejajar. Untuk mempermudah supaya bisa sejajar, manfaatkan tali (garis warna hijau pada gambar) untuk membuat sejajar antar titik. Gambar ilustrasinya adalah sebagai berikut.
rancangan-pembuatan-pagar-seng
Setelah selesai penimbunan dengan adonan semen dan pasir dan diamkan satu malam supaya adonan berfungsi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memasang kayu dengan ukuran 5 cm x 5 cm dengan posisi horizontal dengan cara memasukkan (menempelkan) pada setiap titik yang sudah dipahat yaitu titik C (bagian bawah) dan titik D (bagian atas). Supaya kuat, pakulah kayu horizontal dengan kayu berdiri (vertical) pada titik yang sudah dipahat dengan paku 7 cm.

Pasang seng yang sudah dibelah menjadi dua dengan posisi berdiri. Seng ditempelkan pada kayu dari titik B-E kemudian pakulah dengan menggunakan paku seng pada kayu horizontal dengan jarak antar paku kurang lebih 20 cm. Kawat duri dipasang pada 3 titik yaitu titik H (paling atas) serta titik F dan G. Pemasangan kawat duri dilakukan dengan cara menghubungkan antar titik yang sama pada setiap batang. Akhirnya pemasangan pagar bagian depan selesai…
pagar-seng-cantik-bagian-depan-rumah
Tahap pembuatan pintu masuk 
Karena jalan masuk yang dibuat lebarnya 3 meter, maka dibuat 2 pintu (kanan dan kiri) dengan ukuran masing-masing setiap pintu adalah 1,5 meter. Untuk desain silahkan berkreasi sesuai selera sahabat pembaca, berikut adalah contoh desain pintu yang saya buat:
contoh-desain-sederhana-pintu-pagar
Udah nulis banyak banget… oh iya, untuk kayu pagar depan agar terlihat lebih menarik diberi cat sesuai selera. Semoga yang saya tulis ini bermanfaat dan membantu bagi para sahabat infodantips yang baru akan membuat pagar atau baru memiliki rencana membuat pagar dengan bahan dasar seng dan kayu. Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Indahnya saling berbagi, terimakasih….

Tutorial Lengkap Membuat Pagar Rumah Menggunakan Bahan Seng dan Kayu [ Bagian 3]
  1. Maaf pak mw sedikit bertanya
    Klo niat saya buat pagar model pager seng proyek tinggi ke atas untuk pagar depan rumah masih etis gk ya pak?
    Soal.a tetangga kiri dan kanan sudah menggunakan pagar bata semen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungannya di blog saya pak @laventier. Perkenalkan saya Evy hehe... kalau masalah etis atau tidak etis kembali lagi pada pribadi masing-masing pak. Kalau menurut saya, pembuatan pagar itu berdasarkan kebutuhan dan yang tidak kalah pentingnya adalah dana yang kita miliki pak. Jadi selama niat kita membangun pagar dengan maksud tidak mengganggu orang lain ataupun mengganggu kenyamanan orang lain, saya rasa tidak masalah pak hehe... semoga membantu...

      Hapus