Browser Ini Terbukti Menghemat Kuota Data Internet Saya Sampai 89%

Banyaknya browser yang ditawarkan para developer aplikasi android membuat para pengguna smartphone harus berpikir untuk memilih browser yang cocok dengan keinginannya. Sebagai pengguna tentunya kita ingin bahwa browser yang kita pakai memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan browser lainnya. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah browser tersebut dapat menghemat kuota internet yang sahabat miliki. Salah satu aplikasi browser android yang saya pakai untuk menghemat kuota internet saya tersebut adalah Opera mini atau sering disebut dengan OpMin oleh para penggunanya termasuk saya hehehe.

Sebelum android menjadi booming, opera mini adalah salah satu aplikasi browser yang hampir pasti terpasang pada setiap hand phone yang menggunakan sistim operasi Symbian atau juga ponsel java. Seiring berkembangnya teknologi dibidang teknologi dan informasi, opera mini terus mengembangkan browsernya untuk menghasilkan browser yang efisien dalam penggunaan data internet sampai saat ini. Berikut adalah cara menggunakan opera mini agar kuota data internet kita jauh lebih hemat.
  1. Downnload (unduh) aplikasi opera mini melalui android market yang menyediakan aplikasi browser opera mini. Saya sarankan sahabat mengunduh aplikasi operamini melalui playstore.
  2. Setelah terpasang, silahkan sahabat buka aplikasi browser opera mini melalui smartphone android sahabat. Kemudian akan masuk pada halaman utama opera mini, kemudian sentuh pada logo opera mini (huruf O) pada layar pojok kanan bawah seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah logo opera mini disentuh akan tampil menu seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih (sentuh) setting.
  4. Pada menu setting seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, kemudian pilih Data Savings.
  5. Pada halaman Data Savings, ada dua pilihan mode yag ditawarkan oleh opera mini, yaitu data savings extreme dan data saving high seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Sahabat bisa memilih sesuai keinginan, kalau ingin super irit kuota data, silahkan pilih mode savings extreme.

Perbedaan data savings extreme dan data saving high pada browser opera mini untuk android adalah bila pada extreme mode sangat cocok untuk sahabat yang jaringannya kurang bagus dan kecepatannya juga tidak kencang seperti hanya mendapatkan sinyal 2G, meskipun demikian sahabat juga bisa menggunakan mode extreme mode pada jaringan yang kencang seperti 3G ataupun 4G. dengan menggunakan mode saving extreme, penggunaan kuota data internet untuk browsing bisa hemat hingga 90%. Bila sahabat menggunakan browser lain menghabiskan 1000 MB, maka dengan browser opera mini mode savings mode, sahabat bisa menghemat 900 MB atau hanya menggunakan 100 MB. Silahkan dicoba… semoga bermanfaat dan membantu…


Browser Ini Terbukti Menghemat Kuota Data Internet Saya Sampai 89%