Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Android

Whatsapp adalah aplikasi pesan instant yang memiliki fungsi sama dengan sms (short message service). Bedanya adalah ketika pengguna mengirimkan pesan menggunakan SMS, maka yang akan berkurang adalah pulsa, sedangkan kalau sahabat mengirimkan pesan melalui aplikasi whatsapp maka yang dibutuhkan adalah data internet. Kalau pengguna mendapatkan pesan SMS tidak dikenakan biaya, sedangkan ketika pengguna whatsapp mendapatkan pesan maka akan dikenakan biaya data internet juga. Meski demikian, biaya menggunakan whatsapp jauh lebih murah dibandingkan menggunakan SMS. oh iya, alasan saya kenapa saya sangat menyukai aplikasi whatsapp bisa baca disini.

 Langsung saja seperti judul yang telah dibuat, berikut adalah cara-cara menggunakan aplikasi whatsapp messenger di smartphone android.
1) Cara melihat kontak yang menjadi teman kita. Whatsapp akan mendeteksi pengguna aplikasi whatsapp dari phone book (kotak kontak) yang berada di smartphone sahabat. Cara mengetahuinya adalah dengan cara sentuh gambar kanan atas seperti pada gambar di bawah ini.
2) Cara mencari nama kontak. Karena ada banyak nama kontak yang berada di gadget kita, maka untuk mempermudah pengguna mencari nama kontak whatsapp memberikan fasilitas pencarian seperti gambar yang terdapat pada gambar diatas.
3) Cara mengirim pesan kepada teman Whatsapp. Untuk mengirimkan pesan, sahabat cukup sentuh nama kontak yang ingin dikirimi pesan kemudian ketik pesan yang akan dikirimkan kemudian tekan tanda disebelah kanan kolom tempat menulis. Untuk memunculkan tanda kirim, sahabat harus mengetikkan pesan dulu. Jadi sahabat tidak bisa kirim pesan kosong. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar di bawah ini.
4) Cara mengirimkan pesan multimedia seperti Gambar, rekaman suara, video, lokasi kita berada (titik GPS), dan contact yang berada di smartphone. Untuk melakukan hal tersebut hal yang dilakukan adalah dengan menyentuh kontak yang akan dkirimi pesan, kemudian sentuh gambar disebelah kanan atas seperti gambar di atas, kemudian pilih hal yang akan sahabat lakukan.
5) Cara membuat grup di whatsapp. Arti dari grup whatsapp adalah sarana untuk berkumpulnya suatu kelompok yang memiliki anggota tertentu. Keuntungan dari menggunakan grup adalah ketika sahabat mengirimkan pesan ke grup, maka semua anggota grup akan menerima pesan yang sahabat kirimkan. Untuk membuat grup adalah dengan cara tekan option pada tombol smartphone sahabat kemudian pilih new group kemudian ikuti langkah-langkahnya.
6) Untuk mengetahui apakah pesan kita sudah terkirim, belum terkirim, sudah dibaca atau belum dibaca, sahabat bisa melihatnya dengan cara melihat tanda-tanda seperti dibawah ini.
cara-mengetahui-pesan-whatsapp
Yang saya tulis diatas adalah cara menggunakan whatsapp bagi pemula. Semisal sahabat pembaca memiliki pertanyaan tentang aplikasi whatsapp atau mengalami kesulitan dalam memnggunakan aplikasi whatsapp, sahabat bisa tulis komentar di bawah ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Android